Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1130

١٢٧ – (١١٣٠) – حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا هُشَيۡمٌ، عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا. قَالَ: قَدِمَ رَسُولُ اللهِ ﷺ الۡمَدِينَةَ. فَوَجَدَ الۡيَهُودَ يَصُومُونَ يَوۡمَ عَاشُورَاءَ. فَسُئِلُوا عَنۡ ذٰلِكَ؟ فَقَالُوا: هٰذَا الۡيَوۡمُ الَّذِي أَظۡهَرَ اللهُ فِيهِ مُوسَىٰ وَبَنِي إِسۡرَائِيلَ عَلَىٰ فِرۡعَوۡنَ، فَنَحۡنُ نَصُومُهُ تَعۡظِيمًا لَهُ. فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (نَحۡنُ أَوۡلَىٰ بِمُوسَىٰ مِنۡكُمۡ). فَأَمَرَ بِصَوۡمِهِ.
[البخاري: كتاب التفسير، باب: ﴿وجاوزنا ببني إسرائيل البحر...﴾، رقم: ٤٦٨٠].
127. (1130). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Husyaim mengabarkan kepada kami, dari Abu Bisyr, dari Sa'id bin Jubair, dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tiba di Madinah. Beliau mendapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari 'Asyura`. Maka mereka ditanya mengenai hal itu. Mereka menjawab: Ini adalah hari saat Allah memenangkan Musa dan Bani Israil dari Fir'aun, maka kami berpuasa pada hari ini dalam rangka mengagungkannya. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian.” Maka beliau pun memerintahkan untuk berpuasa pada hari tersebut.
(…) - وَحَدَّثَنَاهُ ابۡنُ بَشَّارٍ وَأَبُو بَكۡرِ بۡنُ نَافِعٍ. جَمِيعًا عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ جَعۡفَرٍ، عَنۡ شُعۡبَةَ، عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، وَقَالَ: فَسَأَلَهُمۡ عَنۡ ذٰلِكَ.
Ibnu Basysyar dan Abu Bakr bin Nafi' telah menceritakan hadits ini kepada kami. Seluruhnya dari Muhammad bin Ja'far, dari Syu'bah, dari Abu Bisyr, dengan sanad ini. Beliau berkata: Maka Nabi bertanya kepada mereka tentang hal itu.
١٢٨ – وَحَدَّثَنِي ابۡنُ أَبِي عُمَرَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَدِمَ الۡمَدِينَةَ، فَوَجَدَ الۡيَهُودَ صِيَامًا يَوۡمَ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ لَهُمۡ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَا هٰذَا الۡيَوۡمُ الَّذِي تَصُومُونَهُ؟) فَقَالُوا: هٰذَا يَوۡمٌ عَظِيمٌ، أَنۡجَى اللهُ فِيهِ مُوسَىٰ وَقَوۡمَهُ، وَغَرَّقَ فِرۡعَوۡنَ وَقَوۡمَهُ، فَصَامَهُ مُوسَىٰ شُكۡرًا، فَنَحۡنُ نَصُومُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (فَنَحۡنُ أَحَقُّ وَأَوۡلَىٰ بِمُوسَىٰ مِنۡكُمۡ) فَصَامَهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.
128. Ibnu Abu 'Umar telah menceritakan kepadaku: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Ayyub, dari 'Abdullah bin Sa'id bin Jubair, dari ayahnya, dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma; Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tiba di Madinah. Beliau mendapati orang-orang Yahudi berpuasa hari 'Asyura`. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya kepada mereka, “Hari apa ini yang kalian berpuasa padanya?” Mereka menjawab: Ini hari yang sangat agung, pada hari ini Allah telah menyelamatkan Musa dan kaumnya dan Dia menenggelamkan Fir'aun dan kaumnya. Maka Musa berpuasa pada hari ini dalam rangka syukur dan kami ikut berpuasa. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Kami lebih berhak dan pantas terhadap Musa daripada kalian.” Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berpuasa dan memerintahkan untuk berpuasa pada hari itu.
(…) - وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: حَدَّثَنَا مَعۡمَرٌ، عَنۡ أَيُّوبَ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ. إِلَّا أَنَّهُ قَالَ: عَنِ ابۡنِ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ. لَمۡ يُسَمِّهِ.
Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: 'Abdurrazzaq mengabarkan kepada kami: Ma'mar menceritakan kepada kami, dari Ayyub, dengan sanad ini. Hanya saja beliau berkata dari Ibnu Sa'id bin Jubair dan tidak menyebut namanya.