١٥ – بَابٌ
15. Bab
١١٠٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عُمَرَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ مُوسَى، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ، قَالَ: (أَيُّمَا امۡرَأَةٍ نَكَحَتۡ بِغَيۡرِ إِذۡنِ وَلِيِّهَا، فَنِكَاحُهَا بَاطِلٌ، فَنِكَاحُهَا بَاطِلٌ، فَنِكَاحُهَا بَاطِلٌ، فَإِنۡ دَخَلَ بِهَا فَلَهَا الۡمَهۡرُ بِمَا اسۡتَحَلَّ مِنۡ فَرۡجِهَا، فَإِنۡ اشۡتَجَرُوا فَالسُّلۡطَانُ وَلِيُّ مَنۡ لَا وَلِيَّ لَهُ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ.
1102. Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami, dari Ibnu Juraij, dari Sulaiman bin Musa, dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wanita mana saja yang menikah tanpa izin walinya, maka nikahnya batil, nikahnya batil, nikahnya batil. Jika si pria sudah menggaulinya, maka si wanita berhak mendapatkan mahar dengan sebab ia menghalalkan kemaluannya. Jika mereka berselisih, maka penguasa adalah wali bagi siapa saja yang tidak memiliki wali.” Ini adalah hadis hasan.
وَقَدۡ رَوَى يَحۡيَى بۡنُ سَعِيدٍ الۡأَنۡصَارِيُّ، وَيَحۡيَى بۡنُ أَيُّوبَ، وَسُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، وَغَيۡرُ وَاحِدٍ مِنَ الۡحُفَّاظِ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ، نَحۡوَ هَٰذَا. وَحَدِيثُ أَبِي مُوسَى حَدِيثٌ فِيهِ اخۡتِلَافٌ: رَوَاهُ إِسۡرَائِيلُ وَشَرِيكُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ وَأَبُو عَوَانَةَ وَزُهَيۡرُ بۡنُ مُعَاوِيَةَ وَقَيۡسُ بۡنُ الرَّبِيعِ: عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَرَوَى أَسۡبَاطُ بۡنُ مُحَمَّدٍ وَزَيۡدُ بۡنُ حُبَابٍ: عَنۡ يُونُسَ بۡنِ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَرَوَى أَبُو عُبَيۡدَةَ الحَدَّادُ: عَنۡ يُونُسَ بۡنِ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَهُ. وَلَمۡ يَذۡكُرۡ فِيهِ: عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ.
Yahya bin Sa’id Al-Anshari, Yahya bin Ayyub, Sufyan Ats-Tsauri, dan lebih dari seorang hafizh telah meriwayatkan dari Ibnu Juraij semisal hadis ini. Hadis Abu Musa adalah hadis yang mengandung perselisihan. Diriwayatkan oleh Israil, Syarik bin ‘Abdullah, Abu ‘Awanah, Zuhair bin Mu’awiyah, dan Qais bin Ar-Rabi’ dari Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Abu Musa, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Asbath bin Muhammad dan Zaid bin Hubab meriwayatkan dari Yunus bin Abu Ishaq, dari Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Abu Musa, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abu ‘Ubaidah Al-Haddad meriwayatkan dari Yunus bin Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Abu Musa, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis tersebut, namun beliau tidak menyebutkan padanya: dari Abu Ishaq.
وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ يُونُسَ بۡنِ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَيۡضًا. وَرَوَى شُعۡبَةُ وَالثَّوۡرِيُّ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: (لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ). وَقَدۡ ذَكَرَ بَعۡضُ أَصۡحَابِ سُفۡيَانَ: عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى. وَلَا يَصِحُّ. وَرِوَايَةُ هٰؤُلَاءِ الَّذِينَ رَوَوۡا عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ (لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ) عِنۡدِي أَصَحُّ، لِأَنَّ سَمَاعَهُمۡ مِنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ فِي أَوۡقَاتٍ مُخۡتَلِفَةٍ، وَإِنۡ كَانَ شُعۡبَةُ وَالثَّوۡرِيُّ أَحۡفَظَ وَأَ ثۡبَتَ مِنۡ جَمِيعِ هٰؤُلَاءِ الَّذِينَ رَوَوۡا عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ هَٰذَا الۡحَدِيثَ، فَإِنَّ رِوَايَةَ هٰؤُلَاءِ عِنۡدِي أَشۡبَهُ، لِأَنَّ شُعۡبَةَ وَالثَّوۡرِيَّ سَمِعَا هَٰذَا الۡحَدِيثَ مِنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ فِي مَجۡلِسٍ وَاحِدٍ، وَمِمَّا يَدُلُّ عَلَى ذَلِكَ: [(الإرواء)(١٨٤٠)].
Juga telah diriwayatkan dari Yunus bin Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Syu’bah dan Ats-Tsauri meriwayatkan dari Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tidak ada nikah kecuali dengan wali.” Sebagian murid Sufyan telah menyebutkan dari Sufyan, dari Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Abu Musa. Namun ini tidak sahih. Riwayat orang-orang yang meriwayatkan dari Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Abu Musa, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Tidak ada nikah kecuali dengan wali”, menurutku lebih sahih. Karena mereka mendengar dari Abu Ishaq pada beberapa waktu yang berbeda-beda. Meskipun Syu’bah dan Ats-Tsauri lebih kuat dan kokoh hafalannya daripada orang-orang yang meriwayatkan hadis ini dari Abu Ishaq. Karena riwayat mereka ini menurutku lebih tepat. Juga karena Syu’bah dan Ats-Tsauri mendengar hadis ini dari Abu Ishaq dalam satu majelis saja. Yang menunjukkan hal itu adalah:
١١٠٢ (م) - حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، قَالَ: أَنۡبَأَنَا شُعۡبَةُ، قَالَ: سَمِعۡتُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيَّ يَسۡأَلُ أَبَا إِسۡحَاقَ: أَسَمِعۡتَ أَبَا بُرۡدَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ)؟ فَقَالَ: نَعَمۡ. فَدَلَّ هَٰذَا الۡحَدِيثُ عَلَى أَنَّ سَمَاعَ شُعۡبَةَ وَالثَّوۡرِيِّ هَٰذَا الۡحَدِيثَ فِي وَقۡتٍ وَاحِدٍ، وَإِسۡرَائِيلُ هُوَ ثِقَةٌ ثَبۡتٌ فِي أَبِي إِسۡحَاقَ. سَمِعۡتُ مُحَمَّدَ بۡنَ الۡمُثَنَّى يَقُولُ: سَمِعۡتُ عَبۡدَ الرَّحۡمَٰنِ بۡنَ مَهۡدِيٍّ يَقُولُ: مَا فَاتَنِي مِنۡ حَدِيثِ الثَّوۡرِيِّ عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ الَّذِي فَاتَنِي، إِلَّا لَمَّا اتَّكَلۡتُ بِهِ عَلَى إِسۡرَائِيلَ، لِأَنَّهُ كَانَ يَأۡتِي بِهِ أَتَمَّ. وَحَدِيثُ عَائِشَةَ فِي هَٰذَا الۡبَابِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: (لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ). حَدِيثٌ عِنۡدِي حَسَنٌ. رَوَاهُ ابۡنُ جُرَيۡجٍ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ مُوسَى، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ.
1102. Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu Dawud menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syu’bah memberitakan kepada kami, beliau berkata: Aku mendengar Sufyan Ats-Tsauri bertanya kepada Abu Ishaq: Apakah engkau mendengar Abu Burdah mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada nikah kecuali dengan wali.”? Abu Ishaq menjawab: Iya. Hadis ini menunjukkan bahwa Syu’bah dan Ats-Tsauri mendengar hadis ini dalam satu waktu. Dan Israil adalah periwayat yang tsiqah tsabt dalam periwayatan dari Abu Ishaq. Aku mendengar Muhammad bin Al-Mutsanna berkata: Aku mendengar ‘Abdurrahman bin Mahdi berkata: Tidaklah terluput dariku hadis Ats-Tsauri dari Abu Ishaq kecuali karena aku lebih mempercayai Israil. Sebabnya adalah riwayat Israil lebih sempurna. Hadis ‘Aisyah dalam bab ini dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tidak ada nikah kecuali dengan wali.” Hadis ini menurutku hasan. Diriwayatkan oleh Ibnu Juraij dari Sulaiman bin Musa, dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
وَرَوَاهُ الحَجَّاجُ بۡنُ أَرۡطَاةَ وَجَعۡفَرُ بۡنُ رَبِيعَةَ عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَرُوِيَ عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ مِثۡلَهُ. وَقَدۡ تَكَلَّمَ بَعۡضُ أَصۡحَابِ الۡحَدِيثِ فِي حَدِيثِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. قَالَ ابۡنُ جُرَيۡجٍ: ثُمَّ لَقِيتُ الزُّهۡرِيَّ فَسَأَلۡتُهُ فَأَنۡكَرَهُ، فَضَعَّفُوا هَٰذَا الۡحَدِيثَ مِنۡ أَجۡلِ هَٰذَا. وَذُكِرَ عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ مَعِينٍ، أَنَّهُ قَالَ: لَمۡ يَذۡكُرۡ هَٰذَا الۡحَرۡفَ عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ إِلَّا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ. قَالَ يَحۡيَى بۡنُ مَعِينٍ: وَسَمَاعُ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ لَيۡسَ بِذَاكَ، إِنَّمَا صَحَّحَ كُتُبَهُ عَلَى كُتُبِ عَبۡدِ الۡمَجِيدِ بۡنِ عَبۡدِ العَزِيزِ بۡنِ أَبِي رَوَّادٍ مَا سَمِعَ مِنۡ ابۡنِ جُرَيۡجٍ. وَضَعَّفَ يَحۡيَى رِوَايَةَ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ.
Al-Hajjaj bin Arthah dan Ja’far bin Rabi’ah meriwayatkannya dari Az-Zuhri, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diriwayatkan pula dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis tersebut. Sebagian ulama ahli hadis telah membicarakan hadis Az-Zuhri dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ibnu Juraij berkata: Kemudian aku berjumpa Az-Zuhri lalu aku bertanya kepada beliau namun beliau mengingkarinya. Maka, mereka menyatakan hadis ini daif atas dasar ini. Disebutkan pula dari Yahya bin Ma’in bahwa beliau berkata: Tidak ada yang menyebutkan potongan kalimat ini dari Ibnu Juraij kecuali Isma’il bin Ibrahim. Yahya bin Ma’in berkata: Bukan demikian Isma’il bin Ibrahim mendengar dari Ibnu Juraij. Beliau hanya membenarkan kitab-kitabnya sesuai dengan kitab ‘Abdul Majid bin ‘Abdul ‘Aziz bin Abu Rawwad tentang apa yang beliau dengar dari Ibnu Juraij. Yahya menilai daif riwayat Isma’il bin Ibrahim dari Ibnu Juraij.
وَالعَمَلُ فِي هَٰذَا الۡبَابِ عَلَى حَدِيثِ النَّبِيِّ ﷺ (لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ) عِنۡدَ أَهۡلِ العِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ مِنۡهُمۡ: عُمَرُ بۡنُ الخَطَّابِ، وَعَلِيُّ بۡنُ أَبِي طَالِبٍ، وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَبَّاسٍ، وَأَبُو هُرَيۡرَةَ وَغَيۡرُهُمۡ. وَهَٰكَذَا رُوِيَ عَنۡ بَعۡضِ فُقَهَاءِ التَّابِعِينَ؛ أَنَّهُمۡ قَالُوا: لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ. مِنۡهُمۡ سَعِيدُ بۡنُ الۡمُسَيِّبِ، وَالۡحَسَنُ الۡبَصۡرِيُّ، وَشُرَيۡحٌ، وَإِبۡرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ، وَعُمَرُ بۡنُ عَبۡدِ العَزِيزِ وَغَيۡرُهُمۡ. وَبِهَٰذَا يَقُولُ سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، وَالۡأَوۡزَاعِيُّ، وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ الۡمُبَارَكِ، وَمَالِكٌ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ.
Para ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengamalkan dalam bab ini sesuai hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Tidak ada nikah kecuali dengan wali”, di antara mereka adalah: ‘Umar bin Al-Khaththab, ‘Ali bin Abu Thalib, ‘Abdullah bin ‘Abbas, Abu Hurairah, dan selain mereka. Seperti ini pula yang diriwayatkan dari sebagian ahli fikih kalangan tabiin; Bahwa mereka mengatakan: Tidak ada nikah kecuali dengan wali. Di antara mereka adalah: Sa’id bin Al-Musayyib, Al-Hasan Al-Bashri, Syuraih, Ibrahim An-Nakha’i, ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz, dan selain mereka. Pendapat ini pula yang diucapkan oleh Sufyan Ats-Tsauri, Al-Auza’i, ‘Abdullah bin Al-Mubarak, Malik, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq.