Cari Blog Ini

Syarh Al-Ajurrumiyyah - Hukum-hukum Fiil

أَحۡكَامُ الۡفِعۡلِ:
Hukum-hukum Fiil


قَوۡلُهُ: (فَالۡمَاضِي مَفۡتُوحُ الۡآخِرِ أَبَدًا. وَالۡأَمۡرُ: مَجۡزُومٌ أَبَدًا، وَالۡمُضَارِعُ مَا كَانَ فِي أَوَّلِهِ إِحۡدَى الزَّوَائِدِ الۡأَرۡبَعِ الَّتِي تَجۡمَعُهَا قَوۡلُكَ: (أَنَيۡتُ) وَهُوَ مَرۡفُوعٌ أَبَدًا، حَتَّى يَدۡخُلَ عَلَيۡهِ نَاصِبٌ أَوۡ جَازِمٌ). 

Ucapan mualif, “Fiil madhi, huruf akhirnya selamanya berharakat fatah. Fiil amr selamanya di-jazm. Fiil mudhari’ adalah kata yang huruf pertamanya adalah salah satu dari empat huruf tambahan yang terkumpul pada ucapanmu, “أَنَيۡتُ”. Fiil mudhari’ ini selamanya di-raf’ hingga dimasuki oleh kata yang me-nashb atau yang men-jazm.”

قَوۡلُ الۡمُؤَلِّفِ –رَحِمَهُ اللهُ-: (فَالۡمَاضِي مَفۡتُوحُ الۡآخِرِ أَبَدًا) فَلَا يُمۡكِنُ أَنۡ يَقَعَ إِلَّا مَفۡتُوحًا؛ وَلِهَٰذَا نُسَمِّيهِ مَبۡنِيًّا، فَالۡمَاضِي دَائِمًا مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ، سُمِّيَ مَبۡنِيًّا لِأَنَّهُ لَا يَتَغَيَّرُ، كَمَا لَوۡ بَنَيۡتَ عَلَى الۡأَرۡضِ بِنَاءً ثَبَتَ، فَالۡمَاضِي إِذَنۡ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ دَائِمًا. 

Ucapan mualif—rahimahullah—, “Fiil madhi, huruf akhirnya selamanya berharakat fatah. Jadi fiil madhi hanya ada dalam keadaan huruf akhirnya difatah. Karena ini kita menamakan keadaan ini sebagai mabni (tetap/tidak berubah). Jadi fiil madhi selalu mabni di atas harakat fatah. Dinamakan mabni karena keadaannya tidak berubah. Sebagaimana andai engkau membangun bangunan di atas tanah, maka bangunan itu akan kokoh. Jadi fiil madhi selalu mabni di atas harakat fatah. 

وَظَاهِرُ كَلَامِ الۡمُؤَلِّفِ أَنَّهُ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ مُطۡلَقًا، وَإِنِ اتَّصَلَ بِهِ وَاوُ الۡجَمَاعَةِ، أَوۡ ضَمِيرُ الۡفَاعِلِ، تَقُولُ: (ضَرَبُوا)، (ضَرَبۡتُ). 

Makna yang tampak dari ucapan mualif bahwa fiil madhi adalah mabni di atas harakat fatah secara mutlak, walaupun disambung oleh huruf wawu jama’ah atau kata ganti orang pertama/pelaku. Engkau katakan, “ضَرَبُوا (mereka telah memukul), ضَرَبۡتُ (aku telah memukul.” 

فَظَاهِرُ كَلَامِ الۡمُؤَلِّفِ أَنَّ (ضَرَبُوا) مَبۡنِيَّةٌ عَلَى الۡفَتۡحِ، فَتَقُولُ -عَلَى كَلَامِ الۡمُؤَلِّفِ-: (ضَرَبُوا) (ضَرَبَ): فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى فَتۡحٍ مُقَدَّرٍ عَلَى آخِرِهِ مَنَعَ مِنۡ ظُهُورِهِ اشۡتِغَالُ الۡمَحَلِّ بِحَرَكَةِ الۡمُنَاسِبَةِ، إِذَنۡ عَلَى كَلَامِ الۡمُؤَلِّفِ يَكُونُ الۡفَتۡحُ مُقَدَّرًا. (ضَرَبۡتُ). 

Yang tampak dari ucapan mualif bahwa ضَرَبُوا adalah kata yang mabni di atas harakat fatah. Jadi sesuai ucapan mualif, engkau katakan, “ضَرَبُوا” “ضَرَبَ” fiil madhi mabni di atas harakat fatah yang disembunyikan pada huruf akhirnya. Yang menghalangi dari munculnya harakat fatah ini adalah karena tempatnya digunakan oleh harakat yang sesuai. Jadi, menurut ucapan mualif, harakat fatahnya disembunyikan. 

(ضَرَبۡتُ): (ضَرَبَ): فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى فَتۡحٍ مُقَدَّرٍ عَلَى آخِرِهِ، مَنَعَ مِنۡ ظُهُورِهِ الۡمُنَاسَبَةُ، وَلَٰكِنَّ بَعۡضَ الۡعُلَمَاءِ قَالَ: هُوَ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ، وَيُسۡتَثۡنَى مِنۡهُ مَسۡأَلَتَانِ: 

إِذَا اتَّصَلَتۡ بِهِ وَاوُ الۡجَمَاعَةِ بُنِيَ عَلَى الضَّمِّ، وَإِذَا اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكِ بُنِيَ عَلَى السُّكُونِ. 

“ضَرَبۡتُ”: “ضَرَبَ” adalah fiil madhi mabni di atas harakat fatah yang disembunyikan pada huruf akhirnya. Yang menghalangi dari munculnya adalah kesesuaian harakat. 

Akan tetapi sebagian ulama mengatakan bahwa fiil madhi adalah mabni di atas harakat fatah dan dikecualikan darinya dua keadaan. Yaitu ketika disambung oleh huruf wawu jama’ah, maka dia mabni di atas harakat damah. Dan ketika disambung oleh dhamir raf’ (kata ganti pelaku) yang berharakat, maka dia mabni di atas sukun. 

وَهَٰذَا الۡقَوۡلُ أَصَحُّ؛ لِأَنَّ هَٰذَا لَا يَحۡتَاجُ عَلَى تَكَلُّفٍ، وَلَا يَحۡتَاجُ إِلَى تَقۡدِيرٍ، (ضَرَبُوا) هَٰكَذَا نَطَقَ الۡعَرَبُ، لَيۡسَ هُنَاكَ تَقۡدِيرٌ وَلَا شَيۡءٌ أَصۡلًا، وَمَا دَارَ فِي فِكۡرِهِمۡ أَنَّ هُنَاكَ فَتۡحَةً فِي هَٰذَا السِّيَاقِ، فَنَقُولُ فِي إِعۡرَابِ (ضَرَبُوا): (ضَرَبَ): فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى الضَّمِّ لِاتِّصَالِهِ بِوَاوِ الۡجَمَاعَةِ. 

Ini adalah pendapat yang lebih sahih karena ini tidak menyusahkan diri dan tidak butuh penyembunyian. 

“ضَرَبُوا” beginilah yang diucapkan oleh orang Arab. Tidak ada di sana penyembunyian dan memang tidak ada apa-apa pada asalnya. Tidak terbayang dalam pikiran mereka bahwa di sana ada huruf fatah dalam kata ini. Jadi kita katakan ketika mengikrab “ضَرَبُوا”: ضَرَبَ adalah fiil madhi mabni di atas harakat damah karena di bersambung dengan wawu jama’ah. 

وَنَقُولُ فِي (ضَرَبۡتُ) (ضَرَبَ): فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لِاتِّصَالِهِ بِضَمِيرِ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكِ. 

Kita katakan ketika mengikran “ضَرَبۡتُ”: ضَرَبَ adalah fiil madhi mabni di atas sukun karena bersambung dengan dhamir raf’ (kata ganti pelaku) yang berharakat. 

وَالۡخُلَاصَةُ أَنَّ الۡفِعۡلَ الۡمَاضِيَ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ، إِمَّا ظَاهِرًا، وَإِمَّا مُقَدَّرًا عَلَى كَلَامِ الۡمُؤَلِّفِ. 

وَالصَّحِيحُ أَنَّهُ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ مَا لَمۡ يَتَّصِلۡ بِوَاوِ الۡجَمَاعَةِ، فَيُبۡنَى عَلَى الضَّمِّ، أَوۡ بِضَمِيرِ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكِ فَيُبۡنَي عَلَى السُّكُونِ. 

Kesimpulannya fiil madhi adalah mabni di atas harakat fatah, baik tampak, atau disembunyikan, menurut ucapan mualif. Namun, yang sahih bahwa fiil madhi itu mabni di atas harakat fatah selama tidak disambung oleh huruf wawu jama’ah sehingga dia mabni di atas harakat damah atau tidak disambung oleh dhamir raf’ yang berharakat sehingga dia mabni di atas sukun. 

إِذَا كَانَ الۡفِعۡلُ الۡمَاضِي مُعۡتَلًّا بِالۡيَاءِ، يَعۡنِي: آخِرُهُ حَرۡفُ عِلَّةٍ (الۡيَاءُ) فَهَلۡ يُبۡنَى عَلَى الۡفَتۡحِ أَمۡ كَيۡفَ؟ يُبۡنَى عَلَى الۡفَتۡحِ؛ لِأَنَّهُ مَرَّ عَلَيۡنَا أَنَّ الۡفَتۡحَةَ تَظۡهَرُ عَلَى الۡمُعۡتَلِّ بِالۡيَاءِ. 

فَإِذَنۡ نَقُولُ: الۡفِعۡلُ الۡمَاضِي إِذَا كَانَ آخِرُهُ یَاءٌ؛ تَقَعُ عَلَيۡهِ الۡفَتۡحَةُ، وَإِذَا كَانَ آخِرُهُ أَلِفًا؛ فَإِنَّهُ يُبۡنَي عَلَى فَتۡحَةٍ مُقَدَّرَةٍ عَلَى آخِرِهِ مَنَعَ مِنۡ ظُهُورِهَا التَّعَذُّرُ. 

مِثۡلُ: (رَمَی) فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى فَتۡحَةٍ مُقَدَّرَةٍ عَلَى آخِرِهِ مَنَعَ مِنۡ ظُهُورِهَا التَّعَذُّرُ. 

Apabila fiil madhi itu mu’tall dengan huruf ya, yakni: huruf terakhirnya adalah huruf ilat ya, apakah dia mabni di atas harakat fatah atau bagaimana? Jawabannya adalah dia mabni di atas harakat fatah karena telah kita lewati bahwa harakat fatah akan tampak pada fiil madhi yang diakhiri huruf ilat ya. 

Jadi kita katakan: Fiil madhi apabila huruf akhirnya ya, maka harakat fatah bisa disematkan padanya. Apabila huruf akhirnya alif, maka dia mabni di atas harakat fatah yang disembunyikan pada huruf akhirnya. Yang menghalangi dari munculnya adalah ta’adzdzur (tidak mungkin diucapkan). 

Contoh: “رَمَى” fiil madhi mabni di atas harakat fatah yang disembunyikan di huruf akhirnya. Yang menghalangi dari munculnya harakat fatah adalah ta’adzdzur. 

مَا تَقُولُونَ فِي (ضَرَبَا): مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ؛ لِأَنَّهُ مَا اتَّصَلَ بِهِ وَاوُ الۡجَمَاعَةِ، وَلَا ضَمِيرُ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكِ؛ لِأَنَّهُ فِيهِ ضَمِيرُ رَفۡعٍ غَيۡرُ مُتَحَرِّكٍ. وَنَحۡنُ قُلۡنَا ضَمِيرُ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكُ فَخَرَجَ بِذٰلِكَ ضَمِيرُ الرَّفۡعِ السَّاكِنُ مِثۡلُ: (ضَرَبَا). 

Apa yang engkau katakan dalam “ضَرَبَا”? Dia mabni atas harakat fatah karena dia disambung oleh huruf wawu jama’ah, bukan dhamir raf’ yang berharakat. Karena yang ada pada kata tersebut adalah dhamir raf’ yang tidak berharakat. Kita telah katakan dhamir raf’ yang berharakat (sebagai syarat pengecualian fiil madhi itu mabni atas harakat fatah), jadi dhamir raf’ yang sukun tidak termasuk. Contoh: ضَرَبَا. 

وَإِذَا قُلۡتَ: (ضَرَبَنَا) فَهُوَ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ؛ لِأَنَّ الَّذِي اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ نَصۡبٍ، لَا ضَمِيرُ رَفۡعٍ. 

Ketika engkau katakan, “ضَرَبَنَا”, maka dia mabni di atas harakat fatah karena yang bersambung dengannya adalah dhamir nashb (kata ganti objek), bukan dhamir raf’. 

وَلِهَٰذَا تَقُولُ: (مَا أَنۡصَفَنَا أَصۡحَابُنَا) أَوۡ (مَا أَنۡصَفۡنَا أَصۡحَابَنَا)، فَإِنۡ كُنَّا نَحۡنُ الظَّالِمِينَ فَنَقُولُ: (مَا أَنۡصَفۡنَا أَصۡحَابَنَا) وَإِنۡ كَانُوا هُمُ الظَّالِمِينَ نَقُولُ: (مَا أَنۡصَفَنَا أَصۡحَابُنَا) انۡظُرۡ دِقَّةَ اللُّغَةِ الۡعَرَبِيَّةِ! 

(أَنۡصَفۡنَا) اخۡتَلَفَتۡ (مَا أَنۡصَفَنَا) بُنِيَ عَلَى الۡفَتۡحِ؛ لِأَنَّ (نَا) مَفۡعُولٌ بِهِ؛ وَلِهَٰذَا نَقُولُ: اتَّصَلَ بِهَا ضَمِيرُ نَصۡبٍ، لَا ضَمِيرُ رَفۡعٍ، وَلِهَٰذَا بُنِيَتۡ عَلَى الۡفَتۡحِ. (مَا أَنۡصَفۡنَا) اتَّصَلَ بِهَا ضَمِيرُ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكُ. 

إِذَا قُلۡنَا: (مَا أَنۡصَفِنَا أَصۡحَابنَا) قُلۡنَا: هَٰذَا خَطَأٌ. 

Karena inilah, engkau katakan, “مَا أَنۡصَفَنَا أَصۡحَابُنَا (Kawan-kawan kami tidak berlaku adil terhadap kami)” atau “مَا أَنۡصَفۡنَا أَصۡحَابَنَا (Kami tidak berlaku adil terhadap kawan-kawan kami)”. Jika kita yang zalim, maka kita katakan, “مَا أَنۡصَفۡنَا أَصۡحَابَنَا”. Jika mereka yang zalim, kita katakan, “مَا أَنۡصَفَنَا أَصۡحَابُنَا”. Perhatikanlah begitu telitinya bahasa Arab! 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿تِلۡكَ ٱلرُّسُلُ فَضَّلۡنَا﴾ [البقرة: ٢٥٣]، (فَضَّلۡنَا) (فَضَّلَ): فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ؛ لِأَنَّهُ اتَّصَلَ بِضَمِيرِ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكِ. 

Allah taala berfirman, “Itulah para rasul yang telah Kami berikan keutamaan.” (QS. Al-Baqarah: 253). 

“فَضَّلۡنَا”: “فَضَّلَ” fiil madhi mabni di atas sukun karena bersambung dengan dhamir raf’ yang berharakat. 

(أَكۡرَمَنَا زَيۡدٌ) (أَكۡرَمَ): فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ لِاتِّصَالِهِ بِضَمِيرِ النَّصۡبِ. (نَا): ضَمِيرُ الۡمُتَكَلِّمِ مَفۡعُولٌ بِهِ. 

“أَكۡرَمَنَا زَيۡدٌ (Zaid telah memuliakan kami).” أَكۡرَمَ fiil madhi mabni di atas harakat fatah karena bersambung dengan dhamir nashb. نَا dhamir mutakallim (kata ganti orang pertama) sebagai maf’ul bih. 

(الرَّجُلَانِ قَامَا) (الرَّجُلَانِ): مُبۡتَدَأٌ مَرۡفُوعٌ وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ الۡأَلِفُ نِيَابَةً عَنِ الضَّمَّةِ؛ لِأَنَّهُ مُثَنًّى وَ(النُّونُ): عِوَضٌ عَنِ التَّنۡوِينِ فِي الۡاِسۡمِ الۡمُفۡرَدِ. (قَامَا): فِعۡلٌ مَاضٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ، وَ(الۡأَلِفُ): فَاعِلٌ. لِمَاذَا يُبۡنَى الۡفِعۡلُ هُنَا عَلَى الۡفَتۡحِ مَعَ أَنَّهُ مُتَّصِلٌ بِضَمِيرٍ؟ لِأَنَّهُ اتَّصَلَ بِضَمِيرٍ سَاكِنٍ. 

“الرَّجُلَانِ قَامَا (Dua lelaki itu berdiri).” الرَّجُلَانِ mubtada` yang di-raf’. Tanda raf’-nya adalah huruf alif sebagai ganti dari harakat damah karena dia isim mutsanna (ganda). Huruf nun adalah ganti tanwin pada isim mufrad. قَامَا fiil madhi mabni di atas harakat fatah. Huruf alif adalah fa’il (pelaku). Mengapa fiil di sini mabni di atas harakat fatah padahal bersambung dengan dhamir (kata ganti)? Karena dia bersambung dengan dhamir yang sukun. 

إِذَنۡ الۡفِعۡلُ الۡمَاضِي مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ دَائِمًا إِلَّا فِي حَالَتَيۡنِ: (إِذَا اتَّصَلَتۡ بِهِ وَاوُ الۡجَمَاعَةِ، فَيُبۡنَي عَلَى الضَّمِّ، وَإِذَا اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ الرَّفۡعِ الۡمُتَحَرِّكُ، فَيُبۡنَى عَلَى السُّكُونِ). 

Maka, fiil madhi itu mabni di atas harakat fatah selamanya kecuali dalam dua keadaan: 
  • Apabila disambung oleh huruf wawu jama’ah, maka ketika ini dia mabni di atas harakat damah, 
  • Apabila disambung oleh dhamir raf’ yang berharakat, maka ketika ini dia mabni di atas sukun. 

وَإِذَا اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ النَّصۡبِ يُبۡنَى عَلَى الۡفَتۡحِ، وَإِذَا اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيرُ الرَّفۡعِ السَّاكِنُ يُبۡنَى عَلَى الۡفَتۡحِ، وَلِهَٰذَا تَقُولُ: (الرَّجُلَانِ ضَرَبَا)؛ لِأَنَّ ضَمِيرَ الرَّفۡعِ الۡآنَ سَاكِنٌ، وَتَقُولُ: (الرَّجُلُ أَكۡرَمَنَا)؛ لِأَنَّهُ ضَمِيرُ نَصۡبٍ. 

Ketika disambung oleh dhamir nashb, dia mabni di atas harakat fatah. Ketika disambung oleh dhamir raf’ yang sukun, dia mabni di atas harakat fatah. Karena inilah, maka engkau katakan, “الرَّجُلَانِ ضَرَبَا”, karena dhamir raf’ saat ini sukun. Engkau katakan, “الرَّجُلُ أَكۡرَمَنَا”, karena dhamir nashb. 

وَقَوۡلُهُ: (وَالۡأَمۡرُ مَجۡزُومٌ أَبَدًا) عَرَفۡتُمُ الۡجَزۡمَ فِيمَا سَبَقَ، إِذَا كَانَ آخِرُهُ حَرۡفًا صَحِيحًا؛ جُزِمَ بِالسُّكُونِ؛ إِذَا كَانَ آخِرُهُ حَرۡفَ عِلَّةٍ؛ جُزِمَ بِحَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، إِذَا كَانَ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ؛ جُزِمَ بِحَذۡفِ النُّونِ. 

إِذَا كَانَ مُتَّصِلًا بِهِ نُونُ التَّوۡكِيدِ فَإِنَّهُ يُبۡنَى عَلَى الۡفَتۡحِ. 

Ucapan mualif, “Fiil amr (perintah) di-jazm selamanya.” Engkau telah mengetahui jazm pada pembahasan yang telah lalu. Apabila huruf terakhir fiil itu sehat (bukan huruf ilat), maka di-jazm menggunakan sukun. Ketika huruf terakhirnya merupakan huruf ilat, maka di-jazm dengan membuang huruf ilat. Apabila termasuk fiil yang lima (al-af’al al-khamsah), maka di-jazm dengan membuang huruf nun. Apabila fiil disambung dengan huruf nun taukid, maka dia mabni di atas harakat fatah. 

يَقُولُ الۡمُؤَلِّفُ -رَحِمَهُ اللهُ-: (الۡأَمۡرُ: مَجۡزُومٌ) فَإِنۡ قَالَ قَائِلٌ: مَجۡزُومًا وَالۡجَزۡمَ إِنَّمَا يَكُونُ فِي الۡمُعۡرَبَاتِ، وَفِعۡلُ الۡأَمۡرِ مَبۡنِيٌّ، قَالَ ابۡنُ مَالِكٍ: 

وَفِعۡلُ أَمۡرٍ وَمُضِيٍّ بُنِيَا ...................... 

Mualif—rahimahullah­—berkata, “Fiil amr di-jazm.” Jika ada yang berkata: Jazm hanya ada pada kata-kata yang bisa diikrab, sementara fiil amr itu mabni. Ibnu Malik berkata, “Fiil amr dan madhi, keduanya mabni…” 

نَقُولُ لَهُ: إِنَّ ابۡنَ آجُرُّومَ خَالَفَكَ فِي هَٰذَا؛ لِأَنَّهُ يَرَى أَنَّ فِعۡلَ الۡأَمۡرِ مُعۡرَبٌ، وَلَيۡسَ مَبۡنِيًّا، فَيَرَى أَنَّ (قُمۡ): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَجۡزُومٌ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. 

وَبَعۡضُهُمۡ يَقُولُ: إِنَّهُ عَلَى تَقۡدِيرِ لَامِ الۡأَمۡرِ، (قُمۡ) يَعۡنِي: (لِتَقُمۡ). 

Kita katakan kepadanya: Sesungguhnya Ibnu Ajurrum menyelisihimu dalam hal ini, karena beliau berpandangan bahwa fiil amr bisa diikrab dan bukan mabni. Beliau berpandangan bahwa “قُمۡ” adalah fiil amr yang di-jazm. Tanda jazm-nya adalah sukun. 

Sebagian mereka berpendapat bahwa fiil amr itu ada huruf lam amr yang disembunyikan. “قُمۡ” maksudnya “لِتَقُمۡ”. 

عَلَى كُلِّ حَالٍ الۡخِلَافُ شِبۡهُ لَفۡظِيٍّ، وَلَيۡسَ هُنَاكَ فَرۡقٌ، إِنَّمَا نَحۡنُ نَقُولُ: فِعۡلُ الۡأَمۡرِ مَبۡنِيٌّ إِمَّا عَلَى السُّكُونِ، أَوۡ عَلَى حَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، أَوۡ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، أَوۡ عَلَى الۡفَتۡحِ، فَهَٰذِهِ أَرۡبَعَةٌ. 

Bagaimanapun, perselisihan ini mirip perselisihan lafaz dan tidak ada perbedaan. Kita katakan: fiil amr itu mabni, baik di atas sukun, atau di atas penghapusan huruf ilat, atau di atas penghapusan huruf nun, atau di atas harakat fatah. Jadi ini ada empat. 

فَإِذَا قُلۡتَ لِشَخۡصٍ: (اضۡرِبۡ) هَٰذَا مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ. 

وَإِذَا قُلۡتَ: (اتَّقِ اللهَ): فَهَٰذَا مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ (الۡيَاءِ). 

وَإِذَا قُلۡتَ: (اضۡرِبَنَّ زَیۡدًا): فَهَٰذَا مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ لِاتِّصَالِهِ بِنُونِ التَّوۡكِيدِ. 

(افۡهَمَنَّ) (افۡهَمۡ): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ لِاتِّصَالِهِ بِنُونِ التَّوۡكِيدِ، وَ(النُّونُ) لِلتَّوۡكِيدِ. 

Jika engkau katakan kepada seseorang, “اضۡرِبۡ (Pukullah!)”, maka fiil amr ini mabni di atas sukun. 

Ketika engkau katakan, “اتَّقِ اللهَ (Bertakwalah kepada Allah!)”, maka fiil amr ini mabni di atas penghapusan huruf ilat ya. 

Ketika engkau katakan, “اضۡرِبَنَّ زَيۡدًا (Pukullah Zaid!)”, maka fiil amr ini mabni di atas harakat fatah karena bersambung dengan huruf nun taukid. 

“افۡهَمَنَّ (Pahamilah!)”: افۡهَمۡ fiil amr mabni di atas harakat fatah karena bersambung dengan huruf nun taukid. Huruf nun di sini untuk taukid (penekanan). 

وَإِذَا قُلۡتَ: (قُومُوا) فَهَٰذَا مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ. 

يُبۡنَى عَلَى حَذۡفِ النُّونِ إِذَا كَانَ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ، مِثَالُهُ؛ (اكۡتُبَا) (اكۡتُبۡ): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، وَالۡأَلِفُ فِي مَحَلِّ رَفۡعٍ فَاعِلٌ. 

(اضۡرِبُوا) (اضۡرِبۡ): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ وَ(الۡوَاوُ) ضَمِيرٌ مُتَّصِلٌ مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ فِي مَحَلِّ رَفۡعِ فَاعِلٍ. 

(اضۡرِبِي) (اضۡرِب): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، وَ(الۡيَاءُ) فَاعِلٌ. 

إِذَنۡ يُبۡنَی فِعۡلُ الۡأَمۡرِ عَلَى وَاحِدٍ مِنۡ أَرۡبَعَةِ أَشۡيَاءَ: السُّكُونُ، الۡفَتۡحُ، حَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، حَذۡفُ النُّونِ. 

Apabila engkau katakan, “قُومُوا (Berdirilah kalian!)”, maka ini mabni di atas penghapusan huruf nun. 

Mabni di atas penghapusan huruf nun apabila fiil itu termasuk fiil yang lima (al-af’al al-khamsah). Contohnya, “اكۡتُبَا (Tulislah oleh kalian berdua!)” اكۡتُبۡ adalah fiil amr mabni di atas penghapusan huruf nun. Huruf alif berkedudukan raf’ sebagai fa’il (pelaku). 

“اضۡرِبُوا (Pukullah oleh kalian!)” اضۡرِبۡ adalah fiil amr mabni di atas penghapusan huruf nun. Huruf wawu adalah dhamir muttashil (kata ganti yang bersambung) mabni di atas sukun berkedudukan raf’ sebagai fa’il. 

“اضۡرِبِي (Pukullah!)” اضۡرِبۡ adalah fiil amr mabni di atas penghapusan huruf nun. Huruf ya adalah fa’il. 

Jadi fiil amr itu mabni di atas salah satu dari empat hal: sukun, fatah, penghapusan huruf ilat, dan penghapusan huruf nun. 

وَاعۡلَمۡ أَنَّ الۡأَمۡرَ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ، حُذِفَ مِنۡهُ حَرۡفُ الۡمُضَارَعَةِ، فَمَثَلًا: ائۡتِ بِفِعۡلٍ مُضَارِعٍ مَجۡزُومٍ مِنۡ (قَامَ): (لَمۡ يَقُمۡ) احۡذِفۡ مِنۡهُ حَرۡفَ الۡمُضَارَعَةِ (قُمۡ). 

هَاتِ فِعۡلَ أَمۡرٍ مِنۡ (خَافَ): (خَفۡ)؛ لِأَنَّ الۡمُضَارِعَ الۡمَجۡزُومَ مِنۡهُ: لَمۡ يَخَفۡ. 

هَاتِ فِعۡلَ أَمۡرٍ مِنۡ (نَامَ): (نَمۡ)؛ لِأَنَّا إِذَا رَكَّبۡنَا الۡقَاعِدَةَ قُلۡنَا فِي الۡمُضَارِعِ الۡمَجۡزُومِ (لَمۡ يَنَمۡ)، احۡذِفِ الۡيَاءَ (نَمۡ). 

Ketahuilah bahwa fiil amr adalah fiil mudhari’ yang di-jazm yang huruf mudhara’ah-nya dihapus. Contoh: Coba datangkan fiil mudhari’ yang di-jazm dari قَامَ. Yaitu لَمۡ يَقُمۡ. Hapuslah huruf mudhara’ah darinya! Jadilah قُمۡ. 

Berikan fiil amr dari خَافَ! Jawabannya: خَفۡ, karena fiil mudhari’ yang di-jazm darinya adalah لَمۡ يَخَفۡ. 

Berikan fiil amr dari نَامَ! Jawabannya adalah نَمۡ, karena ketika kita terapkan kaidah ini, maka kita katakan bahwa fiil mudhari’ yang di-jazm-nya adalah لَمۡ يَنَمۡ. Lalu buang huruf ya, jadi نَمۡ. 

(اخۡشَ) فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ الۡأَلِفِ لِمَاذَا؟ لِأَنَّهُ مُعۡتَلٌّ بِالۡأَلِفِ. 

(اقۡضِ) فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ، وَعَلَامَةُ بِنَائِهِ حَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، وَهِيَ الۡيَاءُ وَفَاعِلُهُ مُسۡتَتِرٌ وُجُوبًا تَقۡدِيرُهُ أَنۡتَ. 

“اخۡشَ” adalah fiil amr mabni di atas penghapusan huruf alif. Mengapa? Karena dia merupakan kata yang diakhiri huruf ilat alif. 

“اقۡضِ” adalah fiil amr mabni. Tanda bina`-nya adalah dihapusnya huruf ilat, yaitu huruf ya. Fa’il-nya mustatir wujuban (wajib disembunyikan), asumsinya adalah anta (engkau). 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ﴾ [الكوثر: ٢]، (صَلِّ): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، لِأَنَّ أَصۡلَ الۡفِعۡلِ: (صَلِّي). (انۡحَرۡ): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ. 

(ادۡعُ) فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ وَهِيَ الۡوَاوُ، وَالضَّمَّةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا، وَالۡفَاعِلُ مُسۡتَتِرٌ وُجُوبًا تَقۡدِيرُهُ أَنۡتَ. 

(اغۡزُ) فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ وَهِيَ الۡوَاوُ، وَالضَّمَّةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا، وَالۡفَاعِلُ مُسۡتَتِرٌ وُجُوبًا تَقۡدِيرُهُ أَنۡتَ. 

Allah taala berfirman, “فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ (Maka salatlah untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!)” (QS. Al-Kautsar: 2). “صَلِّ” fiil amr mabni di atas penghapusan huruf ilat, karena asal fiil tersebut adalah صَلِّي. “انۡحَرۡ” fiil amr mabni di atas sukun. 

“ادۡعُ” fiil amr mabni di atas dihapusnya huruf ilat, yaitu wawu. Harakat damah sebelumnya merupakan dalil atasnya. Fa’il-nya mustatir wujuban (wajib disembunyikan), asumsinya adalah anta. 

“اغۡزُ” fiil amr mabni di atas penghapusan huruf ilat, yaitu wawu. Harakat damah sebelumnya merupakan dalil atasnya. Fa’il-nya mustatir wujuban, asumsinya adalah anta. 

إِذَنۡ الۡأَمۡرُ إِذَا أَرَدۡنَا أَنۡ نُحَرِّرَ تَصۡرِيفَهُ نَقُولُ: إِنَّهُ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ حُذِفَتۡ مِنۡهُ يَاءُ الۡمُضَارَعَةِ. 

Jadi fiil amr, jika kita ingin untuk menyusun tasrifnya, maka kita katakan bahwa dia adalah fiil mudhari’ yang di-jazm yang huruf ya mudhara’ah-nya dihapus. 

فِعۡلُ أَمۡرٍ مِنۡ (ضَرَبَ): (اضۡرِبۡ)، الۡمُضَارِعُ (لَمۡ يَضۡرِبۡ) أَيۡنَ الۡهَمۡزَةُ؟ هَٰذَا لَا يَنۡقُضُ الۡقَاعِدَةَ؟ لِأَنَّ هَمۡزَةَ الۡوَصۡلِ يُؤۡتَى بِهَا لِلتَّوَصُّلِ إِلَى الۡبَدۡءِ بِالسَّاكِنِ، وَلَيۡسَتۡ مَقۡصُودَةً. 

Fiil amr dari “ضَرَبَ” adalah اضۡرِبۡ. Fiil mudhari’-nya adalah لَمۡ يَضۡرِبۡ. Lalu di mana huruf hamzahnya? Apa ini tidak membatalkan kaidah di atas? Jawabannya adalah karena huruf hamzah wasal didatangkan untuk menjadi penghubung untuk memulai huruf yang sukun. Bukan karena maksud lain. 

وَفِي اللُّغَةِ الۡعَرَبِيَّةِ لَا يُمۡكِنُ أَنۡ نَبۡدَأَ بِسَاکِنٍ، فَمَاذَا نَصۡنَعُ؟ نَأۡتِي بِهَمۡزَةِ وَصۡلٍ لِأَجۡلِ أَنۡ نَسۡتَطِيعَ النُّطۡقَ، فَأَصۡلُ (اضۡرِبۡ) أَوَّلُ الۡفِعۡلِ هُوَ الضَّادُ، وَأَتَيۡنَا بِالۡهَمۡزَةِ لِلتَّوَصُّلِ إِلَى النُّطۡقِ بِالسَّاكِنِ وَهِيَ (الضَّادُ). 

Di dalam bahasa Arab, tidak mungkin kita memulai kata menggunakan huruf sukun. Lalu apa yang kita lakukan? Kita bawakan huruf hamzah wasal agar kita mampu untuk mengucapkannya. Asal “اضۡرِبۡ” huruf pertama fiil ini adalah huruf dad lalu kita bawakan huruf hamzah untuk menghubungkan untuk mengucapkan huruf sukun, yaitu dad. 

(أَعۡطِ فُلَانًا كَذَا) الۡمُضَارِعُ يُعۡطِي (لَمۡ يُعۡطِ) أَيۡنَ الۡهَمۡزَةُ؟ نَقُولُ: حُذِفَتۡ مِنَ الۡمُضَارِعِ؛ لِأَنَّ يَاءَ الۡمُضَارَعَةِ زَائِدَةٌ، وَالۡهَمۡزَةُ فِي (أَعۡطَي) زَائِدَةٌ، لَيۡسَتۡ مِنۡ أَصۡلِ الۡكَلِمَةِ. فَلَا يَجۡتَمِعُ زِیَادَتَانِ فِي أَوَّلِ الۡكَلِمَةِ، فَحُذِفَتِ الۡهَمۡزَةُ، وَأُتِيَ بِالۡيَاءِ. 

“أَعۡطِ فُلَانًا كَذَا (Berilah sekian kepada fulan!).” Fiil mudhari’-nya adalah يُعۡطِي. “لَمۡ يُعۡطِ” di mana huruf hamzahnya? Kita jawab: Dihapus dari fiil mudhari’ karena huruf ya mudhara’ah merupakan tambahan, huruf hamzah pada أعۡطَى juga tambahan, bukan merupakan huruf asli dari kata tersebut. Maka, dua huruf tambahan tidak bisa berkumpul di awal kata, sehingga huruf hamzah dihapus dan huruf ya dipasangkan. 

فِعۡلُ الۡأَمۡرِ لَيۡسَ فِيهِ يَاءُ مُضَارَعَةٍ، وَلِهَٰذَا جَاءَتِ الۡهَمۡزَةُ، لَمَّا رَأَتِ الۡهَمۡزَةُ أَنَّ الۡيَاءَ لَيۡسَتۡ مَوۡجُودَةً فِي الۡأَمۡرِ جَاءَتۡ، فَقِيلَ: (أَعۡطِ فُلَانًا) لَكِنۡ لَمَّا جَاءَتۡ يَاءُ الۡمُضَارَعَةِ طَرَدَتِ الۡهَمۡزَةَ. 

لِمَاذَا؟ قَالَتِ الۡيَاءُ: أَنَا جِئۡتُ لِأَدُلَّ عَلَى مَعۡنًى، وَأَنۡتِ جِئۡتِ لَا لِتَدُلِّينَ عَلَى مَعۡنًى، اذۡهَبِي فَذَهَبَتِ الۡهَمۡزَةُ، فَلَمَّا كَانَ الۡأَمۡرُ لَيۡسَ فِيهِ يَاءُ الۡمُضَارَعَةِ جَاءَتِ الۡهَمۡزَةُ، وَإِلَّا فَالۡقَاعِدَةُ مُطَّرِدَةٌ، فَالۡأَمۡرُ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ مَحۡذُوفُ حَرۡفِ الۡمُضَارَعَةِ. 

Tidak ada huruf ya mudhara’ah pada fiil amr. Karena itu huruf hamzah datang. Ketika huruf hamzah melihat bahwa huruf ya tidak ada dalam fiil amr, dia pun datang. Maka dikatakan, “أَعۡطِ فُلَانًا”, akan tetapi ketika huruf ya mudhara’ah telah datang, maka dia mengusir huruf hamzah. 

Mengapa? Huruf ya berkata, “Aku datang untuk menunjukkan suatu makna, sedangkan engkau datang bukan untuk menunjukkan suatu makna. Pergilah!” Huruf hamzah pun pergi. Ketika sedang menjadi fiil amr, maka huruf ya mudhara’ah tidak ada padanya, sehingga huruf hamzah datang. 

Sekalipun tidak demikian, maka kaidah tersebut berlaku umum, yaitu bahwa fiil amr adalah fiil mudhari’ yang di-jazm yang dihapus huruf mudhara’ah-nya. 

وَالۡأَمۡرُ يُبۡنَى عَلَى وَاحِدٍ مِنۡ أَرۡبَعٍ: السُّكُونُ، الۡفَتۡحُ، الۡحَذۡفُ: حَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، حَذۡفُ النُّونِ. 

Fiil amr tetap/mabni di atas salah satu dari empat hal, yaitu: sukun, fatah, penghapusan: penghapusan huruf ilat dan penghapusan huruf nun. 

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿فَذَكِّرۡ إِن نَّفَعَتِ ٱلذِّكۡرَىٰ﴾ [الأعلى: ٩]، (ذَكِّرۡ): مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ. 

وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿وَٱتَّقُونِ يَـٰٓأُو۟لِى ٱلۡأَلۡبَـٰبِ﴾ [البقرة: ١٩٧]، (اتَّقُونِ): مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، وَأَصۡلُهَا (اتَّقُونَنِي) النُّونُ الَّتِي هِيَ عَلَامَةُ الۡإِعۡرَابِ مَحۡذُوفَةٌ. 

وقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿فَٱذۡهَبَا بِءَايَـٰتِنَآ﴾ [الشعراء: ١٥]، (اذۡهَبَا): مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، وَالۡأَلِفُ فَاعِلٌ. 

Allah taala berfirman, “فَذَكِّرۡ إِن نَّفَعَتِ ٱلذِّكۡرَىٰ” (QS. Al-A’la: 9). ذَكِّرۡ mabni di atas sukun. 

Firman Allah taala, “وَٱتَّقُونِ يَـٰٓأُو۟لِى ٱلۡأَلۡبَـٰبِ” (QS. Al-Baqarah: 197). اتَّقُونِ mabni di atas penghapusan huruf nun. Aslinya adalah اتَّقُونَنِي. Huruf nun yang merupakan tanda ikrab, dihapus. 

Firman Allah taala, “فَٱذۡهَبَا بِءَايَـٰتِنَآ” (QS. Asy-Syu’ara`: 15). اذۡهَبَا mabni di atas penghapusan huruf nun. Huruf alif adalah fa’il (pelaku perbuatan). 

وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿فَقُولَا لَهُۥ﴾ [طه: ٤٤]، (قُولَا): مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، وَالۡأَلِفُ فَاعِلٌ. 

وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلۡبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِىٓ إِنِّى نَذَرۡتُ﴾ [مريم: ٢٦]، (قُولِي): مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، وَ(الۡيَاءُ) فَاعِلٌ. 

Firman Allah taala, “فَقُولَا لَهُۥ” (QS. Thaha: 44). قُولَا mabni di atas penghapusan huruf nun. Huruf alif adalah fa’il. 

Firman Allah taala, “فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلۡبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِىٓ إِنِّى نَذَرۡتُ” (QS. Maryam: 26). قُولِي mabni di atas penghapusan huruf nun. Huruf ya adalah fa’il. 

وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱرۡكَعُوا۟ وَٱسۡجُدُوا۟ وَٱعۡبُدُوا۟ رَبَّكُمۡ وَٱفۡعَلُوا۟ ٱلۡخَيۡرَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ﴾ [الحج: ٧٧]، أَرۡبَعَةُ أَفۡعَالٍ: (ارۡكَعُوا): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، وَالۡوَاوُ فَاعِلٌ. اسۡجُدُوا، اعۡبُدُوا، افۡعَلُوا: مِثۡلُهُ. 

وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿يَـٰمَرۡيَمُ ٱقۡنُتِى لِرَبِّكِ وَٱسۡجُدِى وَٱرۡكَعِى مَعَ ٱلرَّ‌ٰكِعِينَ﴾ [آل عمران: ٤٣]، (اقۡنُتِي): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ، لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ، وَالۡيَاءُ فَاعِلٌ. 

Firman Allah taala, “يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱرۡكَعُوا۟ وَٱسۡجُدُوا۟ وَٱعۡبُدُوا۟ رَبَّكُمۡ وَٱفۡعَلُوا۟ ٱلۡخَيۡرَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ” (QS. Al-Hajj: 77). Ada empat fiil. ارۡكَعُوا adalah fiil amr mabni di atas penghapusan huruf nun. Huruf wawu adalah fa’il. اسۡجُدُوا, اعۡبُدُوا, افۡعَلُوا semisal itu. 

Firman Allah taala, “يَـٰمَرۡيَمُ ٱقۡنُتِى لِرَبِّكِ وَٱسۡجُدِى وَٱرۡكَعِى مَعَ ٱلرَّ‌ٰكِعِينَ” (QS. Ali ‘Imran: 43). اقۡنُتِي fiil amr mabni di atas penghapusan huruf nun karena dia termasuk fiil-fiil yang lima. Huruf ya adalah fa’il. 

إِذَنۡ الۡأَمۡرُ مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ، أَوِ الۡفَتۡحِ، أَوۡ عَلَى حَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ، أَوۡ عَلَى حَذۡفِ النُّونِ. 

یَکُونُ مَبۡنِيًّا عَلَى حَذۡفِ النُّونِ إِذَا كَانَ مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ. وَيَكُونُ مَبۡنِيًّا عَلَى حَذۡفِ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ إِذَا كَانَ آخِرُهُ حَرۡفَ عِلَّةٍ، وَيَكُونُ مَبۡنِيًّا عَلَى الۡفَتۡحِ إِذَا كَانَ مُتَّصِلًا بِهِ نُونُ التَّوۡكِيدِ، وَيَكُونُ مَبۡنِيًّا عَلَى السُّكُونِ فِيمَا عَدَا ذٰلِكَ. 

Jadi fiil amr itu mabni di atas sukun, atau fatah, atau di atas penghapusan huruf ilat, atau di atas penghapusan huruf nun. 

Fiil amr mabni di atas penghapusan huruf nun apabila dia termasuk fiil-fiil yang lima. Fiil amr mabni di atas penghapusan huruf ilat apabila huruf terakhirnya adalah huruf ilat. Fiil amr mabni di atas fatah apabila disambung oleh huruf nun taukid. Fiil amr mabni di atas sukun pada selain itu.