Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5659

١٣ - بَابُ وَضۡعِ الۡيَدِ عَلَى الۡمَرِيضِ 
13. Bab meletakkan tangan kepada orang yang sakit 


٥٦٥٩ - حَدَّثَنَا الۡمَكِّيُّ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا الۡجُعَيۡدُ، عَنۡ عَائِشَةَ بِنۡتِ سَعۡدٍ: أَنَّ أَبَاهَا قَالَ: تَشَكَّيۡتُ بِمَكَّةَ شَكۡوًا شَدِيدًا، فَجَاءَنِي النَّبِيُّ ﷺ يَعُودُنِي، فَقُلۡتُ: يَا نَبِيَّ اللهِ، إِنِّي أَتۡرُكُ مَالًا، وَإِنِّي لَمۡ أَتۡرُكۡ إِلَّا ابۡنَةً وَاحِدَةً، فَأُوصِي بِثُلُثَيۡ مَالِي وَأَتۡرُكُ الثُّلُثَ؟ فَقَالَ: (لَا). قُلۡتُ: فَأُوصِي بِالنِّصۡفِ وَأَتۡرُكُ النِّصۡفَ؟ قَالَ: (لَا). قُلۡتُ: فَأُوصِي بِالثُّلُثِ وَأَتۡرُكُ لَهَا الثُّلُثَيۡنِ؟ قَالَ: (الثُّلُثُ، وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ). ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ عَلَى جَبۡهَتِهِ، ثُمَّ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى وَجۡهِي وَبَطۡنِي، ثُمَّ قَالَ: (اللّٰهُمَّ اشۡفِ سَعۡدًا، وَأَتۡمِمۡ لَهُ هِجۡرَتَهُ). فَمَا زِلۡتُ أَجِدُ بَرۡدَهُ عَلَى كَبِدِي - فِيمَا يُخَالُ إِلَيَّ - حَتَّى السَّاعَةِ. [طرفه في: ٥٦]. 

5659. Al-Makki bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: Al-Ju’aid mengabarkan kepada kami dari ‘Aisyah binti Sa’d: Bahwa ayahnya berkata: 

Aku sakit parah di Makkah lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang menjengukku. Aku berkata, “Wahai Nabi, sesungguhnya aku akan meninggalkan banyak harta sementara aku tidak meninggalkan ahli waris kecuali seorang putri. Apakah aku boleh berwasiat dengan dua pertiga hartaku dan menyisakan sepertiga?” 

Nabi menjawab, “Jangan.” 

Aku bertanya, “Apakah aku boleh berwasiat dengan setengah dan menyisakan setengah?” 

Nabi menjawab, “Jangan.” 

Aku bertanya, “Apakah aku boleh berwasiat dengan sepertiga dan menyisakan dua pertiga untuknya?” 

Nabi menjawab, “Ya, sepertiga dan sepertiga itu banyak.” Kemudian Nabi meletakkan tangannya ke atas dahi Sa’d, kemudian Nabi mengusapkan tangannya ke wajah dan perutku, kemudian bersabda, “Ya Allah, sembuhkanlah Sa’d dan sempurnakan hijrahnya.” Lalu aku terus merasakan sejuknya (telapak tangan beliau) pada hatiku sampai saat ini.