Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 3217

٣٢١٧ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ قَالَ: أَنۡبَأَنَا عَفَّانُ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ سَلَمَةَ عَنۡ ثَابِتٍ عَنۡ أَنَسٍ، أَنَّ نَفَرًا مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَا أَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ! وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَا آكُلُ اللَّحۡمَ! وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: لَا أَنَامُ عَلَى فِرَاشٍ! وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: أَصُومُ فَلَا أُفۡطِرُ! فَبَلَغَ ذٰلِكَ رَسُولَ اللهِ ﷺ، فَحَمِدَ اللهَ، وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ، ثُمَّ قَالَ: (مَا بَالُ أَقۡوَامٍ يَقُولُونَ كَذَا وَكَذَا؟! لَكِنِّي أُصَلِّي وَأَنَامُ، وَأَصُومُ وَأُفۡطِرُ، وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ؛ فَمَنۡ رَغِبَ عَنۡ سُنَّتِي فَلَيۡسَ مِنِّي). [(إرواء الغليل)(١٧٨٢)، (التعليق الرغيب)(١/٤٦١)، ق].
3217. [Sahih] Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: ‘Affan memberitakan kepada kami. Beliau berkata: Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami dari Tsabit, dari Anas, bahwa beberapa sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagian mereka berkata: Aku tidak akan menikahi para wanita. Sebagiannya berkata: Aku tidak akan makan daging. Sebagian lagi berkata: Aku tidak akan tidur di atas kasur. Sebagian lainnya berkata: Aku akan terus berpuasa dan tidak berbuka. Ucapan mereka sampai kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau memuji dan menyanjung Allah, kemudian bersabda, “Bagaimana keadaan suatu kaum yang mengucapkan ini dan ini?! Akan tetapi aku salat malam dan tidur, berpuasa dan berbuka, dan aku menikahi para istri. Siapa saja yang membenci sunahku, maka bukan golonganku.”