Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 758

٧٥٨ – (ضعيف) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ نَافِعٍ الۡبَصۡرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مَسۡعُودُ بۡنُ وَاصِلٍ، عَنۡ نَهَّاسِ بۡنِ قَهۡمٍ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيِّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَ: (مَا مِنۡ أَيَّامٍ أَحَبُّ إِلَى اللهِ أَنۡ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيهَا، مِنۡ عَشۡرِ ذِي الۡحِجَّةِ، يَعۡدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوۡمٍ مِنۡهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ، وَقِيَامُ كُلِّ لَيۡلَةٍ مِنۡهَا بِقِيَامِ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ). هَٰذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعۡرِفُهُ إِلَّا مِنۡ حَدِيثِ مَسۡعُودِ بۡنِ وَاصِلٍ، عَنِ النَّهَّاسِ. وَسَأَلۡتُ مُحَمَّدًا عَنۡ هَٰذَا الۡحَدِيثِ فَلَمۡ يَعۡرِفۡهُ مِنۡ غَيۡرِ هَٰذَا الۡوَجۡهِ، مِثۡلَ هَٰذَا، وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيِّبِ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ مُرۡسَلًا، شَيۡءٌ مِنۡ هَٰذَا. وَقَدۡ تَكَلَّمَ يَحۡيَى بۡنُ سَعِيدٍ فِي نَهَّاسِ بۡنِ قَهۡمٍ مِنۡ قِبَلِ حِفۡظِهِ. [(ابن ماجه)(١٧٢٨)]. 

758. [Daif] Abu Bakr bin Nafi’ Al-Bashri telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Mas’ud bin Washil menceritakan kepada kami dari Nahhas bin Qahm, dari Qatadah, dari Sa’id bin Al-Musayyib, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Tidak ada satu hari pun yang lebih Allah cintai untuk Dia diibadahi ketika itu daripada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Siam setiap satu hari darinya sebanding dengan siam satu tahun dan salat di setiap malam darinya sebanding dengan salat malam ketika lailatulkadar.” 

Ini adalah hadis garib. Kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadis Mas’ud bin Washil dari An-Nahhas. Aku bertanya kepada Muhammad tentang hadis ini, namun beliau tidak mengetahuinya dari jalur ini semisal hadis ini. Diriwayatkan dari Qatadah, dari Sa’id bin Al-Musayyib, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam secara mursal sebagian hadis ini. Yahya bin Sa’id telah memperbincangkan tentang Nahhas bin Qahm dari sisi hafalannya.