Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 531

٨ - بَابُ الۡمُصَلِّي يُنَاجِي رَبَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
8. Bab orang yang salat bermunajat kepada Allah ‘azza wa jalla


٥٣١ - حَدَّثَنَا مُسۡلِمُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (إِنَّ أَحَدَكُمۡ إِذَا صَلَّى يُنَاجِي رَبَّهُ، فَلَا يَتۡفِلَنَّ عَنۡ يَمِينِهِ، وَلَكِنۡ تَحۡتَ قَدَمِهِ الۡيُسۡرَى). وَقَالَ سَعِيدٌ، عَنۡ قَتَادَةَ: (لَا يَتۡفِلُ قُدَّامَهُ أَوۡ بَيۡنَ يَدَيۡهِ، وَلَكِنۡ عَنۡ يَسَارِهِ أَوۡ تَحۡتَ قَدَمَيۡهِ). وَقَالَ شُعۡبَةُ: (لَا يَبۡزُقُ بَيۡنَ يَدَيۡهِ وَلَا عَنۡ يَمِينِهِ، وَلَكِنۡ عَنۡ يَسَارِهِ أَوۡ تَحۡتَ قَدَمِهِ). وَقَالَ حُمَيۡدٌ، عَنۡ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: (لَا يَبۡزُقۡ فِي الۡقِبۡلَةِ وَلَا عَنۡ يَمِينِهِ، وَلَكِنۡ عَنۡ يَسَارِهِ أَوۡ تَحۡتَ قَدَمِهِ). [طرفه في: ٢٤١]. 

531. Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hisyam menceritakan kepada kami dari Qatadah, dari Anas. Beliau mengatakan: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Apabila salah seorang kalian salat, maka sesungguhnya dia sedang bermunajat dengan Tuhannya. Maka, jangan sampai dia meludah ke samping kanannya, tetapi (silakan meludah) ke bawah kaki kirinya.” 

Sa’id berkata, dari Qatadah, “Jangan dia meludah ke depan atau ke hadapannya, akan tetapi (silakan meludah) ke samping kiri atau ke bawah kedua kakinya.” 

Syu’bah berkata, “Jangan meludah ke hadapan atau ke samping kanan, akan tetapi (silakan meludah) ke samping kiri atau ke bawah kakinya.” 

Humaid berkata, dari Anas, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “Jangan meludah ke arah kiblat atau ke samping kanannya, akan tetapi (silakan meludah) ke samping kiri atau ke bawah kakinya.”