Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1343

٤٢٦ - (١٣٤٣) - حَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ ابۡنُ عُلَيَّةَ، عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحۡوَلِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ سَرۡجِسَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، إِذَا سَافَرَ، يَتَعَوَّذُ مِنۡ وَعۡثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الۡمُنۡقَلَبِ، وَالۡحَوۡرِ بَعۡدَ الۡكَوۡرِ، وَدَعۡوَةِ الۡمَظۡلُومِ، وَسُوءِ الۡمَنۡظَرِ فِي الۡأَهۡلِ وَالۡمَالِ.
426. (1343). Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku: Isma’il bin ‘Ulayyah menceritakan kepada kami, dari ‘Ashim Al-Ahwal, dari ‘Abdullah bin Sarjis, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila akan melakukan perjalanan, beliau meminta perlindungan kepada Allah dari kepayahan perjalanan, kepulangan yang menyedihkan, perubahan dari baik menjadi buruk, doa orang yang dizalimi, dan pemandangan yang jelek pada keluarga dan harta.
٤٢٧ - (...) - وَحَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ. جَمِيعًا عَنۡ أَبِي مُعَاوِيَةَ. (ح) وَحَدَّثَنِي حَامِدُ بۡنُ عُمَرَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَاحِدِ. كِلَاهُمَا عَنۡ عَاصِمٍ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، مِثۡلَهُ. غَيۡرَ أَنَّ فِي حَدِيثِ عَبۡدِ الۡوَاحِدِ: فِي الۡمَالِ وَالۡأَهۡلِ.
وَفِي رِوَايَةِ مُحَمَّدِ بۡنِ خَازِمٍ قَالَ: يَبۡدَأُ بِالۡأَهۡلِ إِذَا رَجَعَ.
وَفِي رِوَايَتِهِمَا جَمِيعًا: (اللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنۡ وَعۡثَاءِ السَّفَرِ).
427. Yahya bin Yahya dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Abu Mu’awiyah. (Dalam riwayat lain) Hamid bin ‘Umar telah menceritakan kepadaku: ‘Abdul Wahid menceritakan kepada kami. Masing-masing keduanya dari ‘Ashim melalui sanad ini semisal hadis tersebut. Hanya saja di dalam hadis ‘Abdul Wahid: Pada harta dan keluarga.
Di dalam riwayat Muhammad bin Khazim, beliau berkata: Beliau memulai dengan kata keluarga apabila beliau pulang.
Dan di dalam riwayat kedua-duanya, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kepayahan perjalanan.”