Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6122

٦١٢٢ - حَدَّثَنَا آدَمُ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ: حَدَّثَنَا مُحَارِبُ بۡنُ دِثَارٍ قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عُمَرَ يَقُولُ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (مَثَلُ الۡمُؤۡمِنِ كَمَثَلِ شَجَرَةٍ خَضۡرَاءَ، لَا يَسۡقُطُ وَرَقُهَا وَلَا يَتَحَاتُّ). فَقَالَ الۡقَوۡمُ: هِيَ شَجَرَةُ كَذَا، هِيَ شَجَرَةُ كَذَا، فَأَرَدۡتُ أَنۡ أَقُولَ: هِيَ النَّخۡلَةُ، وَأَنَا غُلَامٌ شَابٌّ فَاسۡتَحۡيَيۡتُ، فَقَالَ: (هِيَ النَّخۡلَةُ). وَعَنۡ شُعۡبَةَ: حَدَّثَنَا خُبَيۡبُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ حَفۡصِ بۡنِ عَاصِمٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ: مِثۡلَهُ، وَزَادَ: فَحَدَّثۡتُ بِهِ عُمَرَ، فَقَالَ: لَوۡ كُنۡتَ قُلۡتَهَا لَكَانَ أَحَبَّ إِلَىَّ مِنۡ كَذَا وَكَذَا. [طرفه في: ٦١]. 

6122. Adam telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami: Muharib bin Ditsar menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Umar mengatakan: 

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Permisalan seorang mukmin seperti suatu pohon yang hijau, tidak gugur daunnya, dan tidak rontok.” 

Para sahabat berkata, “Itu adalah pohon yang demikian. Itu adalah pohon yang demikian.” 

Aku ingin berkata, “Itu adalah pohon kurma.” Sementara aku masih anak muda, maka aku malu. 

Nabi bersabda, “Itu adalah pohon kurma.” 

Juga dari Syu’bah: Khubaib bin ‘Abdurrahman menceritakan kepada kami dari Hafsh bin ‘Ashim, dari Ibnu ‘Umar semisal hadis tersebut. Beliau menambahkan: Lalu aku menceritakannya kepada ‘Umar, lalu ‘Umar berkata, “Andai engkau tadi mengatakannya, tentu hal itu lebih aku sukai daripada ini dan itu.”