Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2433 dan 2434

٨٥ - صَوۡمُ يَوۡمَيۡنِ مِنَ الشَّهۡرِ
85. Puasa dua hari dari sebulan

٢٤٣٣ – (صحيح الإسناد) أَخۡبَرَنَا عَمۡرُو بۡنُ عَلِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنِي سَيۡفُ بۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ مِنۡ خِيَارِ الۡخَلۡقِ قَالَ: حَدَّثَنَا الۡأَسۡوَدُ بۡنُ شَيۡبَانَ عَنۡ أَبِي نَوۡفَلِ بۡنِ أَبِي عَقۡرَبٍ عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: سَأَلۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ عَنِ الصَّوۡمِ؟ فَقَالَ: (صُمۡ يَوۡمًا مِنَ الشَّهۡرِ)، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! زِدۡنِي، زِدۡنِي؛ قَالَ: (تَقُولُ: يَا رَسُولَ اللهِ! زِدۡنِي، زِدۡنِي؛ يَوۡمَيۡنِ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ)، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! زِدۡنِي، زِدۡنِي؟! إِنِّي أَجِدُنِي قَوِيًّا! فَقَالَ: (زِدۡنِي زِدۡنِي أَجِدُنِي قَوِيًّا!) فَسَكَتَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حَتَّى ظَنَنۡتُ أَنَّهُ لَيَرُدُّنِي! قَالَ: (صُمۡ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ).
2433. ‘Amr bin ‘Ali telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Saif bin ‘Ubaidullah –beliau termasuk manusia pilihan- menceritakan kepadaku, beliau berkata: Al-Aswad bin Syaiban menceritakan kepada kami dari Abu Naufal bin Abu ‘Aqrab, dari ayahnya, beliau berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang puasa. Beliau bersabda, “Berpuasalah satu hari dari sebulan.”
Aku berkata, “Wahai Rasulullah, tambahkanlah untukku, tambahkanlah untukku!”
Beliau bersabda, “Engkau berkata: Wahai Rasulullah, tambahkanlah untukku, tambahkanlah untukku. Dua hari dari setiap bulan.”
Aku berkata, “Wahai Rasulullah, tambahkanlah untukku, tambahkanlah untukku! Sesungguhnya aku mendapati diriku ini kuat.”
Beliau bersabda, “Tambahkanlah untukku, tambahkanlah untukku! Aku mendapati diriku kuat.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu diam hingga aku menyangka beliau menolak permintaanku. Beliau bersabda, “Berpuasalah tiga hari dari sebulan.”
٢٤٣٤ – (صحيح الإسناد) أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ سَلَّامٍ قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ هَارُونَ قَالَ: أَنۡبَأَنَا الۡأَسۡوَدُ بۡنُ شَيۡبَانَ عَنۡ أَبِي نَوۡفَلِ بۡنِ أَبِي عَقۡرَبٍ عَنۡ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَأَلَ النَّبِيَّ ﷺ عَنِ الصَّوۡمِ؟ فَقَالَ: (صُمۡ يَوۡمًا مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ)، وَاسۡتَزَادَهُ؛ قَالَ: بِأَبِى أَنۡتَ وَأُمِّي، أَجِدُنِي قَوِيًّا، فَزَادَهُ؛ قَالَ: (صُمۡ يَوۡمَيۡنِ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ)، فَقَالَ: بِأَبِي أَنۡتَ وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللهِ! إِنِّي أَجِدُنِي قَوِيًّا، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنِّي أَجِدُنِي قَوِيًّا! إِنِّي أَجِدُنِي قَوِيًّا!)، فَمَا كَادَ أَنۡ يَزِيدَهُ! فَلَمَّا أَلَحَّ عَلَيۡهِ، قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (صُمۡ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنۡ كُلِّ شَهۡرٍ).
2434. ‘Abdurrahman bin Muhammad bin Sallam telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Yazid bin Harun menceritakan kepada kami, beliau berkata: Al-Aswad bin Syaiban memberitakan kepada kami dari Abu Naufal bin Abu ‘Aqrab, dari ayahnya, bahwa beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang puasa. Nabi bersabda, “Puasalah satu hari dari setiap bulan.”
Abu ‘Aqrab meminta tambah kepada beliau. Beliau mengatakan, “Engkau aku tebus dengan ayah dan ibuku. Aku mendapati diriku ini kuat.”
Nabi menambahkan untuknya. Beliau bersabda, “Puasalah dua hari dari setiap bulan.”
Abu ‘Aqrab mengatakan, “Engkau aku tebus dengan ayah dan ibuku, wahai Rasulullah. Sesungguhnya aku mendapati diriku ini kuat.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku mendapati diriku ini kuat. Sesungguhnya aku mendapati diriku ini kuat.” Hampir-hampir Nabi tidak menambahkan untuknya. Ketika dia mendesak beliau, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasalah tiga hari dari setiap bulan.”