Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 754

٨ - بَابُ الۡمَسَاجِدِ فِي الدُّورِ
8. Bab tempat salat di dalam rumah

٧٥٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو مَرۡوَانَ، مُحَمَّدُ بۡنُ عُثۡمَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ مَحۡمُودِ بۡنِ الرَّبِيعِ الۡأَنۡصَارِيِّ - وَكَانَ قَدۡ عَقَلَ مَجَّةً مَجَّهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي دَلۡوٍ فِي بِئۡرٍ لَهُمۡ - عَنۡ عِتۡبَانَ بۡنِ مَالِكٍ السَّالِمِيِّ - وَكَانَ إِمَامَ قَوۡمِهِ بَنِي سَالِمٍ، وَكَانَ شَهِدَ بَدۡرًا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ -؛ قَالَ: جِئۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! إِنِّي قَدۡ أَنۡكَرۡتُ مِنۡ بَصَرِي، وَإِنَّ السَّيۡلَ يَأۡتِي فَيَحُولُ بَيۡنِي وَبَيۡنَ مَسۡجِدِ قَوۡمِي، وَيَشُقُّ عَلَيَّ اجۡتِيَازُهُ، فَإِنۡ رَأَيۡتَ أَنۡ تَأۡتِيَنِي فَتُصَلِّيَ فِي بَيۡتِي مَكَانًا أَتَّخِذُهُ مُصَلًّى، فَافۡعَلۡ، قَالَ: (أَفۡعَلُ)، فَغَدَا رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَبُو بَكۡرٍ بَعۡدَمَا اشۡتَدَّ النَّهَارُ، وَاسۡتَأۡذَنَ، فَأَذِنۡتُ لَهُ، وَلَمۡ يَجۡلِسۡ حَتَّى قَالَ: (أَيۡنَ تُحِبُّ أَنۡ أُصَلِّيَ لَكَ مِنۡ بَيۡتِكَ؟)، فَأَشَرۡتُ لَهُ إِلَى الۡمَكَانِ الَّذِي أُحِبُّ أَنۡ أُصَلِّيَ فِيهِ، فَقَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَصَفَفۡنَا خَلۡفَهُ، فَصَلَّى بِنَا رَكۡعَتَيۡنِ، ثُمَّ احۡتَبَسۡتُهُ عَلَى خَزِيرَةٍ تُصۡنَعُ لَهُمۡ. [ق].
754. Abu Marwan Muhammad bin ‘Utsman telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ibrahim bin Sa’d menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Mahmud bin Ar-Rabi’ Al-Anshari—beliau mengingat air yang disemburkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari ember di sumur mereka—dari ‘Itban bin Malik As-Salimi—beliau imam kaumnya, yaitu Bani Salim, dan beliau mengikuti perang Badr bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam—; Beliau mengatakan: Aku datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu aku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku sudah tidak mengenali penglihatanku dan sungguh banjir kadang datang sehingga menghalangi antara aku dengan masjid kaumku sehingga menyulitkan aku untuk menyeberanginya. Jika engkau berpendapat untuk dapat datang ke tempatku lalu engkau salat di rumahku di suatu tempat yang akan aku jadikan tempat salat, maka lakukanlah. Nabi bersabda, “Akan aku lakukan.” Besoknya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakr berangkat ketika siang sudah mulai panas. Nabi meminta izin masuk, lalu aku mengizinkan beliau. Beliau tidak duduk hingga bertanya, “Di bagian rumahmu yang mana engkau suka aku salat?” Aku menunjuk ke tempat yang aku suka salat di situ. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri dan kami membuat saf di belakang beliau. Beliau salat mengimami kami sebanyak dua rakaat. Kemudian aku menahan beliau untuk menyantap hidangan khazirah (makanan yang dibuat dari daging dipotong kecil-kecil kemudian dimasak dan diberi tepung padanya) yang dibuat untuk mereka.