Cari Blog Ini

At-Tuhfatus Saniyyah - Penghapus-penghapus Mubtada` dan Khabar

نَوَاسِخُ الْمُبْتَدَأِ وَالْخَبَرِ

Penghapus-penghapus Mubtada` dan Khabar

قَالَ: (بَابُ الْعَوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَلَى الْمُبْتَدَأِ وَالْخَبَرِ) وَهِيَ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ: كَانَ وَأَخَوَاتُهَا، وَإِنَّ وَأَخَوَاتُهَا، وَظَنَنْتُ وَأَخَوَاتُهَا.
Bab ‘amil-’amil yang bisa masuk ke mubtada` dan khabar. ‘Amil ini ada tiga macam:
  1. Kana dan saudara-saudaranya,
  2. Inna dan saudara-saudaranya,
  3. Zhanantu dan saudara-saudaranya.
وَأَقُولُ: قَدْ عَرَفْتَ أَنَّ الْمُبْتَدَأَ وَالْخَبَرَ مَرْفُوعَانِ. وَاعْلَمْ أَنَّهُ قَدْ يَدْخُلُ عَلَيْهِمَا أَحَدُ الْعَوَامِلِ اللَّفْظِيَّةِ فَيُغَيِّرُ إِعْرَابَهُمَا، وَهَذِهِ الْعَوَامِلُ الَّتِي تَدْخُلُ عَلَيْهِمَا فَتُغَيِّرُ إِعْرَابَهُمَا - بَعْدَ تَتَبُّعِ كَلَامِ الْعَرَبِ الْمَوْثُوقِ بِهِ - عَلَى ثَلَاثَةِ أَقْسَامٍ:
الْقِسْمُ الْأَوَّلُ: يَرْفَعُ الْمُبْتَدَأَ وَيَنْصِبُ الْخَبَرَ، وَذَلِكَ (كَانَ) وَأَخَوَاتُهَا، وَهَذَا الْقِسْمُ كُلُّهُ أَفْعَالٌ، نَحْوُ (كَانَ الْجَوُّ صَافِيًا).
وَالْقِسْمُ الثَّانِي: يَنْصِبُ الْمُبْتَدَأَ وَيَرْفَعُ الْخَبَرَ، عَكْسُ الْأَوَّلِ، وَذَلِكَ (إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا) وَهَذَا الْقِسْمُ كُلُّهُ أَحْرُفٌ، نَحْوُ (إِنَّ اللهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ).
وَالْقِسْمُ الثَّالِثُ: يَنْصِبُ الْمُبْتَدَأَ وَالْخَبَرَ جَمِيعًا، وَذَلِكَ (ظَنَنْتُ) وَأَخَوَاتُهَا، وَهَذَا الْقِسْمُ كُلُّهُ أَفْعَالٌ، نَحْوُ (ظَنَنْتُ الصَّدِيقَ أَخًا).
وَتُسَمَّى هَذِهِ الْعَوَامِلُ (النَّوَاسِخَ)؛ لِأَنَّهَا نَسَخَتْ حُكْمَ الْمُبْتَدَأِ وَالْخَبَرِ، أَيْ: غَيَّرَتْهُ وَجَدَّدَتْ لَهُمَا حُكْمًا آخَرَ غَيْرَ حُكْمِهِمَا الْأَوَّلِ.
Engkau telah mengetahui bahwa mubtada` dan khabar adalah marfu’. Ketahuilah, bahwa terkadang salah satu lafazh ‘amil bisa masuk padanya sehingga mengubah i’rab keduanya. Maka ‘amil-’amil yang bisa masuk pada keduanya dan mengubah i’rabnya -setelah meneliti kalimat bahasa ‘arab yang terkait dengannya- terbagi menjadi tiga:
  1. merafa’kan mubtada` dan menashabkan khabar, yaitu kana dan saudara-saudaranya. Bagian ini semuanya merupakan fi’il. Contoh: كَانَ الْجَوُّ صَافِيًا.
  2. menashabkan mubtada` dan merafa’kan khabar, lawan dari yang pertama. Yaitu inna dan saudara-saudaranya. Bagian ini semuanya merupakan huruf. Contoh: إِنَّ اللهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ.
  3. menashabkan mubtada` dan khabar, yaitu zhanantu dan saudara-saudaranya. Bagian ini semuanya merupakan fi’il. Contoh: ظَنَنْتُ الصَّدِيقَ أَخًا.
‘Amil-’amil ini dinamakan nawasikh (penghapus), karena menghapus hukum mubtada` dan khabar. Yakni mengubahnya dan memperbarui hukum lain bagi keduanya, yang berbeda dengan hukumnya yang awal.