Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2349

٢١ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الۡغَرۡسِ
21. Bab riwayat tentang penanaman


٢٣٤٩ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ أَنَّهُ قَالَ: إِنَّا كُنَّا نَفۡرَحُ بِيَوۡمِ الۡجُمُعَةِ، كَانَتۡ لَنَا عَجُوزٌ، تَأۡخُذُ مِنۡ أُصُولِ سِلۡقٍ لَنَا، كُنَّا نَغۡرِسُهُ فِي أَرۡبِعَائِنَا، فَتَجۡعَلُهُ فِي قِدۡرٍ لَهَا، فَتَجۡعَلُ فِيهِ حَبَّاتٍ مِنۡ شَعِيرٍ – لَا أَعۡلَمُ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ -: لَيۡسَ فِيهِ شَحۡمٌ، وَلَا وَدَكٌ، فَإِذَا صَلَّيۡنَا الۡجُمُعَةَ زُرۡنَاهَا فَقَرَّبَتۡهُ إِلَيۡنَا، فَكُنَّا نَفۡرَحُ بِيَوۡمِ الۡجُمُعَةِ مِنۡ أَجۡلِ ذٰلِكَ، وَمَا كُنَّا نَتَغَدَّى وَلَا نَقِيلُ إِلَّا بَعۡدَ الۡجُمُعَةَ. [طرفه في: ٩٣٨].

2349. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Ya’qub menceritakan kepada kami dari Abu Hazim, dari Sahl bin Sa’d—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau berkata:

Sesungguhnya dahulu kami bahagia ketika hari Jumat. Dahulu ada seorang wanita tua yang biasa mencabut akar tumbuhan semacam umbi milik kami yang dahulu kami tanam di sungai kecil kami. Lalu wanita itu meletakkannya di dalam periuknya lalu memasukkan beberapa butir barli ke dalamnya. (Ya’qub berkata:) Aku tidak mengetahui kecuali dia berkata: Di masakan itu tidak ada lemak daging. Ketika kami selesai salat Jumat, kami mengunjunginya lalu dia mendekatkan makanan itu kepada kami. Kami merasa bahagia ketika hari Jumat karena hal itu. Dahulu kami tidak makan siang dan tidak istirahat siang kecuali setelah salat Jumat.