Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2402

٧٩ - صِيَامُ خَمۡسَةِ أَيَّامٍ مِنَ الشَّهۡرِ
79. Puasa lima hari dari sebulan

٢٤٠٢ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا زَكَرِيَّاءُ بۡنُ يَحۡيَى قَالَ: حَدَّثَنَا وَهۡبُ بۡنُ بَقِيَّةَ قَالَ: أَنۡبَأَنَا خَالِدٌ عَنۡ خَالِدٍ وَهُوَ الۡحَذَّاءُ عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ، عَنۡ أَبِي الۡمَلِيحِ، قَالَ: دَخَلۡتُ مَعَ أَبِيكَ زَيۡدٍ عَلَى عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو، فَحَدَّثَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ ذُكِرَ لَهُ صَوۡمِي، فَدَخَلَ عَلَيَّ، فَأَلۡقَيۡتُ لَهُ وِسَادَةَ أَدَمٍ رَبۡعَةً؛ حَشۡوُهَا لِيفٌ، فَجَلَسَ عَلَى الۡأَرۡضِ، وَصَارَتِ الۡوِسَادَةُ فِيمَا بَيۡنِي وَبَيۡنَهُ، قَالَ: (أَمَا يَكۡفِيكَ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ؟)، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (خَمۡسًا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (سَبۡعًا)، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (تِسۡعًا)، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (إِحۡدَى عَشۡرَةَ)، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لَا صَوۡمَ فَوۡقَ صَوۡمِ دَاوُدَ؛ شَطۡرَ الدَّهۡرِ، صِيَامُ يَوۡمٍ وَفِطۡرُ يَوۡمٍ). [م(٣/١٦٥-١٦٦)].
2402. Zakariyya` bin Yahya telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Wahb bin Baqiyyah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Khalid memberitakan kepada kami dari Khalid Al-Hadzdza`, dari Abu Qilabah, dari Abu Al-Malih, beliau berkata: Aku bersama ayahmu masuk menemui ‘Abdullah bin ‘Amr, lalu beliau menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diceritakan tentang puasaku. Lalu Nabi masuk menemuiku, lalu aku menyodorkan sebuah bantal kulit berukuran sedang kepada beliau. Isi bantal itu adalah serabut pohon kurma. Namun beliau memilih duduk di atas tanah dan jadilah bantal itu berada di antara aku dengan beliau.
Beliau bersabda, “Tidakkah mencukupimu (puasa) tiga hari dari setiap bulan?”
Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah, (tambahkanlah).”
Beliau bersabda, “Lima hari.”
Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah, (tambah lagi).”
Nabi bersabda, “Tujuh hari.”
Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah, (tambah lagi).”
Nabi bersabda, “Sembilan hari.”
Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah, (tambah lagi).”
Beliau bersabda, “Sebelas hari.”
Aku mengatakan, “Wahai Rasulullah, (tambah lagi).”
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada puasa di atas puasa Dawud. Yaitu, puasa separuh tahun. Puasa sehari dan tidak berpuasa sehari.”