Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1093

٣٩ – (١٠٩٣) – حَدَّثَنَا زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ التَّيۡمِيِّ، عَنۡ أَبِي عُثۡمَانَ، عَنِ ابۡنِ مَسۡعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَمۡنَعَنَّ أَحَدًا مِنۡكُمۡ أَذَانُ بِلَالٍ – أَوۡ قَالَ: نِدَاءُ بِلَالٍ – مِنۡ سُحُورِهِ فَإِنَّهُ يُؤَذِّنُ – أَوۡ قَالَ: يُنَادِي – بِلَيۡلٍ. لِيَرۡجِعَ قَائِمَكُمۡ وَيُوقِظَ نَائِمَكُمۡ). وَقَالَ: (لَيۡسَ أَنۡ يَقُولَ هٰكَذَا وَهٰكَذَا – وَصَوَّبَ يَدَهُ وَرَفَعَهَا – حَتَّىٰ يَقُولَ هٰكَذَا) – وَفَرَّجَ بَيۡنَ إِصۡبَعَيۡهِ -.
[البخاري: كتاب الأذان، باب الأذان قبل الفجر، رقم: ٦٢١].
39. (1093). Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami: Isma’il bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dari Sulaiman At-Taimi, dari Abu ‘Utsman, dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah azan Bilal menghalangi salah seorang kalian dari sahurnya, karena dia azan masih di waktu malam. Azan Bilal bertujuan agar orang-orang yang salat malam kembali istirahat sejenak dan agar orang-orang yang masih tidur segera bangun.” Beliau juga bersabda, “Fajar bukanlah seperti yang orang katakan begini dan begini –beliau meletakkan tangannya di bawah lalu menaikkannya-, namun fajar adalah yang begini –beliau merenggangkan jari-jemari beliau-.
(...) – وَحَدَّثَنَا ابۡنُ نُمَيۡرٍ: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ – يَعۡنِي الۡأَحۡمَرَ – عَنۡ سُلَيۡمَانَ التَّيۡمِيِّ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، غَيۡرَ أَنَّهُ قَالَ: (إِنَّ الۡفَجۡرَ لَيۡسَ الَّذِي يَقُولُ هٰكَذَا – وَجَمَعَ أَصَابِعَهُ ثُمَّ نَكَسَهَا إِلَى الۡأَرۡضِ – وَلَكِنِ الَّذِي يَقُولُ هٰكَذَا – وَوَضَعَ الۡمُسَبِّحَةَ عَلَى الۡمُسَبِّحَةِ وَمَدَّ يَدَيۡهِ -.
Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami: Abu Khalid Al-Ahmar menceritakan kepada kami, dari Sulaiman At-Taimi, dengan sanad ini. Hanya saja beliau bersabda, “Sesungguhnya fajar bukanlah yang dikatakan begini –beliau mengumpulkan jari-jemarinya kemudian mengarahkannya ke tanah- akan tetapi fajar adalah seperti ini –beliau meletakkan jari telunjuk di atas jari telunjuk yang lain lalu membentangkan kedua tangannya-.
٤٠ – (...) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا مُعۡتَمِرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ. (ح) وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا جَرِيرٌ وَالۡمُعۡتَمِرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ. كِلَاهُمَا عَنۡ سُلَيۡمَانَ التَّيۡمِيِّ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَانۡتَهَىٰ حَدِيثُ الۡمُعۡتَمِرِ عِنۡدَ قَوۡلِهِ: (يُنَبِّهُ نَائِمَكُمۡ وَيَرۡجِعُ قَائِمَكُمۡ).
وَقَالَ إِسۡحَاقُ: قَالَ جَرِيرٌ فِي حَدِيثِهِ: (وَلَيۡسَ أَنۡ يَقُولَ هٰكَذَا، وَلَكِنۡ يَقُولُ هٰكَذَا) – يَعۡنِي الۡفَجۡرَ – هُوَ الۡمُعۡتَرِضُ وَلَيۡسَ بِالۡمُسۡتَطِيلِ.
40. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan keapda kami: Mu’tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: Jarir dan Mu’tamir bin Sulaiman mengabarkan kepada kami. Masing-masing keduanya dari Sulaiman At-Taimi, dengan sanad ini. Hadis Mu’tamir berhenti di sabda beliau, “Memperingatkan orang yang masih tidur dan agar orang yang sedang salat malam kembali istirahat sejenak.”
Ishaq mengatakan: Jarir mengatakan di dalam hadisnya, “Dan tidaklah dikatakan begini, namun harusnya begini” –yakni tentang fajar- yaitu melintang (horizontal) dan tidak menjulang ke atas.