Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 9

٥ - (٩) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ جَمِيعًا، عَنِ ابۡنِ عُلَيَّةَ. قَالَ زُهَيۡرٌ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ أَبِي حَيَّانَ، عَنۡ أَبِي زُرۡعَةَ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ جَرِيرٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ؛ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَوۡمًا بَارِزًا لِلنَّاسِ، فَأَتَاهُ رَجُلٌ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا الۡإِيمَانُ؟ قَالَ: (أَنۡ تُؤۡمِنَ بِاللهِ، وَمَلَائِكَتِهِ، وَكِتَابِهِ، وَلِقَائِهِ، وَرُسُلِهِ، وَتُؤۡمِنَ بِالۡبَعۡثِ الۡآخِرِ). قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا الۡإِسۡلَامُ؟ قَالَ: (الۡإِسۡلَامُ أَنۡ تَعۡبُدَ اللهَ وَلَا تُشۡرِكَ بِهِ شَيۡئًا، وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ الۡمَكۡتُوبَةَ، وَتُؤَدِّيَ الزَّكَاةَ الۡمَفۡرُوضَةَ، وَتَصُومَ رَمَضَانَ). قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا الۡإِحۡسَانُ؟ قَالَ: (أَنۡ تَعۡبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنَّكَ إِنۡ لَا تَرَاهُ، فَإِنَّهُ يَرَاكَ).
5. (9). Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Zuhair bin Harb semuanya telah menceritakan kepada kami dari Ibnu ‘Ulayyah. Zuhair berkata: Isma’il bin Ibrahim menceritakan kepada kami dari Abu Hayyan, dari Abu Zur’ah bin ‘Amr bin Jarir, dari Abu Hurairah; Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah pada suatu hari tampak di tengah orang-orang.
Lalu ada seorang lelaki yang datang kepadanya seraya berkata, “Wahai Rasulullah, apakah iman itu?”
Nabi menjawab, “Engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-Nya, perjumpaan dengan-Nya, para rasul-Nya, dan engkau beriman dengan kebangkitan yang akhir.”
Lelaki itu berkata, “Wahai Rasulullah, apakah Islam itu?”
Nabi menjawab, “Islam adalah engkau beribadah kepada Allah dan engkau tidak menyekutukan sesuatupun dengan-Nya, engkau mengerjakan salat yang wajib, menunaikan zakat yang fardu, dan berpuasa Ramadan.”
Lelaki itu berkata, “Wahai Rasulullah, apakah ihsan itu?”
Nabi menjawab, “Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Maka jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu.”
قَالَ: يَا رَسُولَ اللهَ، مَتَى السَّاعَةُ؟ قَالَ: (مَا الۡمَسۡئُولُ عَنۡهَا بِأَعۡلَمَ مِنَ السَّائِلِ، وَلٰكِنۡ سَأُحَدِّثُكَ عَنۡ أَشۡرَاطِهَا: إِذَا وَلَدَتِ الۡأَمَةُ رَبَّهَا فَذَاكَ مِنۡ أَشۡرَاطِهَا، وَإِذَا كَانَتِ الۡعُرَاةُ الۡحُفَاةُ رُءُوسَ النَّاسِ، فَذَاكَ مِنۡ أَشۡرَاطِهَا، وَإِذَا تَطَاوَلَ رِعَاءُ الۡبَهۡمِ فِي الۡبُنۡيَانِ، فَذَاكَ مِنۡ أَشۡرَاطِهَا. فِي خَمۡسٍ لَا يَعۡلَمُهُنَّ إِلَّا اللهُ). ثُمَّ تَلَا ﷺ: ﴿إِنَّ ٱللَّهَ عِندَهُۥ عِلۡمُ ٱلسَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ ٱلۡغَيۡثَ وَيَعۡلَمُ مَا فِى ٱلۡأَرۡحَامِ ۖ وَمَا تَدۡرِى نَفۡسٌ مَّاذَا تَكۡسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدۡرِى نَفۡسٌۢ بِأَىِّ أَرۡضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌۢ ۝٣٤﴾ [لقمان: ٣٤].
قَالَ: ثُمَّ أَدۡبَرَ الرَّجُلُ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (رُدُّوا عَلَيَّ الرَّجُلَ). فَأَخَذُوا لِيَرُدُّوهُ فَلَمۡ يَرَوۡا شَيۡئًا، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (هٰذَا جِبۡرِيلُ جَاءَ لِيُعَلِّمَ النَّاسَ دِينَهُمۡ).
[البخاري: كتاب الإيمان، باب سؤال جبريل النبي ﷺ عن الإيمان...، رقم: ٥٠].
Lelaki itu berkata, “Wahai Rasulullah, kapan hari kiamat itu?”
Nabi bersabda, “Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya, akan tetapi akan aku ceritakan kepadamu tentang tanda-tandanya. Ketika seorang budak wanita melahirkan tuannya, maka itu termasuk tanda-tandanya. Ketika orang yang telanjang dan tidak beralas kaki menjadi pemimpin manusia, maka itu termasuk tanda-tandanya. Ketika penggembala kambing berlomba meninggikan bangunan, maka itu termasuk tanda-tandanya. Hari kiamat masuk di dalam lima perkara yang tidak diketahui kecuali oleh Allah.” Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat (yang artinya), “Sesungguhnya Allah, hanya di sisi-Nya pengetahuan tentang hari kiamat, Dialah yang menurunkan hujan, dan Dia mengetahui isi rahim. Tidak ada seorang jiwa pun mengetahui apa yang akan ia lakukan esok. Tidak ada seorang jiwa pun mengetahui di bumi mana ia akan meninggal. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti.” (QS. Luqman: 34).
Abu Hurairah berkata: Kemudian lelaki itu berpaling pergi.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bawa kembali lelaki itu kepadaku!”
Para sahabat beranjak untuk membawanya kembali, namun mereka tidak melihat siapapun.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang ini tadi adalah Jibril yang datang untuk mengajari manusia agama mereka.”
٦ - (...) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ نُمَيۡرٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بِشۡرٍ: حَدَّثَنَا أَبُو حَيَّانَ التَّيۡمِيُّ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، مِثۡلَهُ. غَيۡرَ أَنَّ فِي رِوَايَتِهِ: (إِذَا وَلَدَتِ الۡأَمَةُ بَعۡلَهَا) يَعۡنِي السَّرَارِيَّ.
Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Bisyr menceritakan kepada kami: Abu Hayyan At-Taimi menceritakan kepada kami melalui sanad ini, semisal hadis tersebut. Hanya saja di dalam riwayat beliau, “Ketika budak wanita melahirkan suaminya.” Yakni para gundik.