Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6875

٦٨٧٥ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ الۡمُبَارَكِ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ وَيُونُسُ، عَنِ الۡحَسَنِ، عَنِ الۡأَحۡنَفِ بۡنِ قَيۡسٍ قَالَ: ذَهَبۡتُ لِأَنۡصُرَ هَٰذَا الرَّجُلَ، فَلَقِيَنِي أَبُو بَكۡرَةَ، فَقَالَ: أَيۡنَ تُرِيدُ؟ قُلۡتُ: أَنۡصُرُ هَٰذَا الرَّجُلَ، قَالَ: ارۡجِعۡ، فَإِنِّي سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (إِذَا الۡتَقَى الۡمُسۡلِمَانِ بِسَيۡفَيۡهِمَا فَالۡقَاتِلُ وَالۡمَقۡتُولُ فِي النَّارِ). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، هَٰذَا الۡقَاتِلُ، فَمَا بَالُ الۡمَقۡتُولِ؟ قَالَ: (إِنَّهُ كَانَ حَرِيصًا عَلَى قَتۡلِ صَاحِبِهِ). [طرفه في: ٣١]. 

6875. ‘Abdurrahman bin Al-Mubarak telah menceritakan kepada kami: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami: Ayyub dan Yunus menceritakan kepada kami dari Al-Hasan, dari Al-Ahnaf bin Qais. Beliau berkata: Aku pergi untuk menolong orang ini. 

Abu Bakrah berjumpa denganku lalu bertanya, “Ke mana engkau ingin pergi?” 

Aku jawab, “Aku hendak menolong orang ini.” 

Abu Bakrah berkata: 

Kembalilah karena aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila dua orang muslim saling bertemu dengan membawa masing-masing pedangnya, maka si pembunuh dan yang tebunuh berada di dalam neraka.” 

Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, si pembunuh wajar di neraka, lalu mengapa yang terbunuh juga di neraka?” 

Nabi bersabda, “Sesungguhnya dia tadinya bersemangat untuk membunuh temannya.”