Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 1641 dan 1642

٢ - بَابُ مَا جَاءَ فِي فَضۡلِ شَهۡرِ رَمَضَانَ
2. Bab tentang keutamaan bulan Ramadan

١٦٤١ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ فُضَيۡلٍ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ؛ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [(صحيح الترغيب)(٩٨٢)، (الإرواء)(٩٠٦): ق. ومضى بزيادة في متنِه (١٣٢٦)].
1641. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Muhammad bin Fudhail menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah; Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang puasa Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
١٦٤٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ، مُحَمَّدُ بۡنُ الۡعَلَاءِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ عَيَّاشٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: (إِذَا كَانَتۡ أَوَّلُ لَيۡلَةٍ مِنۡ رَمَضَانَ، صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الۡجِنِّ، وَغُلِّقَتۡ أَبۡوَابُ النَّارِ، فَلَمۡ يُفۡتَحۡ مِنۡهَا بَابٌ، وَفُتِحَتۡ أَبۡوَابُ الۡجَنَّةِ، فَلَمۡ يُغۡلَقۡ مِنۡهَا بَابٌ، وَنَادَى مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الۡخَيۡرِ! أَقۡبِلۡ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ! أَقۡصِرۡ. وَلِلهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَذٰلِكَ فِي كُلِّ لَيۡلَةٍ). [(التعليق الرغيب)(٢/٦٨)].
1642. Abu Kuraib Muhammad bin Al-‘Ala` telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu Bakr bin ‘Ayyasy menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ketika awal malam bulan Ramadan, maka setan-setan dan jin yang paling durhaka akan dibelenggu, pintu-pintu neraka akan ditutup sehingga tidak ada satu pintu pun yang terbuka, dan pintu-pintu surga dibuka sehingga tidak ada satu pintu pun yang tertutup. Seorang penyeru akan menyeru, “Wahai pencari kebaikan, sambutlah! Wahai pencari kejelekan, hentikanlah!