Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 32

٢٤ - بَابٌ ظُلۡمٌ دُونَ ظُلۡمٍ
24. Bab zhulmun duna zhulmin (kezaliman kecil)


٣٢ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡوَلِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ (ح) قَالَ: وَحَدَّثَنِي بِشۡرٌ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ، عَنۡ شُعۡبَةَ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ عَلۡقَمَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: لَمَّا نَزَلَتۡ: ﴿الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمۡ يَلۡبِسُوا إِيمَانَهُمۡ بِظُلۡمٍ﴾ [الأنعام: ٨٢]، قَالَ أَصۡحَابُ رَسُولِ اللهِ ﷺ: أَيُّنَا لَمۡ يَظۡلِمۡ؟! فَأَنۡزَلَ اللهُ: ﴿إِنَّ الشِّرۡكَ لَظُلۡمٌ عَظِيمٌ﴾ [لقمان: ١٣]. 
[الحديث ٣٢ – أطرافه في: ٣٣٦٠، ٣٤٢٨، ٣٤٢٩، ٤٦٢٩، ٤٧٧٦، ٦٩١٨، ٦٩٣٧]. 

32. Abu Al-Walid telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Beliau berkata: Bisyr menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Muhammad menceritakan kepada kami dari Syu’bah, dari Sulaiman, dari Ibrahim, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullah. Beliau berkata: 

Ketika turun ayat yang artinya, “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman,” (QS. Al-An’am: 82), para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Siapa di antara kita yang tidak melakukan kezaliman?” 

Lalu Allah azza wajalla menurunkan ayat yang artinya, “Sesungguhnya kesyirikan adalah kezaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13).