Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6370

٤٢ - بَابُ التَّعَوُّذِ مِنَ الۡبُخۡلِ
42. Bab berlindung dari sifat bakhil


الۡبُخۡلُ وَالۡبَخَلُ وَاحِدٌ، مِثۡلُ الۡحُزۡنِ وَالۡحَزَنِ.

Al-Bukhl dan al-bakhl sama saja, seperti al-huzn dan al-hazn.

٦٣٧٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنِي غُنۡدَرٌ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَبۡدِ الۡمَلِكِ بۡنِ عُمَيۡرٍ، عَنۡ مُصۡعَبِ بۡنِ سَعۡدٍ، عَنۡ سَعۡدِ بۡنِ أَبِي وَقَّاصٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ كَانَ يَأۡمُرُ بِهَؤُلَاءِ الۡخَمۡسِ، وَيُحَدِّثُهُنَّ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: (اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الۡبُخۡلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الۡجُبۡنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنۡ أُرَدَّ إِلَى أَرۡذَلِ الۡعُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنۡ فِتۡنَةِ الدُّنۡيَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنۡ عَذَابِ الۡقَبۡرِ). [طرفه في: ٢٨٢٢].

6370. Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Ghundar menceritakan kepadaku: Syu’bah menceritakan kepada kami dari ‘Abdul Malik bin ‘Umair, dari Mush’ab bin Sa’d, dari Sa’d bin Abu Waqqash—radhiyallahu ‘anhu—. Dahulu Sa’d memerintahkan lima perkara berikut dan beliau menyebutkannya dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari sifat bakhil; aku berlindung kepada-Mu dari kekecutan; aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan ke umur yang paling lemah (pikun); aku berlindung kepada-Mu dari ujian dunia; dan aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur.”