Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 76

١٩ - بَابُ مَتَى يَصِحُّ سَمَاعُ الصَّغِيرِ
19. Bab kapan peristiwa yang dialami anak kecil bisa diterima periwayatannya


٧٦ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ أَبِي أُوَيۡسٍ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُتۡبَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: أَقۡبَلۡتُ رَاكِبًا عَلَى حِمَارٍ أَتَانٍ، وَأَنَا يَوۡمَئِذٍ قَدۡ نَاهَزۡتُ الۡاِحۡتِلَامَ، وَرَسُولُ اللهِ ﷺ يُصَلِّي بِمِنًى إِلَى غَيۡرِ جِدَارٍ، فَمَرَرۡتُ بَيۡنَ يَدَىۡ بَعۡضِ الصَّفِّ، وَأَرۡسَلۡتُ الۡأَتَانَ تَرۡتَعُ، فَدَخَلۡتُ فِي الصَّفِّ، فَلَمۡ يُنۡكَرۡ ذٰلِكَ عَلَىَّ. 

[الحديث ٧٦ – أطرافه في: ٤٩٣، ٨٦١، ١٨٥٧، ٤٤١٢]. 

76. Isma’il bin Abu Uwais telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Malik menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab, dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Utbah, dari ‘Abdullah bin ‘Abbas. Beliau mengatakan: Aku datang dengan menunggangi seekor unta betina. Pada hari itu, umurku mendekati masa ihtilam. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sedang salat di Mina dengan tidak menghadap ke tembok. Aku melewati di hadapan sebagian saf dan aku melepaskan unta betina tadi mencari makan sendiri. Lalu aku masuk ke dalam saf. Aku tidak diingkari atas perbuatan itu.