Cari Blog Ini

Sepuluh Sahabat yang Mendapat Kabar Gembira Janah

Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi rahimahullah (wafat 260 H) di dalam kitab Lum'atul I'tiqad berkata:

٢٣ – وَنَشۡهَدُ لِلۡعَشَرَةِ بِالۡجَنَّةِ، كَمَا شَهِدَ لَهُمُ النَّبِيُّ ﷺ فَقَالَ: (أَبُو بَكۡرٍ فِي الۡجَنَّةِ، وَعُمَرُ فِي الۡجَنَّةِ، وَعُثۡمَانُ فِي الۡجَنَّةِ، وَعَلِيٌّ فِي الۡجَنَّةِ، وَطَلۡحَةُ فِي الۡجَنَّةِ، وَالزُّبَيۡرُ فِي الۡجَنَّةِ، وَسَعۡدٌ فِي الۡجَنَّةِ، وَسَعِيدٌ فِي الۡجَنَّةِ، وَعَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ عَوۡفٍ فِي الۡجَنَّةِ، وَأَبُو عُبَيۡدَةَ بۡنُ الۡجَرَّاحِ فِي الۡجَنَّةِ).
23. Kita bersaksi untuk sepuluh sahabat dengan janah, sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersaksi untuk mereka. Nabi bersabda, “Abu Bakr di janah, ‘Umar di janah, ‘Utsman di janah, ‘Ali di janah, Thalhah di janah, Az-Zubair di janah, Sa’d di janah, Sa’id di janah, ‘Abdurrahman bin ‘Auf di janah, dan Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah di janah.” (HR. At-Tirmidzi nomor 3747 dan Ibnu Majah nomor 133).[1]


[1] الشَّهَادَةُ بِالۡجَنَّةِ أَوۡ بِالنَّارِ: 

الشَّهَادَةُ بِالۡجَنَّةِ أَوۡ بِالنَّارِ لَيۡسَ لِلۡعَقۡلِ فِيهَا مَدۡخَلٌ فَهِيَ مَوۡقُوفَةٌ عَلَى الشَّرۡعِ، فَمَنۡ شَهِدَ لَهُ الشَّارِعُ بِذٰلِكَ شَهِدۡنَا لَهُ، وَمَنۡ لَا فَلَا، لَٰكِنَّنَا نَرۡجُو لِلۡمُحۡسِنِ وَنَخَافُ عَلَى الۡمُسِيءِ. 

Persaksian dengan janah atau neraka: 

Persaksian dengan janah atau neraka tidak ada campur tangan akal sedikitpun dalam masalah ini. Hal itu merupakan perkara yang sudah baku sesuai syariat. Sehingga, siapa saja yang Allah persaksikan dengan itu, maka kita juga menyaksikannya. Dan siapa saja yang tidak Allah persaksikan, maka kita juga tidak menyaksikannya. Akan tetapi kita menaruh harapan bagi orang yang berbuat ihsan dan kita mengkhawatirkan orang yang berbuat kejelekan. 

وَتَنۡقَسِمُ الشَّهَادَةُ بِالۡجَنَّةِ أَوۡ بِالنَّارِ إِلَى قِسۡمَيۡنِ: عَامَّةً وَخَاصَّةً. 

فَالۡعَامَّةُ: هِيَ الۡمُعَلَّقَةُ بِالۡوَصۡفِ، مِثۡلُ أَنۡ نَشۡهَدَ لِكُلِّ مُؤۡمِنٍ بِأَنَّهُ فِي الۡجَنَّةِ أَوۡ لِكُلِّ كَافِرٍ بِأَنَّهُ فِي النَّارِ أَوۡ نَحۡو ذٰلِكَ مِنَ الۡأَوۡصَافِ الَّتِي جَعَلَهَا الشَّارِعُ سَبَبًا لِدُخُولِ الۡجَنَّةِ أَوِ النَّارِ. 

وَالۡخَاصَّةُ: هِيَ الۡمُعَلَّقَةُ بِشَخۡصٍ مِثۡلُ أَنۡ نَشۡهَدَ لِشَخۡصٍ مُعَيَّنٍ بِأَنَّهُ فِي الۡجَنَّةِ أَوۡ لِشَخۡصٍ مُعَيَّنٍ بِأَّنَّهُ فِي النَّارِ فَلَا نُعَيِّنُ إِلَّا مَا عَيَّنَهُ اللهُ أَوۡ رَسُولُهُ. 

Persaksian dengan janah atau neraka terbagi menjadi dua bagian: umum dan khusus. 

Umum maksudnya dikaitkan dengan sifat. Contoh, kita bersaksi bahwa setiap mukmin nanti bertempat di janah, atau setiap orang kafir nanti berada di neraka, atau sifat-sifat semisal itu yang Allah jadikan sebagai sebab masuk janah atau neraka. 

Adapun yang khusus adalah dikaitkan dengan pribadi seseorang. Contoh, kita bersaksi atas seseorang tertentu bahwa dia di janah atau satu orang tertentu bahwa dia di neraka. Maka, kita tidak boleh menentukan seseorang kecuali yang telah ditegaskan secara perseorangan oleh Allah atau Rasul-Nya. 

الۡمُعَيَّنُونَ مِنۡ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ: 

الۡمُعَيَّنُونَ مِنۡ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ كَثِيرُونَ، وَمِنۡهُمۡ: الۡعَشَرَةُ الۡمُبَشَّرُونَ بِالۡجَنَّةِ وَخُصُّوا بِهَٰذَا الۡوَصۡفِ؛ لِأَنَّ النَّبِيَّ ﷺ جَمَعَهُمۡ فِي حَدِيثٍ وَاحِدٍ فَقَالَ: (أَبُو بَكۡرٍ فِي الۡجَنَّةِ، وَعُمَرُ فِي الۡجَنَّةِ، وَعُثۡمَانُ فِي الۡجَنَّةِ، وَعَلِيٌّ فِي الۡجَنَّةِ، وَطَلۡحَةُ فِي الۡجَنَّةِ، وَالزُّبَيۡرُ فِي الۡجَنَّةِ، وَعَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ عَوۡفٍ فِي الۡجَنَّةِ، وَسَعۡدُ بۡنُ أَبِي وَقَّاصٍ فِي الۡجَنَّةِ، وَسَعِيدُ بۡنُ زَيۡدٍ فِي الۡجَنَّةِ، وَأَبُو عُبَيۡدَةَ بۡنُ الۡجَرَّاحِ فِي الۡجَنَّةِ). رَوَاهُ التِّرۡمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ الۡأَلۡبَانِيُّ. 

Orang-orang yang telah ditegaskan termasuk ahli janah: 

Orang-orang yang telah ditakyin termasuk ahli janah ada banyak. Di antara mereka adalah sepuluh orang yang diberi kabar gembira dengan janah dan dispesialkan dengan sifat ini, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumpulkan mereka di dalam satu hadis. Beliau bersabda, “Abu Bakr di janah, ‘Umar di janah, ‘Utsman di janah, ‘Ali di janah, Thalhah di janah, Az-Zubair di janah, ‘Abdurrahman bin ‘Auf di janah, Sa’d bin Abu Waqqash di janah, Sa’id bin Zaid di janah, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah di janah.” (HR. At-Tirmidzi dan dinilai sahih oleh Al-Albani). 

وَقَدۡ سَبَقَ الۡكَلَامُ عَلَى الۡخُلَفَاءِ الۡأَرۡبَعَةِ، وَأَمَّا الۡبَاقُونَ فَجُمِعُوا فِي هَٰذَا الۡبَيۡتِ: 

سَعِيدٌ وَسَعۡدٌ وَابۡنُ عَوۡفٍ وَطَلۡحَةُ وَعَامِرُ فِهۡرٍ وَالزُّبَيۡرِ الۡمُمَدَّحُ 

Pembicaraan tentang para empat khalifah telah berlalu. Adapun enam orang sisanya terkumpul di bait ini: Sa’id, Sa’d, Ibnu ‘Auf, Thalhah, ‘Amir Fihr (Abu ‘Ubaidah), dan Az-Zubair yang memiliki sifat-sifat terpuji. 

فَطَلۡحَةُ: هُوَ ابۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ مِنۡ بَنِي تَيۡمِ بۡنِ مُرَّةَ أَحَدُ الثَّمَانِيَةِ السَّابِقِينَ إِلَى الۡإِسۡلَامِ، قُتِلَ يَوۡمَ الۡجَمَلِ فِي جُمَادَى الۡآخِرَةِ سَنَةَ ٣٦ هـ عَنۡ ٦٤ سَنَةٍ. 

Thalhah adalah putra ‘Ubaidullah dari bani Taim bin Murrah. Satu dari delapan orang yang paling awal masuk Islam. Terbunuh pada hari perang Jamal di bulan Jumadilakhir tahun 36 H dalam usia 64 tahun. 

وَالزُّبَيۡرُ: هُوَ ابۡنُ الۡعَوَّامِ مِنۡ بَنِي قُصَيِ بۡنِ كِلَابٍ، ابۡنُ عَمَّةِ رَسُولِ اللهِ ﷺ، انۡصَرَفَ يَوۡمَ الۡجَمَلِ عَنۡ قِتَالِ عَلِيٍّ فَلَقِيَهُ ابۡنُ جُرۡمُوزٍ فَقَتَلَهُ فِي جُمَادَى الۡأُولَى سَنَةَ ٣٦ عَنۡ ٦٧ سَنَةٍ. 

Az-Zubair adalah putra Al-‘Awwam dari bani Qushai bin Kilab. Putra bibi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau urung terlibat dalam usaha memerangi ‘Ali pada hari perang Jamal. Namun Ibnu Hurmuz menjumpainya lalu membunuh beliau di bulan Jumadilawal tahun 36 H dalam usia 67 tahun. 

وَعَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ عَوۡفٍ مِنۡ بَنِي زُهۡرَةَ بۡنِ كِلَابٍ تُوُفِّيَ سَنَةَ ٣٢هـ عَنۡ ٧٢ سَنَةٍ وَدُفِنَ بِالۡبَقِيعِ. 

‘Abdurrahman bin ‘Auf dari bani Zuhrah bin Kilab. Wafat tahun 32 H dalam usia 72 tahun dan dikuburkan di Baqi’. 

وَسَعۡدُ بۡنُ أَبِي وَقَّاصٍ: هُوَ ابۡنُ مَالِكٍ مِنۡ بَنِي عَبۡدِ مَنَافِ بۡنِ زُهۡرَةَ، أَوَّلُ مَنۡ رَمَى بِسَهۡمٍ فِي سَبِيلِ اللهِ مَاتَ فِي قَصۡرِهِ بِالۡعَقِيقِ عَلَى عَشَرَةَ أَمۡيَالٍ مِنَ الۡمَدِينَةِ، وَدُفِنَ بِالۡبَقِيعِ سَنَةَ ٥٥هـ عَنۡ ٨٢ سَنَةٍ. 

Sa’d bin Abu Waqqash adalah putra Malik dari bani ‘Abdu Manaf bin Zuhrah. Orang pertama yang melempar anak panah di jalan Allah. Beliau meninggal di rumahnya di ‘Aqiq yang berjarak sepuluh mil dari Madinah dan dikuburkan di Baqi’ pada tahun 55 H dalam usia 82 tahun. 

وَسَعِيدُ بۡنُ زَيۡدٍ: هُوَ ابۡنُ زَيۡدِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ نُفَيۡلٍ الۡعَدَوِيُّ، كَانَ مِنَ السَّابِقِينَ إِلَى الۡإِسۡلَامِ تُوُفِّيَ بِالۡعَقِيقِ وَدُفِنَ بِالۡمَدِينَةِ سَنَةَ ٥١هـ عَنۡ بِضۡعٍ وَسَبۡعِينَ سَنَةٍ. 

Sa’id bin Zaid adalah putra Zaid bin ‘Amr bin Nufail Al-‘Adawi. Beliau termasuk orang-orang yang terdahulu masuk Islam. Wafat di ‘Aqiq dan dikuburkan di Madinah pada tahun 51 H dalam usia tujuh puluh sekian tahun. 

أَبُو عُبَيۡدَةَ: هُوَ عَامِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الۡجَرَّاحِ مِنۡ بَنِي فِهۡرٍ، مِنَ السَّابِقِينَ إِلَى الۡإِسۡلَامِ، تُوُفِّيَ فِي الۡأُرۡدُنِ فِي طَاعُونَ عَمۡوَاسٍ سَنَةَ ١٨ عَنۡ ٥٨ سَنَةٍ. 

Abu ‘Ubaidah adalah ‘Amir bin ‘Abdullah bin Al-Jarrah dari bani Fihr. Termasuk orang-orang yang paling awal masuk Islam. Wafat di Yordania dalam peristiwa wabah taun ‘Amwas tahun 18 H dalam usia 58 tahun.