Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2972

٢٩٧٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ سَعِيدٍ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ الۡأَنۡصَارِيِّ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو صَالِحٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَوۡلَا أَنۡ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي مَا تَخَلَّفۡتُ عَنۡ سَرِيَّةٍ، وَلَكِنۡ لَا أَجِدُ حَمُولَةً، وَلَا أَجِدُ مَا أَحۡمِلُهُمۡ عَلَيۡهِ، وَيَشُقُّ عَلَيَّ أَنۡ يَتَخَلَّفُوا عَنِّي، وَلَوَدِدۡتُ أَنِّي قَاتَلۡتُ فِي سَبِيلِ اللهِ فَقُتِلۡتُ، ثُمَّ أُحۡيِيتُ ثُمَّ قُتِلۡتُ ثُمَّ أُحۡيِيتُ). [طرفه في: ٣٦]. 

2972. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id Al-Anshari. Beliau berkata: Abu Shalih menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Aku mendengar Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalau tidak aku akan memberatkan umatku, niscaya aku tidak akan absen dari satu pasukan perang pun. Akan tetapi aku tidak mendapatkan binatang pengangkut, aku tidak mendapatkan akomodasi untuk membawa serta mereka, dan aku merasa berat apabila mereka tidak ikut bersamaku. Aku benar-benar ingin agar aku berperang di jalan Allah, lalu aku terbunuh, kemudian aku dihidupkan, lalu aku terbunuh, kemudian aku dihidupkan.”