Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1614

٤٧ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الطِّيَرَةِ
47. Bab riwayat tentang thiyarah (anggapan sial terhadap burung atau semisalnya)

١٦١٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ سَلَمَةَ بۡنِ كُهَيۡلٍ، عَنۡ عِيسَى بۡنِ عَاصِمٍ، عَنۡ زِرٍّ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَسۡعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (الطِّيَرَةُ مِنَ الشِّرۡكِ وَمَا مِنَّا إِلَّا، وَلَكِنَّ اللهَ يُذۡهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، وَحَابِسٍ التَّمِيمِيِّ، وَعَائِشَةَ، وَابۡنِ عُمَرَ، وَسَعۡدٍ. وَهَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ لَا نَعۡرِفُهُ إِلَّا مِنۡ حَدِيثِ سَلَمَةَ بۡنِ كُهَيۡلٍ، وَرَوَى شُعۡبَةُ أَيۡضًا عَنۡ سَلَمَةَ هَٰذَا الۡحَدِيثَ. سَمِعۡتُ مُحَمَّدَ بۡنَ إِسۡمَاعِيلَ يَقُولُ: كَانَ سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ يَقُولُ فِي هَٰذَا الۡحَدِيثِ: وَمَا مِنَّا وَلَكِنَّ اللهَ يُذۡهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ. قَالَ سُلَيۡمَانُ: هَٰذَا عِنۡدِي قَوۡلُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَسۡعُودٍ: وَمَا مِنَّا. [(ابن ماجه)(٣٥٣٨)].
1614. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Salamah bin Kuhail, dari ‘Isa bin ‘Ashim, dari Zirr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Thiyarah termasuk kesyirikan. Tidaklah di antara kita kecuali ada itu, akan tetapi Allah menghilangkannya dengan tawakal.” 
Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Hurairah, Habis At-Tamimi, ‘Aisyah, Ibnu ‘Umar, dan Sa’d. 
Ini adalah hadis hasan sahih. Kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadis Salamah bin Kuhail. Syu’bah juga meriwayatkan hadis ini dari Salamah. Aku mendengar Muhammad bin Isma’il berkata: Dahulu Sulaiman bin Harb berkata tentang hadis ini, yaitu: Tidaklah di antara kita (kecuali ada itu), akan tetapi Allah menghilangkannya dengan tawakal. Sulaiman berkata: Ini menurutku adalah ucapan ‘Abdullah bin Mas’ud, yaitu: Tidaklah di antara kita.