Cari Blog Ini

Kekhususan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam

Al-Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi rahimahullah di dalam kitab Lum'atul I'tiqad berkata:

٢١ – وَمُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ ﷺ خَاتَمُ النَّبِيِّينَ وَسَيِّدُ الۡمُرۡسَلِينَ، لَا يَصِحُّ إِيمَانُ عَبۡدٍ حَتَّى يُؤۡمِنَ بِرِسَالَتِهِ، وَيَشۡهَدَ بِنُبُوَّتِهِ، وَلَا يُقۡضَى بَيۡنَ النَّاسِ فِي يَوۡمِ الۡقِيَامَةِ إِلَّا بِشَفَاعَتِهِ، وَلَا يَدۡخُلُ الۡجَنَّةَ أُمَّةٌ إِلَّا بَعۡدَ دُخُولِ أُمَّتِهِ. 

21. Dan Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah penutup para nabi dan pemuka para rasul. Tidak sah iman seorang hamba hingga dia beriman dengan kerasulan beliau, bersaksi dengan kenabian beliau, tidak diputuskan perkara antara manusia pada hari kiamat kecuali dengan syafaat beliau, dan tidak ada satu umat pun yang masuk janah kecuali setelah masuknya umat beliau. 

صَاحِبُ لِوَاءِ الۡحَمۡدِ وَالۡمَقَامِ الۡمَحۡمُودِ وَالۡحَوۡضِ الۡمَوۡرُودِ، وَهُوَ إِمَامُ النَّبِيِّينَ، وَخَطِيبُهُمۡ، وَصَاحِبُ شَفَاعَتِهِمۡ. 

Beliau adalah pemilik liwa/bendera pujian, maqam mahmud (kedudukan yang terpuji), dan haud al-maurud telaga yang paling banyak didatangi. Beliau adalah pemimpin para nabi, juru bicara mereka, dan pemilik syafaat mereka.[1]


Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullah di dalam syarahnya berkata:
[1] فَصۡلٌ فِي حُقُوقِ النَّبِيِّ ﷺ وَأَصۡحَابِهِ 

أَفۡضَلُ الۡخَلۡقِ عِنۡدَ اللهِ الرُّسُلُ ثُمَّ النَّبِيُّونَ ثُمَّ الصِّدِّيقُونَ ثُمَّ الشُّهَدَاءُ ثُمَّ الصَّالِحُونَ. 

وَقَدۡ ذَكَرَ اللهُ هَٰذِهِ الطَّبَقَاتِ فِي كِتَابِهِ فِي قَوۡلِهِ: ﴿وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ فَأُو۟لَـٰٓئِكَ مَعَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمَ ٱللَّهُ عَلَيۡهِم مِّنَ ٱلنَّبِيِّـۧنَ وَٱلصِّدِّيقِينَ وَٱلشُّهَدَآءِ وَٱلصَّـٰلِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُو۟لَـٰٓئِكَ رَفِيقًا﴾ [النساء: ٦٩]. 

Pasal tentang hak-hak Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat beliau. 

Makhluk paling mulia di sisi Allah adalah para rasul, lalu para nabi, lalu orang-orang yang sidik/jujur, lalu para syuhada, lalu orang-orang saleh. 

Allah telah menyebutkan tingkatan ini di dalam kitab-Nya dalam firman-Nya, “Siapa saja yang taat kepada Allah dan Rasul, maka mereka akan bersama dengan orang-orang yang telah Allah beri nikmat kepada mereka, dari kalangan para nabi, orang-orang yang sidik, syuhada, dan orang-orang yang saleh. Merekalah sebaik-baik teman.” (QS. An-Nisa`: 69). 

وَأَفۡضَلُ الرُّسُلِ أُولُوا الۡعَزۡمِ مِنۡهُمۡ وَهُمۡ خَمۡسَةٌ: نُوحٌ وَإِبۡرَاهِيمُ وَمُوسَى وَعِيسَى وَمُحَمَّدٌ عَلَيۡهِمُ الصَّلَوَاتُ مِنَ اللهِ وَالتَّسۡلِيمُ. وَقَدۡ ذَكَرَهُمُ اللهُ فِي مَوۡضِعَيۡنِ مِنۡ كِتَابِهِ فِي الۡأَحۡزَابِ: ﴿وَإِذۡ أَخَذۡنَا مِنَ ٱلنَّبِيِّـۧنَ مِيثَـٰقَهُمۡ وَمِنكَ وَمِن نُّوحٍ وَإِبۡرَ‌ٰهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَى ٱبۡنِ مَرۡيَمَ﴾ [الأحزاب: ٧]، وَفِي الشُّورَى: ﴿شَرَعَ لَكُم مِّنَ ٱلدِّينِ مَا وَصَّىٰ بِهِۦ نُوحًا وَٱلَّذِىٓ أَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡكَ وَمَا وَصَّيۡنَا بِهِۦٓ إِبۡرَ‌ٰهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَىٰٓ﴾ [الشورى: ١٣]. 

Rasul yang paling mulia di antara mereka adalah ulul ‘azmi. Mereka adalah lima orang: Nuh, Ibrahim, Musa, ‘Isa, dan Muhammad ‘alaihimush shalawatu minallah wat-taslim

Allah telah menyebutkan mereka pada dua tempat di kitab-Nya. Di dalam surah Al-Ahzab, “Dan ingatlah ketika kami mengambil perjanjian dari para nabi. Juga dari engkau, Nuh, Ibrahim, Musa, dan ‘Isa bin Maryam.” (QS. Al-Ahzab: 7). 

Dan dalam surah Asy-Syura, “Dia telah mensyariatkan bagi kalian tentang agama yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh, yang telah Kami wahyukan kepadamu, dan yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa, dan ‘Isa.” (QS. Asy-Syura: 13). 

وَأَفۡضَلُهُمۡ مُحَمَّدٌ ﷺ لِقَوۡلِهِ ﷺ: (أَنَا سَيِّدُ النَّاسِ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ) مُتَّفَقٌ عَلَيۡهِ. وَصَلَاتُهُمۡ خَلۡفَهُ لَيۡلَةَ الۡمِعۡرَاجِ وَغَيۡرُ ذٰلِكَ مِنَ الۡأَدِلَّةِ. 

ثُمَّ إِبۡرَاهِيمُ لِأَنَّهُ أَبُو الۡأَنۡبِيَاءِ وَمِلَّتُهُ أَصۡلُ الۡمِلَلِ. 

ثُمَّ مُوسَى لِأَنَّهُ أَفۡضَلُ أَنۡبِيَاءِ بَنِي إِسۡرَائِيلَ وَشَرِيعَتُهُ أَصۡلُ شَرَائِعِهِمۡ. 

ثُمُّ نُوحٌ، وَعِيسَى، لَا يُجۡزَمُ بِالۡمُفَاضَلَةِ بَيۡنَهُمَا لِأَنَّ لِكُلٍّ مِنۡهُمَا مَزِيَّةٌ. 

Yang paling mulia di antara mereka adalah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berdasarkan sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Aku adalah pemuka para manusia pada hari kiamat.” (Muttafaqun ‘alaih, HR. Al-Bukhari dan Muslim). Juga berdasar ikut salatnya mereka di belakang beliau pada malam mikraj. Juga dalil selain itu. 

Kemudian Ibrahim karena beliau adalah bapaknya para nabi dan ajarannya adalah sumber semua agama. 

Kemudian Musa karena beliau adalah nabi Bani Israil yang paling mulia dan syariat beliau adalah sumber syariat mereka. 

Kemudian Nuh dan ‘Isa. Tidak dipastikan lebih unggul mana dari mereka berdua karena masing-masing memiliki keistimewaan. 

خَصَائِصُ النَّبِيِّ ﷺ: 

اخۡتُصَّ النَّبِيُّ ﷺ بِخَصَائِصَ نَتَكَلَّمُ عَلَى مَا ذَكَرَ الۡمُؤَلِّفُ مِنۡهَا: 

١ – خَاتَمُ النَّبِيِّينَ لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَآ أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمۡ وَلَـٰكِن رَّسُولَ ٱللَّهِ وَخَاتَمَ ٱلنَّبِيِّـۧنَ﴾ [الأحزاب: ٤٠]. 

٢ – سَيِّدُ الۡمُرۡسَلِينَ وَسَبَقَ دَلِيلُهُ. 

٣ – لَا يَتِمُّ إِيمَانُ عَبۡدٍ حَتَّى يُؤۡمِنَ بِرِسَالَتِهِ، لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤۡمِنُونَ حَتَّىٰ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيۡنَهُمۡ﴾ الآية [النساء: ٦٥]، وَغَيۡرُهُ مِنَ الۡأَنۡبِيَاءِ يُبۡعَثُونَ إِلَى أَقۡوَامٍ مُعَيَّنِينَ كُلٌّ إِلَى قَوۡمِهِ. 

٤ – لَا يُقۡضَى بَيۡنَ النَّاسِ إِلَّا بِشَفَاعَتِهِ وَسَبَقَ دَلِيلُ ذٰلِكَ فِي الشَّفَاعَةِ. 

٥ – سَبۡقُ أُمَّتِهِ الۡأُمَمَ فِي دُخُولِ الۡجَنَّةِ لِعُمُومِ قَوۡلِهِ ﷺ: (نَحۡنُ الۡآخِرُونَ السَّابِقُونَ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ). وَسَبَقَ. 

٦ – صَاحِبُ لِوَاءِ الۡحَمۡدِ يَحۡمِلُهُ ﷺ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ وَيَكُونُ الۡحَامِدُونَ تَحۡتَهُ لِحَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ وَلَا فَخۡرَ، وَبِيَدِي لِوَاءُ الۡحَمۡدِ وَلَا فَخۡرَ، وَمَا مِنۡ نَبِيٍّ يَوۡمَئِذٍ آدَمُ فَمَنۡ سِوَاهُ إِلَّا تَحۡتَ لِوَائِي، وَأَنَا أَوَّلُ مَنۡ تَنۡشَقُّ عَنۡهُ الۡأَرۡضُ وَلَا فَخۡرَ) رَوَاهُ التِّرۡمِذِيُّ وَقَدۡ رَوَى الۡأُولَى وَالۡأَخِيرَةَ مُسۡلِمٌ. 

٧ – صَاحِبُ الۡمَقَامِ الۡمَحۡمُودِ أَيۡ الۡعَمَلُ الَّذِي يَحۡمَدُهُ عَلَيۡهِ الۡخَالِقُ وَالۡمَخۡلُوقُ لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿عَسَىٰٓ أَن يَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُودًا﴾ [الإسراء: ٧٩] وَهَٰذَا الۡمَقَامُ هُوَ مَا يَحۡصُلُ مِنۡ مَنَاقِبِهِ ﷺ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ مِنَ الشَّفَاعَةِ وَغَيۡرِهَا. 

٨ – صَاحِبُ الۡحَوۡضِ الۡمَوۡرُودِ، وَالۡمُرَادُ: الۡحَوۡضُ الۡكَبِيرُ الۡكَثِيرُ وَارِدُوهُ أَمَّا مُجَرَّدُ الۡحِيَاضِ فَقَدَ مَرَّ أَنَّ لِكُلِّ نَبِيٍّ حَوۡضًا. 

٩ – ١١ – إِمَامُ النَّبِيِّينَ، وَخَطِيبُهُمۡ، وَصَاحِبُ شَفَاعَتِهِمۡ؛ لِحَدِيثِ أُبَيِّ بۡنِ كَعۡبٍ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (إِذَا كَانَ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ كُنۡتُ إِمَامَ النَّبِيِّينَ وَخَطِيبَهُمۡ وَصَاحِبَ شَفَاعَتِهِمۡ غَيۡرَ فَخۡرٍ). رَوَاهُ التِّرۡمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ. 

١٢ – أُمَّتُهُ خَيۡرُ الۡأُمَمِ لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿كُنتُمۡ خَيۡرَ أُمَّةٍ أُخۡرِجَتۡ لِلنَّاسِ﴾ [آل عمران: ١١٠]. فَأَمَّا قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿يَـٰبَنِىٓ إِسۡرَ‌ٰٓءِيلَ ٱذۡكُرُوا۟ نِعۡمَتِىَ ٱلَّتِىٓ أَنۡعَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ وَأَنِّى فَضَّلۡتُكُمۡ عَلَى ٱلۡعَـٰلَمِينَ﴾ [البقرة: ٤٧] فَالۡمُرَادُ: عَلَى زَمَانِهِمۡ. 

Kekhususan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi kekhususan. Kita akan membicarakannya sesuai yang disebutkan mualif. 

1. Penutup para nabi. Berdasarkan firman Allah taala, "Bukanlah Muhammad bapak salah seorang dari lelaki kalian. Akan tetapi beliau adalah Rasulullah dan penutup para nabi." (QS. Al-Ahzab: 40). 

2. Pemuka para rasul dan dalilnya telah disebutkan. 

3. Tidak sempurna keimanan seorang hamba hingga dia beriman dengan kerasulannya berdasarkan firman Allah taala, "Demi Rabb-mu, mereka tidak beriman hingga menjadikan engkau sebagai hakim dalam perkara di antara mereka." (QS. An-Nisa`: 65). Dan para nabi selain beliau diutus kepada kaum tertentu. Masing-masing kepada kaumnya. 

4. Tidak diputuskan perkara di antara manusia pada hari kiamat kecuali dengan syafaat beliau. Dalilnya telah disebutkan di bab syafaat. 

5. Umat beliau paling dahulu masuk janah berdasarkan keumuman sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kami adalah orang-orang yang akhir namun paling dahulu pada hari kiamat.” Hadis ini sudah lewat. 

6. Pemilik bendera pujian yang akan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pikul pada hari kiamat dan orang-orang yang memuji akan berada di bawahnya. Hal ini berdasarkan hadis Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku adalah penghulu anak Adam pada hari kiamat dan ini bukan untuk bangga diri. Di tanganku bendera pujian dan ini bukan untuk bangga diri. Tidak ada seorang nabi pun pada hari itu, baik Adam atau selain beliau, kecuali berada di bawah benderaku. Dan aku adalah orang pertama yang tanah kuburnya terbelah dan ini bukan untuk bangga diri.” HR. At-Tirmidzi. Bagian awal dan akhir juga diriwayatkan oleh Muslim

7. Pemilik al-maqam al-mahmud (kedudukan yang terpuji) yaitu tugas yang dipuji oleh Pencipta dan para makhluk. Berdasarkan firman Allah taala, “Semoga Allah akan menempatkanmu kepada kedudukan yang terpuji.” (QS. Al-Isra`: 79). Kedudukan ini adalah syafaat dan selain itu yang akan ada nanti pada hari kiamat karena keutamaan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam

8. Pemilik haud al-maurud. Yaitu: haud besar yang amat banyak yang mendatanginya. Adapun kalau hanya haud, maka telah disebutkan bahwa setiap nabi memiliki sebuah haud. 

9-11. Pemimpin, juru bicara para nabi, dan pemilik syafaat mereka. Berdasarkan hadis Ubayy bin Ka'b bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila nanti hari kiamat, maka akulah pemimpin para nabi, juru bicara mereka, dan pemilik syafaat mereka tanpa bermaksud bangga diri.” HR. At-Tirmidzi dan beliau menilainya hasan. 

12. Umat beliau adalah umat terbaik berdasarkan firman Allah taala, “Kalian adalah sebaik-baik umat yang diutus kepada manusia.” (QS. Ali ‘Imran: 110). 

Adapun firman Allah taala, “Wahai Bani Israil, ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku berikan kepada kalian dan bahwa Aku telah mengutamakan kalian di atas sekalian alam.” (QS. Al-Baqarah: 47). Maksudnya adalah pada zaman mereka.