Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 298

٥ – بَابُ مَنۡ سَمَّى النِّفَاسَ حَيۡضًا
5. Bab barang siapa yang menamakan nifas dengan haid

٢٩٨ – حَدَّثَنَا الۡمَكِّيُّ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ: أَنَّ زَيۡنَبَ ابۡنَةَ أُمِّ سَلَمَةَ حَدَّثَتۡهُ: أَنَّ أُمَّ سَلَمَةَ حَدَّثَتۡهَا قَالَتۡ: بَيۡنَا أَنَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ مُضۡطَجِعَةٌ فِي خَمِيصَةٍ، إِذۡ حِضۡتُ، فَانۡسَلَلۡتُ، فَأَخَذۡتُ ثِيَابَ حِيضَتِي، قَالَ: (أَنُفِسۡتِ؟) قُلۡتُ: نَعَمۡ، فَدَعَانِي، فَاضۡطَجَعۡتُ مَعَهُ فِي الۡخَمِيلَةِ. [الحديث ٢٩٨ – أطرافه في: ٣٢٢، ٣٢٣، ١٩٢٩].
298. Al-Makki bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Hisyam menceritakan kepada kami, dari Yahya bin Abu Katsir, dari Abu Salamah: Bahwa Zainab bintu Ummu Salamah menceritakan kepadanya: Bahwa Ummu Salamah menceritakan kepadanya, beliau mengatakan: Tatkala aku berbaring bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam sebuah khamishah (kain segi empat bercorak), tiba-tiba aku haid. Aku mengendap-endap lalu mengambil pakaian haidku. Beliau bertanya, “Apakah engkau nifas?” Aku menjawab: Ya. Beliau memanggilku, lalu aku berbaring bersama beliau di dalam khamilah (sejenis kain beledu).