Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Tamyiz (1)

التَّمۡيِيزُ

قَالَ: (بَابُ: التَّمۡيِيزِ) التَّمۡيِيزُ هُوَ: الۡإِسۡمُ، الۡمَنۡصُوبُ، الۡمُفَسِّرُ لِمَا انۡبَهَمَ مِنَ الذَّوَاتِ، نَحۡوَ قَوۡلِكَ: (تَصَبَّبَ زَيۡدٌ عَرَقًا)، وَ(تَفَقَّأَ بَكۡرٌ شَحۡمًا)، وَ(طَابَ مُحَمَّدٌ نَفۡسًا)، وَ(اشۡتَرَيۡتُ عِشۡرِينَ غُلَامًا)، وَ(مَلَكۡتُ تِسۡعِينَ نَعۡجَةً)، وَ(زَيۡدٌ أَكۡرَمُ مِنۡكَ أَبًا)، وَ(أَجۡمَلُ مِنۡكَ وَجۡهًا).
Ibnu Ajrum berkata: Bab tamyiz. Tamyiz adalah isim manshub yang menjelaskan dzat-dzat yang belum jelas. Contohnya ucapanmu: تَصَبَّبَ زَيۡدٌ عَرَقًا, تَفَقَّأَ بَكۡرٌ شَحۡمًا, طَابَ مُحَمَّدٌ نَفۡسًا, اشۡتَرَيۡتُ عِشۡرِينَ غُلَامًا, مَلَكۡتُ تِسۡعِينَ نَعۡجَةً, dan زَيۡدٌ أَكۡرَمُ مِنۡكَ أَبًا وَأَجۡمَلُ مِنۡكَ وَجۡهًا.
أَقُولُ: الۡخَامِسُ مِنَ الۡمَنۡصُوبَاتِ: التَّمۡيِيزُ. وَهُوَ لُغَةً: فَصۡلُ الشَّيۡءِ عَنۡ غَيۡرِهِ، وَمِنۡهُ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿وَامۡتَٰزُوا الۡيَوۡمَ أَيُّهَا الۡمُجۡرِمُونَ﴾ [يس: ٥٩] أَيۡ: انۡفَصِلُوا عَنِ الۡمُؤۡمِنِينَ. وَاصۡطِلَاحًا: مَا ذَكَرَهُ الۡمُصَنِّفُ بِقَوۡلِهِ: (هُوَ الۡإِسۡمُ الۡمَنۡصُوبُ الۡمُفَسِّرُ لِمَا انۡبَهَمَ مِنَ الذَّوَاتِ (أَوِ النَّسَبِ).
Ahmad bin Tsabit berkata: Jenis kelima dari isim-isim yang dinashab adalah tamyiz. Secara bahasa, tamyiz artinya pemisah sesuatu dari yang selainnya. Termasuk makna ini adalah firman Allah ta'ala: وَامۡتَٰزُوا الۡيَوۡمَ أَيُّهَا الۡمُجۡرِمُونَ (QS. Yasin: 59). Yaitu: Terpisahlah kalian dari kaum mu`minin. Adapun secara istilah, tamyiz adalah apa yang diucapkan penyusun: Yaitu isim manshub yang menjelaskan dzat-dzat (atau nisbah) yang belum jelas.
فَقَوۡلُهُ: (الۡإِسۡمُ) أَيۡ: الصَّرِيحُ؛ لِأَنَّ الۡتَمۡيِيزَ لَا يَكُونُ جُمۡلَةً وَلَا شِبۡهَهَا، بِخِلَافِ الۡحَالِ. فَخَرَجَ بِهِ الۡفِعۡلُ وَالۡحَرۡفُ؛ فَلَا يَكُونُ وَاحِدٌ مِنۡهُمَا تَمۡيِيزًا.
Maka ucapan beliau “isim” yaitu isim yang sharih. Karena tamyiz tidak bisa berupa jumlah atau syibhul jumlah, berbeda dengan hal. Sehingga fi'il dan huruf tidak termasuk pengertian ini dan tidak bisa menjadi tamyiz.
وَقَوۡلُهُ: (الۡمَنۡصُوبُ) خَرَجَ بِهِ الۡمَرۡفُوعُ وَالۡمَجۡرُورُ.
Ucapan beliau “manshub”, isim yang marfu' dan majrur tidak termasuk ke dalam definisi ini.
وَقَوۡلُهُ: (الۡمُفَسِّرُ...) إلخ خَرَجَ بِهِ الۡحَالُ؛ فَإِنَّهُ يُفَسِّرُ مَا اسۡتَبۡهَمَ مِنَ الۡهَيۡئَاتِ. وَقَدۡ تَقَدَّمَ التَّنۡبِيهُ عَلَى أَنَّ قَوۡلَ الۡمُصَنِّفِ: (انۡبَهَمَ) صَوَابُهُ: (اسۡتَبۡهَمَ).
Ucapan beliau “yang menjelaskan...” sampai akhir mengeluarkan hal dari definisi ini. Karena hal itu menjelaskan keadaan-keadaan yang belum jelas. Dan telah berlalu peringatan atas bahwa ucapan penyusun انۡبَهَمَ yang tepat adalah اسۡتَبۡهَمَ.
وَقَوۡلُهُ: (مِنَ الذَّوَاتِ -أَوۡ مِنَ النَّسَبِ-) أَيۡ: أَنَ التَّمۡيِيزَ نَوۡعَانِ:
الۡأَوَّلُ: تَمۡيِيزُ الذَّاتِ. وَيُقَالُ لَهُ: تَمۡيِيزُ الۡمُفۡرَدِ.
وَالثَّانِي: تَمۡيِيزُ النِّسۡبَةِ. وَيُقَالُ لَهُ: تَمۡيِيزُ الۡجُمۡلَةِ.
Ucapan beliau “dari dzat-dzat atau nisbah” yaitu bahwa tamyiz ada dua macam: 
  1. Tamyiz dzat, disebut pula tamyiz mufrad. 
  2. Tamyiz nisbah, disebut pula tamyiz jumlah. 
فَأَمَّا تَمۡيِيزُ الذَّاتِ فَهُوَ: (مَا رَفَعَ إِبۡهَامَ اسۡمٍ قَبۡلَهُ مُجۡمَلَ الۡحَقِيقَةِ). وَيَقَعُ بَعۡدَ الۡأَعۡدَادِ وَالۡمَقَادِيرِ وَغَيۡرِهِمَا.
Adapun tamyiz dzat adalah tamyiz yang menghilangkan kesamaran isim sebelumnya dari hakikatnya yang masih global. Tamyiz dzat ini terletak setelah bilangan, ukuran-ukuran, dan selain keduanya.
فَمِثَالُهُ بَعۡدَ الۡأَعۡدَادِ قَوۡلُكَ: (اشۡتَرَيۡتُ عِشۡرِينَ غُلَامًا) وَ(مَلَكۡتُ تِسۡعِينَ نَعۡجَةً) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿إِنِّي رَأَيۡتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوۡكَبًا﴾ [يوسف: ٤] فَكُلٌّ مِنۡ (غُلَامًا وَنَعۡجَةً وَكَوۡكَبًا) تَمۡيِيزٌ مَنۡصُوبٌ مُبَيِّنٌ لِلۡإِبۡهَامِ الۡحَاصِلِ فِي ذَاتِ (عِشۡرِينَ وَتِسۡعِينَ وَأَحَدَ عَشَرَ). وَوَجۡهُ الۡإِبۡهَامِ فِيهَا: أَنَّهَا صَالِحَةٌ لِكُلِّ مَعۡدُودٍ، وَذٰلِكَ أَنَّكَ لَوِ اقۡتَصَرۡتَ -مَثَلًا- عَلَى قَوۡلِكَ: (اشۡتَرَيۡتُ عِشۡرِينَ) لَبَقِيَ الۡكَلَامُ مُبۡهَمًا؛ لِأَنَّ السَّامِعَ لَا يَدۡرِي مَاذَا أَرَدۡتَ بِقَوۡلِكَ: (عِشۡرِينَ)؟ هَلۡ أَرَدۡتَ بِهَا: عِشۡرِينَ كِتَابًا أَوۡ قَلَمًا أَوۡ ثَوۡبًا أَوۡ غَيۡرَ ذٰلِكَ؟ فَلَمَّا قُلۡتَ: (غُلَامً) رَفَعۡتَ هٰذَا الۡإِبۡهَامَ الۡحَاصِلَ فِي هٰذِهِ الۡكَلِمَةِ.
Contoh tamyiz dzat setelah bilangan adalah ucapanmu: اشۡتَرَيۡتُ عِشۡرِينَ غُلَامًا dan مَلَكۡتُ تِسۡعِينَ نَعۡجَةً dan firman Allah ta'ala: إِنِّي رَأَيۡتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوۡكَبًا (QS. Yusuf: 4). Maka setiap dari غُلَامًا, نَعۡجَةً, dan كَوۡكَبًا adalah tamyiz manshub yang menjelaskan kesamaran yang terdapat pada dzat عِشۡرِينَ, تِسۡعِينَ, dan أَحَدَ عَشَرَ. Sisi kesamarannya adalah bahwa bilangan itu bisa dipakai untuk segala macam ma'dud (yang terbilang). Karena andai engkau ringkas menjadi ucapanmu: اشۡتَرَيۡتُ عِشۡرِينَ (Aku membeli dua puluh), tentu kalimat itu belum jelas, karena si pendengar tidak mengetahui apa yang engkau inginkan dari ucapanmu: dua puluh. Apakah yang engkau inginkan itu dua puluh kitab atau pena atau baju atau selain itu. Sehingga, ketika engkau ucapkan: غُلَامًا (budak), maka engkau telah menghilangkan kesamaran yang terjadi pada kata ini tadi.
وَمِثَالُهُ بَعۡدَ الۡمَقَادِيرِ مِنَ الۡمَوۡزُونَاتِ قَوۡلُكَ: (اشۡتَرَيۡتُ رَطۡلًا عَسَلًا) أَوۡ مِنَ الۡمَكِيلَاتِ قَوۡلُكَ: (تَصَدَّقۡتُ بِصَاعٍ تَمۡرًا) أَوۡ مِنَ الۡمَسَاحَاتِ قَوۡلُكَ: (بِعۡتُ شِبۡرًا أَرۡضًا) فَـ(عَسَلًا) تَمۡيِيزٌ مَنۡصُوبٌ مُبَيِّنٌ لِلۡإِبۡهَامِ الۡحَاصِلِ فِي ذَاتِ (رَطۡلًا) وَوَجۡهُ الۡإِبۡهَامِ فِيهِ: أَنَّهُ صَالَحَ لِكُلِّ مَوۡزُونٍ. وَمِثۡلُهُ مَا بَعۡدَهُ.
Dan contoh tamyiz dzat setelah ukuran-ukuran dari timbangan adalah ucapanmu: اشۡتَرَيۡتُ رَطۡلًا عَسَلًا (Aku telah membeli satu rithl madu), atau dari takaran adalah ucapanmu: تَصَدَّقۡتُ بِصَاعٍ تَمۡرًا (Aku telah bersedekah satu sha' kurma), atau dari jarak adalah ucapanmu: بِعۡتُ شِبۡرًا أَرۡضًا (Aku telah membeli sejengkal tanah). Sehingga عَسَلًا adalah tamyiz manshub yang menjelaskan kesamaran yang muncul pada dzat رَطۡلًا. Sisi kesamaran padanya adalah bahwa kata rithl bisa digunakan untuk setiap benda yang bisa ditimbang.