Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 714

٢٠ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الرُّخۡصَةِ لِلۡمُحَارِبِ فِي الۡإِفۡطَارِ 
20. Bab riwayat tentang rukhsah tidak berpuasa bagi orang yang berperang 


٧١٤ – (ضعيف الإسناد) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ لَهِيعَةَ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ مَعۡمَرِ بۡنِ أَبِي حَبِيبَةَ، عَنِ ابۡنِ الۡمُسَيَّبِ؛ أَنَّهُ سَأَلَهُ عَنِ الصَّوۡمِ فِي السَّفَرِ؟ فَحَدَّثَ أَنَّ عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ، قَالَ: غَزَوۡنَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ غَزۡوَتَيۡنِ فِي رَمَضَانَ، يَوۡمَ بَدۡرٍ وَالۡفَتۡحِ، فَأَفۡطَرۡنَا فِيهِمَا. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ. حَدِيثُ عُمَرَ لَا نَعۡرِفُهُ إِلَّا مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ؛ أَنَّهُ أَمَرَ بِالۡفِطۡرِ فِي غَزۡوَةٍ غَزَاهَا. وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ عُمَرَ بۡنِ الۡخَطَّابِ نَحۡوُ هَٰذَا، إِلَّا أَنَّهُ رَخَّصَ فِي الۡإِفۡطَارِ عِنۡدَ لِقَاءِ الۡعَدُوِّ. وَبِهِ يَقُولُ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ. 

714. [Daif sanadnya] Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ibnu Lahi’ah menceritakan kepada kami dari Yazid bin Abu Habib, dari Ma’mar bin Abu Habibah, dari Ibnu Al-Musayyab; Bahwa Ma’mar bertanya kepada Ibnu Al-Musayyab tentang puasa ketika safar. Lalu Ibnu Al-Musayyab menceritakan bahwa ‘Umar bin Al-Khaththab berkata: Kami pernah berperang bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dua kali perang ketika bulan Ramadan, yaitu: pada hari Badr dan Fathu Makkah. Kami tidak berpuasa pada dua perang itu. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Sa’id. Hadis ‘Umar ini tidak kami ketahui kecuali dari jalur ini. Diriwayatkan dari Abu Sa’id, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau memerintahkan agar tidak berpuasa pada perang yang beliau pimpin. Diriwayatkan dari ‘Umar bin Al-Khaththab semisal ini, hanya saja beliau memberi rukhsah tidak berpuasa ketika hendak bertemu dengan musuh. Sebagian ulama berpendapat dengannya.