Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6365

٣٨ - بَابُ التَّعَوُّذِ مِنَ الۡبُخۡلِ
38. Bab berlindung dari sifat bakhil


٦٣٦٥ - حَدَّثَنَا آدَمُ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡمَلِكِ، عَنۡ مُصۡعَبٍ قَالَ: كَانَ سَعۡدٌ يَأۡمُرُ بِخَمۡسٍ، وَيَذۡكُرُهُنَّ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ كَانَ يَأۡمُرُ بِهِنَّ: (اللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الۡبُخۡلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الۡجُبۡنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنۡ أُرَدَّ إِلَى أَرۡذَلِ الۡعُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنۡ فِتۡنَةِ الدُّنۡيَا - يَعۡنِي فِتۡنَةَ الدَّجَّالِ - وَأَعُوذُ بِكَ مِنۡ عَذَابِ الۡقَبۡرِ). [طرفه في: ٢٨٢٢].

6365. Adam telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami: ‘Abdul Malik menceritakan kepada kami dari Mush’ab. Beliau berkata: Dahulu Sa’d memerintahkan lima perkara. Beliau menyebutkannya dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bahwa dahulu beliau juga memerintahkannya, “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari sifat bakhil; aku berlindung kepada-Mu dari kekecutan; aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan ke umur yang paling lemah (pikun); aku berlindung kepada-Mu dari ujian dunia—yakni fitnah Dajjal—; dan aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur.”