Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 740 dan 741

٤٠ - بَابُ مَا جَاءَ فِي صَوۡمِ الۡمُحَرَّمِ 
40. Bab riwayat tentang puasa Muharam 


٧٤٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡحِمۡيَرِيِّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَفۡضَلُ الصِّيَامِ، بَعۡدَ شَهۡرِ رَمَضَانَ، شَهۡرُ اللهِ الۡمُحَرَّمُ). حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. [(ابن ماجه)(١٧٤٢): م]. 

740. [Sahih] Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami dari Abu Bisyr, dari Humaid bin ‘Abdurrahman Al-Himyari, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seutama-utama puasa setelah puasa bulan Ramadan adalah puasa bulan Allah, yaitu Muharam.” 

Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan sahih. 

٧٤١ – (ضعيف) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَلِيُّ بۡنُ مُسۡهِرٍ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ إِسۡحَاقَ، عَنِ النُّعۡمَانِ بۡنِ سَعۡدٍ، عَنۡ عَلِيٍّ، قَالَ: سَأَلَهُ رَجُلٌ فَقَالَ: أَيُّ شَهۡرٍ تَأۡمُرُنِي أَنۡ أَصُومَ بَعۡدَ شَهۡرِ رَمَضَانَ؟ قَالَ لَهُ: مَا سَمِعۡتُ أَحَدًا يَسۡأَلُ عَنۡ هَٰذَا إِلَّا رَجُلًا سَمِعۡتُهُ يَسۡأَلُ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَأَنَا قَاعِدٌ عِنۡدَهُ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ أَيُّ شَهۡرٍ تَأۡمُرُنِي أَنۡ أَصُومَ بَعۡدَ شَهۡرِ رَمَضَانَ؟ قَالَ: (إِنۡ كُنۡتَ صَائِمًا بَعۡدَ شَهۡرِ رَمَضَانَ، فَصُمِ الۡمُحَرَّمَ، فَإِنَّهُ شَهۡرُ اللهِ، فِيهِ يَوۡمٌ تَابَ فِيهِ عَلَى قَوۡمٍ، وَيَتُوبُ فِيهِ عَلَى قَوۡمٍ آخَرِينَ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. [(التعليق الرغيب)(٢/٧٧)]. 

741. [Daif] ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Ali bin Mushir mengabarkan kepada kami dari ‘Abdurrahman bin Ishaq, dari An-Nu’man bin Sa’d, dari ‘Ali. 

Beliau berkata: Ada seorang pria yang bertanya kepadanya, dia berkata, “Bulan mana yang engkau perintahkan aku agar aku berpuasa di bulan itu setelah bulan Ramadan?” 

‘Ali berkata kepadanya: Aku tidak mendengar seorang pun yang bertanya tentang ini kecuali seorang pria. Aku mendengarnya bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan aku duduk di dekat beliau. 

Dia bertanya, “Wahai Rasulullah, bulan mana yang engkau perintahkan aku agar aku berpuasa setelah bulan Ramadan?” 

Rasulullah bersabda, “Jika engkau berpuasa di selain bulan Ramadan, maka berpuasalah di bulan Muharam karena itu adalah bulan Allah. Di bulan itu ada suatu hari yang Allah telah menerima tobat pada suatu kaum dan di bulan itu Allah akan menerima tobat suatu kaum yang lain.” 

Ini adalah hadis hasan garib.