٦٣ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الۡجُنُبِ يُدۡرِكُهُ الۡفَجۡرُ وَهُوَ يُرِيدُ الصَّوۡمَ
63. Bab tentang seseorang memasuki waktu fajar dalam keadaan junub padahal dia hendak berpuasa
٧٧٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَبِي بَكۡرِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ هِشَامٍ، قَالَ: أَخۡبَرَتۡنِي عَائِشَةُ وَأُمُّ سَلَمَةَ، زَوۡجَا النَّبِيِّ ﷺ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يُدۡرِكُهُ الۡفَجۡرُ وَهُوَ جُنُبٌ مِنۡ أَهۡلِهِ، ثُمَّ يَغۡتَسِلُ فَيَصُومُ. حَدِيثُ عَائِشَةَ وَأُمِّ سَلَمَةَ، حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَكۡثَرِ أَهۡلِ العِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ، وَالشَّافِعِيِّ، وَأَحۡمَدَ، وَإِسۡحَاقَ. وَقَدۡ قَالَ قَوۡمٌ مِنَ التَّابِعِينَ: إِذَا أَصۡبَحَ جُنُبًا، يَقۡضِي ذٰلِكَ الۡيَوۡمَ. وَالۡقَوۡلُ الۡأَوَّلُ أَصَحُّ. [(ابن ماجه)(١٧٠٣): ق].
779. Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Laits menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Abu Bakr bin ‘Abdurrahman bin Al-Harits bin Hisyam. Beliau berkata: ‘Aisyah dan Ummu Salamah—dua istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengabarkan kepadaku bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendapati waktu fajar dalam keadaan junub karena istrinya. Kemudian beliau mandi lalu berpuasa. Hadis ‘Aisyah dan Ummu Salamah adalah hadis hasan sahih. Sebagian besar ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka berpendapat untuk beramal atas dasar hadis ini. Ini juga pendapat Sufyan, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. Ada sebagian orang dari kalangan tabiin berpendapat: Jika seseorang masuk waktu subuh dalam keadaan junub, maka dia mengada puasa hari itu. Namun pendapat pertama lebih sahih.