Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7275

٧٢٧٥ – حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ عَبَّاسٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ وَاصِلٍ، عَنۡ أَبِي وَائِلٍ قَالَ: جَلَسۡتُ إِلَى شَيۡبَةَ فِي هٰذَا الۡمَسۡجِدِ، قَالَ: جَلَسَ إِلَيَّ عُمَرُ فِي مَجۡلِسِكَ هٰذَا، فَقَالَ هَمَمۡتُ أَنۡ لَا أَدَعَ فِيهَا صَفۡرَاءَ وَلَا بَيۡضَاءَ إِلَّا قَسَمۡتُهَا بَيۡنَ الۡمُسۡلِمِينَ، قُلۡتُ: مَا أَنۡتَ بِفَاعِلٍ، قَالَ: لِمَ؟ قُلۡتُ: لَمۡ يَفۡعَلۡهُ صَاحِبَاكَ، قَالَ: هُمَا الۡمَرۡآنِ يُقۡتَدَى بِهِمَا. [طرفه في: ١٥٩٤].
7275. ‘Amr bin ‘Abbas telah menceritakan kepada kami: ‘Abdurrahman menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Washil, dari Abu Wa`il, beliau berkata: Aku pernah duduk menemui Syaibah di masjid ini. Beliau berkata: ‘Umar pernah duduk menemuiku di tempat dudukmu ini. ‘Umar mengatakan: Aku sangat ingin untuk tidak meninggalkan emas, tidak pula perak di dalam Kakbah ini kecuali aku bagi-bagikan kepada kaum muslimin. Aku berkata: Engkau tidak akan melakukannya. ‘Umar bertanya: Mengapa? Aku katakan: Kedua sahabatmu tidak melakukannya. ‘Umar berkata: Keduanya adalah dua orang yang aku teladani.