Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Isim yang Majrur karena Taba'iyyah

وَأَمَّا الۡقِسۡمُ الثَّالِثُ: فَهُوَ الۡمَخۡفُوضُ بِالتَّبَعِيَّةِ، أَيۡ: بِكَوۡنِهِ تَابِعًا لِاسۡمٍ مَخۡفُوضٍ قَبۡلَهُ، وَالتَّوَابِعُ أَرۡبَعَةٌ: النَّعۡتُ، وَالۡعَطۡفُ، وَالتَّوۡكِيدُ، وَالۡبَدَلُ، فَمِثَالُ النَّعۡتِ قَوۡلُكَ: (مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ الۡعَاقِلِ)، وَمِثَالُ الۡعَطۡفِ قَوۡلُكَ: (مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ وَعَمۡرٍو)، وَمِثَالُ التَّوۡكِيدِ قَوۡلُكَ: (مَرَرۡتُ بِالۡقَوۡمِ كُلِّهِمۡ)، وَمِثَالُ الۡبَدَلِ قَوۡلُكَ: (نَظَرۡتُ إِلَى زَيۡدٍ أَخِيكَ)، فَالتَّابِعُ فِي هٰذِهِ الۡأَمۡثِلَةِ وَهُوَ (الۡعَاقِلِ، وَعَمۡرٍو، وَكُلِّهِمۡ، وَأَخِيكَ) مَخۡفُوضٌ بِالتَّبَعِيَّةِ، أَيۡ: بِكَوۡنِهِ وَقَعَ تَابِعًا لِاسۡمٍ مَخۡفُوضٍ قَبۡلَهُ، وَهُوَ: (زَيۡدٍ وَالۡقَوۡمِ) وَهٰذَا الۡقَوۡلُ ضَعِيفٌ، وَالصَّحِيحُ أَنَّ التَّابِعَ فِي هٰذِهِ الۡأَمۡثِلَةِ مَخۡفُوضٌ بِحَرۡفِ الۡجَرِّ الَّذِي خَفَضَ الۡمَتۡبُوعَ، وَهُوَ: (الۡبَاءُ وَإِلَى) وَقَدۡ تَقَدَّمَ الۡكَلَامُ عَلَى التَّوَابِعِ فِي أَبۡوَابِهَا مُسۡتَوۡفًى، وَلِلهِ الۡحَمۡدُ!
Adapun bagian ketiga adalah isim yang dikhafdh karena taba'iyyah (mengikuti), yaitu: isimi itu merupakan tabi' (yang mengikuti) isim yang dikhafdh sebelumnya. Dan tawabi' itu ada empat: na'at, 'athaf, taukid, dan badal. Contoh na'at adalah ucapanmu: مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ الۡعَاقِلِ. Contoh 'athaf adalah ucapanmu: مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ وَعَمۡرٍو. Contoh taukid adalah ucapanmu: مَرَرۡتُ بِالۡقَوۡمِ كُلِّهِمۡ. Dan contoh badal adalah ucapanmu: نَظَرۡتُ إِلَى زَيۡدٍ أَخِيكَ. Sehingga, tabi' pada contoh-contoh tersebut adalah الۡعَاقِلِ, عَمۡرٍو, كُلِّهِمۡ, dan أَخِيكَ dikhafdh karena taba'iyyah, yakni: ia mengikuti isim yang dikhafdh sebelumnya yaitu: زَيۡدٍ dan الۡقَوۡمِ. Namun ini pendapat yang lemah. Yang shahih adalah bahwa tabi' pada contoh-contoh tersebut dikhafdh karena huruf jar yang telah mengkhafdh isim yang diikuti, yaitu: huruf ba` dan إِلَى. Dan pembicaraan masalah tawabi' ini telah lewat pembahasannya di bab-babnya dan itu mencukupi. Walillahil hamd.
(خَاتِمَةٌ): الۡمَجۡرُورُ بِالۡحَرۡفِ أَوۡ بِالۡمُضَافِ، فِيهِ الۡمُنۡصَرِفُ، وَهُوَ الۡأَكۡثَرُ، وَفِيهِ غَيۡرُ الۡمُنۡصَرِفِ.
فَالۡأَوَّلُ نَحۡوُ: (مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ)، وَ(جَاءَ غُلَامُ زَيۡدٍ) فَـ(زَيۡدٍ) فِي الۡمِثَالِ الۡأَوَّلِ مَجۡرُورٌ بِالۡحَرۡفِ، وَفِي الۡمِثَالِ الثَّانِي مَجۡرُورٌ بِالۡمُضَافِ وَعَلَامَةُ جَرِّهِ الۡكَسۡرَةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى آخِرِهِ، وَهُوَ اسۡمٌ مُنۡصَرِفٌ؛ لِوُجُودِ التَّنۡوِينِ فِي آخِرِهِ.
وَالثَّانِي: نَحۡوُ: (مَرَرۡتُ بِأَحۡمَدَ)، وَ(جَاءَ غُلَامُ أَحۡمَدَ) فَـ(أَحۡمَدَ) فِي الۡمِثَالِ الۡأَوَّلِ مَجۡرُورٌ بِالۡحَرۡفِ، وَفِي الۡمِثَالِ الثَّانِي مَجۡرُورٌ بِالۡمُضَافِ وَعَلَامَةُ جَرِّهِ الۡفَتۡحَةُ الظَّاهِرَةُ نِيَابَةً عَنِ الۡكَسۡرَةِ؛ لِأَنَّهُ اسۡمٌ لَا يَنۡصَرِفُ، أَيۡ: لَا يُنَوَّنُ.
Penutup: Isim yang dijar karena huruf atau mudhaf ada yang munsharif (ditanwin) -dan ini kebanyakannya- dan ada yang ghairu munsharif (tidak ditanwin).
Contoh yang munsharif: مَرَرۡتُ بِزَيۡدٍ dan جَاءَ غُلَامُ زَيۡدٍ. Zaid di contoh pertama majrur karena huruf, sedang di contoh kedua majrur karena mudhaf. Tanda jarnya kasrah yang nampak di akhirnya. Dan ini merupakan isim yang munsharif karena adanya tanwin di akhirnya.
Contoh ghairu munsharif: مَرَرۡتُ بِأَحۡمَدَ dan جَاءَ غُلَامُ أَحۡمَدَ. Ahmad di contoh pertama majrur karena huruf dan di contoh kedua majrur karena mudhaf. Tanda jarnya adalah fathah yang nampak sebagai ganti dari kasrah karena ia merupakan isim yang tidak bisa ditanwin.