٦ - بَابُ تَأۡلِيفِ الۡقُرۡآنِ
6. Bab Penyusunan Al-Qur’an
٤٩٩٣ - حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ مُوسَى: أَخۡبَرَنَا هِشَامُ بۡنُ
يُوسُفَ: أَنَّ ابۡنَ جُرَيۡجٍ أَخۡبَرَهُمۡ. وَأَخۡبَرَنِي يُوسُفُ بۡنُ
مَاهَكَ قَالَ: إِنِّي عِنۡدَ عَائِشَةَ أُمِّ الۡمُؤۡمِنِينَ رَضِيَ اللهُ
عَنۡهَا إِذۡ جَاءَهَا عِرَاقِيٌّ فَقَالَ: أَيُّ الۡكَفَنِ خَيۡرٌ؟ قَالَتۡ:
وَيۡحَكَ وَمَا يَضُرُّكَ. قَالَ: يَا أُمَّ الۡمُؤۡمِنِينَ أَرِينِي
مُصۡحَفَكِ، قَالَتۡ: لِمَ؟ قَالَ: لَعَلِّي أُوَلِّفُ الۡقُرۡآنَ عَلَيۡهِ،
فَإِنَّهُ يُقۡرَأُ غَيۡرَ مُؤَلَّفٍ، قَالَتۡ: وَمَا يَضُرُّكَ أَيَّهُ
قَرَأۡتَ قَبۡلُ، إِنَّمَا نَزَلَ أَوَّلَ مَا نَزَلَ مِنۡهُ سُورَةٌ مِنَ
الۡمُفَصَّلِ، فِيهَا ذِكۡرُ الۡجَنَّةِ وَالنَّارِ، حَتَّى إِذَا ثَابَ
النَّاسُ إِلَى الۡإِسۡلَامِ نَزَلَ الۡحَلَالُ وَالۡحَرَامُ، وَلَوۡ نَزَلَ
أَوَّلَ شَيۡءٍ: لَا تَشۡرَبُوا الۡخَمۡرَ، لَقَالُوا: لَا نَدَعُ الۡخَمۡرَ
أَبَدًا، وَلَوۡ نَزَلَ: لَا تَزۡنُوا، لَقَالُوا: لَا نَدَعُ الزِّنَا
أَبَدًا، لَقَدۡ نَزَلَ بِمَكَّةَ عَلَى مُحَمَّدٍ ﷺ وَإِنِّي لَجَارِيَةٌ
أَلۡعَبُ: ﴿بَلِ السَّاعَةُ مَوۡعِدُهُمۡ وَالسَّاعَةُ أَدۡهَى وَأَمَرُّ﴾
[القمر: ٤٦]. وَمَا نَزَلَتۡ سُورَةُ الۡبَقَرَةِ وَالنِّسَاءِ إِلَّا وَأَنَا
عِنۡدَهُ، قَالَ: فَأَخۡرَجَتۡ لَهُ الۡمُصۡحَفَ، فَأَمۡلَتۡ عَلَيۡهِ آيَ
السُّوَرِ. [طرفه في:
٤٨٧٦].
4993. Ibrahim bin Musa telah menceritakan kepada kami: Hisyam bin Yusuf
mengabarkan kepada kami: Ibnu Juraij mengabarkan kepada mereka. Yusuf bin
Mahak mengabarkan kepadaku. Beliau berkata:
Aku berada di tempat ‘Aisyah—ibunda kaum mukminin radhiyallahu ‘anha—, ketika
seorang dari Irak datang kepada beliau seraya berkata, “Kafan apa yang paling
baik?”
‘Aisyah berkata, “Kasihan engkau, hal itu tidak penting bagimu.”
Orang itu berkata lagi, “Wahai ibunda kaum mukminin, perlihatkan mushafmu
kepadaku.”
‘Aisyah bertanya, “Untuk apa?”
Orang itu berkata, “Supaya aku bisa menyusun Al-Qur’an dengan urut, karena
Al-Qur’an dibaca tidak sesuai susunan urutannya.”
‘Aisyah berkata, “Tidak masalah bagimu surah mana saja yang engkau baca
sebelum surah yang lain. Surah Al-Qur’an yang paling awal turun adalah surah
Al-Mufashshal. Di dalam surah tersebut ada penyebutan janah dan neraka. Sampai
ketika orang-orang telah kembali kepada Islam, ayat tentang halal dan haram
pun turun. Andai ayat yang pertama turun adalah ‘janganlah kalian minum
khamar!’, niscaya mereka akan mengatakan, ‘Kami tidak akan meninggalkan khamar
selama-lamanya.’ Andai ayat yang turun, ‘Janganlah kalian berzina!’, niscaya
mereka berkata, ‘Kami tidak akan meninggalkan zina selama-lamanya.’ Sungguh,
ayat yang turun di Makkah kepada Nabi Muhammad—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—ketika aku masih kecil suka bermain adalah, ‘Bahkan hari kiamat adalah
hari yang dijanjikan untuk mereka, sedangkan hari kiamat itu lebih dahsyat dan
lebih getir.’ (QS Al-Qamar: 46). Tidaklah turun surah Al-Baqarah dan An-Nisa’
kecuali ketika aku sudah berada di sisi beliau.”
Yusuf bin Mahak berkata: Lalu ‘Aisyah mengeluarkan mushaf, lalu mendiktekan
ayat-ayat surah.
٤٩٩٤ - حَدَّثَنَا آدَمُ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ قَالَ:
سَمِعۡتُ عَبۡدَ الرَّحۡمٰنِ بۡنَ يَزِيدَ قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ مَسۡعُودٍ
يَقُولُ فِي بَنِي إِسۡرَائِيلَ وَالۡكَهۡفِ وَمَرۡيَمَ وَطَهَ
وَالۡأَنۡبِيَاءِ: إِنَّهُنَّ مِنَ الۡعِتَاقِ الۡأُوَلِ، وَهُنَّ مِنۡ
تِلَادِي. [طرفه في: ٤٧٠٨].
4994. Adam telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami
dari Abu Ishaq. Beliau berkata: Aku mendengar ‘Abdurrahman bin Yazid. Beliau
berkata: Aku mendengar Ibnu Mas’ud berkata tentang surah Al-Isra, Al-Kahfi,
Maryam, Taha, dan Al-Anbiya’, “Sesungguhnya surah-surah tersebut di antara
yang paling awal turun dan yang paling awal kuhafal.”
٤٩٩٥ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡوَلِيدِ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ: أَنۡبَأَنَا أَبُو
إِسۡحَاقَ: سَمِعَ الۡبَرَاءَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: تَعَلَّمۡتُ ﴿سَبِّحِ
اسۡمَ رَبِّكَ﴾ [الأعلى: ١] قَبۡلَ أَنۡ يَقۡدَمَ النَّبِيُّ ﷺ.
4995. Abu Al-Walid telah menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada
kami: Abu Ishaq memberitakan kepada kami. Beliau mendengar
Al-Bara`—radhiyallahu ‘anhu—mengatakan: Aku mempelajari “Sabbiḥisma rabbika”
(QS Al-A’la: 1) sebelum Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tiba (ke Madinah).