Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 715

٢١ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الرُّخۡصَةِ فِي الۡإِفۡطَارِ لِلۡحُبۡلَى وَالۡمُرۡضِعِ 
21. Bab riwayat tentang rukhsah tidak berpuasa bagi wanita yang hamil dan menyusui 


٧١٥ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ وَيُوسُفُ بۡنُ عِيسَى، قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو هِلَالٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ سَوَادَةَ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، رَجُلٍ مِنۡ بَنِي عَبۡدِ اللهِ بۡنِ كَعۡبٍ، قَالَ: أَغَارَتۡ عَلَيۡنَا خَيۡلُ رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَأَتَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ فَوَجَدۡتُهُ يَتَغَدَّى، فَقَالَ: (ادۡنُ فَكُلۡ). فَقُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ. فَقَالَ: (ادۡنُ أُحَدِّثۡكَ عَنِ الصَّوۡمِ أَوِ الصِّيَامِ؛ إِنَّ اللهَ تَعَالَى وَضَعَ عَنِ الۡمُسَافِرِ الصَّوۡمَ وَشَطۡرَ الصَّلَاةِ، وَعَنِ الۡحَامِلِ، أَوِ الۡمُرۡضِعِ الصَّوۡمَ، أَوِ الصِّيَامَ). وَاللهِ لَقَدۡ قَالَهُمَا النَّبِيُّ ﷺ، كِلَيۡهِمَا أَوۡ إِحۡدَاهُمَا فَيَا لَهۡفَ نَفۡسِي أَنۡ لَا أَكُونَ طَعِمۡتُ مِنۡ طَعَامِ النَّبِيِّ ﷺ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي أُمَيَّةَ. حَدِيثُ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ الۡكَعۡبِيِّ حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَلَا نَعۡرِفُ لِأَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ هَٰذَا عَنِ النَّبِيِّ ﷺ غَيۡرَ هَٰذَا الۡحَدِيثِ الۡوَاحِدِ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ. وقَالَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ: الۡحَامِلُ وَالۡمُرۡضِعُ تُفۡطِرَانِ وَتَقۡضِيَانِ وَتُطۡعِمَانِ. وَبِهِ يَقُولُ سُفۡيَانُ، وَمَالِكٌ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ. وقَالَ بَعۡضُهُمۡ: تُفۡطِرَانِ وَتُطۡعِمَانِ وَلَا قَضَاءَ عَلَيۡهِمَا، وَإِنۡ شَاءَتَا قَضَتَا وَلَا إِطۡعَامَ عَلَيۡهِمَا. وَبِهِ يَقُولُ إِسۡحَاقُ. [(ابن ماجه)(١٦٦٧)]. 

715. [Hasan Sahih] Abu Kuraib dan Yusuf bin ‘Isa telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Waki’ menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Hilal menceritakan kepada kami dari 'Abdullah bin Sawadah, dari Anas bin Malik—seorang pria dari bani ‘Abdullah bin Ka’b—beliau berkata: Pasukan berkuda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (keliru) menyergap kami. 

Lalu aku datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau sedang makan siang, beliau bersabda, “Mendekat dan makanlah!” 

Aku berkata, “Sesungguhnya aku berpuasa.” 

Beliau bersabda, “Duduklah! Aku akan ceritakan kepadamu tentang puasa. Sesungguhnya Allah azza wajalla telah menggugurkan separuh salat dari musafir dan puasa pada saat itu dari musafir, wanita hamil, dan wanita yang menyusui.” 

Demi Allah! Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam benar-benar telah menyebutkan keduanya, masing-masing dari keduanya atau salah satu dari keduanya. Duhai malangnya diriku, kenapa ketika itu aku tidak makan dari makanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Umayyah. Hadis Anas bin Malik Al-Ka’bi adalah hadis hasan. Kami tidak mengetahui riwayat Anas bin Malik ini dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali satu hadis ini. Sebagian ulama beramal di atas dasar hadis ini. Sebagian ulama berkata: Wanita hamil dan menyusui tidak puasa namun mengadanya dan memberi makan. Yang berpendapat demikian adalah Sufyan, Malik, Asy-Syafi’i, dan Ahmad. Sebagian mereka berkata: Keduanya tidak berpuasa namun memberi makan dan tidak ada kada puasa bagi keduanya. Jika keduanya ingin mengada maka tidak perlu memberi makan. Yang berpendapat demikian adalah Ishaq.