Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5559

١٠ - بَابُ مَنۡ ذَبَحَ ضَحِيَّةَ غَيۡرِهِ
10. Bab barang siapa yang menyembelih kurban orang lain

وَأَعَانَ رَجُلٌ ابۡنَ عُمَرَ، فِي بَدَنَتِهِ. وَأَمَرَ أَبُو مُوسَى بَنَاتِهِ أَنۡ يُضَحِّينَ بِأَيۡدِيهِنَّ.
Seorang lelaki membantu Ibnu ‘Umar menyembelih untanya. Abu Musa juga memerintahkan putri-putrinya untuk menyembelih dengan tangan-tangan mereka.
٥٥٥٩ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِسَرِفَ وَأَنَا أَبۡكِي، فَقَالَ: (مَا لَكِ أَنَفِسۡتِ؟). قُلۡتُ: نَعَمۡ، قَالَ: (هَٰذَا أَمۡرٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ، اقۡضِي مَا يَقۡضِي الۡحَاجُّ غَيۡرَ أَنۡ لَا تَطُوفِي بِالۡبَيۡتِ). وَضَحَّى رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنۡ نِسَائِهِ بِالۡبَقَرِ. [طرفه في: ٢٩٤].
5559. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari ‘Abdurrahman bin Al-Qasim, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemuiku di Sarif dalam keadaan aku sedang menangis. Beliau bertanya, “Kenapa engkau? Apa engkau haid?” Aku menjawab, “Iya.” Beliau bersabda, “Ini adalah perkara yang telah Allah tetapkan pada putri-putri Adam. Lakukan apa saja yang dilakukan oleh orang yang haji, hanya saja engkau tidak boleh tawaf di Kakbah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih sapi atas nama istri-istrinya.