Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 753

٤٩ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الرُّخۡصَةِ فِي تَرۡكِ صَوۡمِ يَوۡمِ عَاشُورَاءَ 
49. Bab riwayat tentang rukhsah tidak melakukan puasa hari Asyura 


٧٥٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَارُونُ بۡنُ إِسۡحَاقَ الۡهَمۡدَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدَةُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: كَانَ عَاشُورَاءُ يَوۡمًا تَصُومُهُ قُرَيۡشٌ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَصُومُهُ فَلَمَّا قَدِمَ الۡمَدِينَةَ صَامَهُ وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا افۡتُرِضَ رَمَضَانُ كَانَ رَمَضَانُ هُوَ الۡفَرِيضَةَ، وَتَرَكَ عَاشُورَاءَ، فَمَنۡ شَاءَ صَامَهُ وَمَنۡ شَاءَ تَرَكَهُ. وَفِي الۡبَابِ عَنِ ابۡنِ مَسۡعُودٍ، وَقَيۡسِ بۡنِ سَعۡدٍ، وَجَابِرِ بۡنِ سَمُرَةَ، وَابۡنِ عُمَرَ، وَمُعَاوِيَةَ. وَالۡعَمَلُ عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ عَلَى حَدِيثِ عَائِشَةَ، وَهُوَ حَدِيثٌ صَحِيحٌ؛ لَا يَرَوۡنَ صِيَامَ يَوۡمِ عَاشُورَاءَ وَاجِبًا، إِلَّا مَنۡ رَغِبَ فِي صِيَامِهِ، لِمَا ذُكِرَ فِيهِ مِنَ الۡفَضۡلِ. [(صحيح أبي داود)(٢١١٠): ق]. 

753. [Sahih] Harun bin Ishaq Al-Hamadani telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdah bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Dahulu, Asyura adalah suatu hari yang orang-orang Quraisy biasa berpuasa di saat itu dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu juga berpuasa di hari itu. Ketika beliau tiba di Madinah, beliau masih berpuasa di hari itu dan memerintahkan orang-orang agar puasa di hari itu. Ketika puasa Ramadan diwajibkan, maka puasa Ramadan itulah yang fardu dan beliau tidak melakukan puasa Asyura. Jadi siapa saja yang mau, dia boleh berpuasa hari Asyura, dan siapa saja yang mau, dia boleh tidak berpuasa hari Asyura. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Ibnu Mas’ud, Qais bin Sa’d, Jabir bin Samurah, Ibnu ‘Umar, dan Mu’awiyah. Para ulama mengamalkan sesuai hadis ‘Aisyah dan itu adalah hadis yang sahih. Mereka tidak berpendapat bahwa puasa hari Asyura adalah wajib, kecuali bagi siapa saja yang senang berpuasa hari itu karena di hari itu terdapat keutamaan yang telah disebutkan.