Cari Blog Ini

At-Tuhfatus Saniyyah - Mashdar

الۡمَصۡدَرُ

(بَابُ الْمَصْدَرِ) الْمَصْدَرُ هُوَ: الْإِسْمُ الْمَنْصُوبُ الَّذِي يَجِىءُ ثَالِثًا فِي تَصْرِيفِ الْفِعْلِ، نَحْوُ: ضَرَبَ يَضْرِبُ ضَرْبًا.
Bab Mashdar. Mashdar adalah isim manshub yang datang di urutan ketiga dalam tashrif fi’il. Contoh: ضَرَبَ يَضْرِبُ ضَرْبًا.
أَقُولُ: قَدۡ عَرَّفَ الۡمُؤَلِّفُ الۡمَصۡدَرَ بِأَنَّهُ (الَّذِي يَجِيءُ ثَالِثًا فِي تَصۡرِيفِ الۡفِعۡلِ) وَمَعۡنَى ذٰلِكَ أَنَّهُ لَوۡ قَالَ لَكَ قَائِلٌ: صَرِّفۡ (ضَرَبَ) مَثَلًا، فَإِنَّكَ تَذۡكُرُ الۡمَاضِي أَوَّلًا، ثُمَّ يَجِيءُ بِالۡمُضَارِعِ، ثُمَّ بِالۡمَصۡدَرِ، فَتَقُولُ: ضَرَبَ يَضۡرِبُ ضَرۡبًا.
Ibnu ‘Ajurrum telah memberikan definisi mashdar, yaitu: yang datang di urutan ketiga dalam tashrif fi’il. Maknanya adalah kalau seseorang berkata kepadamu: Tashriflah ضَرَبَ, misalnya. Maka engkau sebutkan pertama kali fi’il madhi, lalu fi’il mudhari’, kemudian mashdar. Sehingga engkau katakan: ضَرَبَ يَضۡرِبُ ضَرۡبًا. 
وَلَيۡسَ الۡغَرَضُ هٰهُنَا مَعۡرِفَةَ الۡمَصۡدَرِ لِذَاتِهِ، وَإِنَّمَا الۡغَرَضُ مَعۡرِفَةُ الۡمَفۡعُولِ الۡمُطۡلَقِ، وَهُوَ يَكُونُ مَصۡدَرًا، وَهُوَ عِبَارَةٌ عَنۡ (مَا لَيۡسَ خَبَرًا مِمَّا دَلَّ عَلَى تَأۡكِيدِ عَامِلِهِ، أَوۡ نَوۡعِهِ، أَوۡ عَدَدِهِ).
Tujuan akhirnya bukanlah untuk mengenali mashdar itu sendiri. Namun tujuannya adalah untuk mengenali maf’ul mutlak yang berupa mashdar. Maf’ul mutlak adalah ungkapan dari setiap yang bukan khabar yang menunjukkan penekanan makna ‘amilnya, jenisnya, atau jumlahnya.
فَقَوۡلُنَا: (لَيۡسَ خَبَرًا) مُخۡرِجٌ لِمَا كَانَ خَبَرًا مِنَ الۡمَصَادِرِ، نَحۡوُ قَوۡلِكَ (فَهۡمُكَ فَهۡمٌ دَقِيقٌ).
Sehingga, ucapan kami: لَيۡسَ خَبَرًا mengeluarkan setiap khabar yang berupa mashdar, contohnya ucapanmu: فَهۡمُكَ فَهۡمٌ دَقِيقٌ (Pemahamanmu adalah pemahaman yang mendetail).
وَقَوۡلُنَا: (مِمَّا دَلَّ... إلخ) يُفِيدُ أَنَّ الۡمَفۡعُولَ الۡمُطۡلَقَ ثَلَاثَةُ أَنۡوَاعٍ:
الۡأَوَّلُ: الۡمُؤَكِّدُ لِعَامِلِهِ، نَحۡوُ (حَفِظۡتَ الدَّرۡسَ حِفۡظًا)، وَنَحۡوُ: (فَرِحۡتُ بِقُدُومِكَ جَذَلًا).
وَالثَّانِي: الۡمُبَيِّنُ لِنَوۡعِ الۡعَامِلِ، نَحۡوُ (أَحۡبَبۡتُ أُسۡتَاذِي حُبَّ الۡوَلَدِ أَبَاهُ)، وَنَحۡوُ: (وَقَفۡتُ لِلۡأُسۡتَاذِ وُقُوفَ الۡمُؤَدَّبِ).
وَالثَّالِثُ: الۡمُبَيِّنُ لِلۡعَدَدِ، نَحۡوُ: (ضَرَبۡتُ الۡكَسُولَ ضَرۡبَتَيۡنِ)، وَنَحۡوُ: (ضَرَبۡتُهُ ثَلَاثَ ضَرۡبَاتٍ).
Dan ucapan kami: مِمَّا دَلَّ... إلخ memberi faidah bahwa maf’ul mutlak ada tiga macam:
  1. Yang menekankan makna ‘amilnya, contoh: حَفِظۡتَ الدَّرۡسَ حِفۡظًا (Engkau benar-benar telah menghafal pelajaran) dan فَرِحۡتُ بِقُدُومِكَ جَذَلًا (Aku benar-benar senang dengan kedatanganmu).
  2. Yang menjelaskan jenis ‘amilnya, contoh: أَحۡبَبۡتُ أُسۡتَاذِي حُبَّ الۡوَلَدِ أَبَاهُ (Aku mencintai guruku seperti cintanya anak kepada ayahnya) dan وَقَفۡتُ لِلۡأُسۡتَاذِ وُقُوفَ الۡمُؤَدَّبِ.
  3. Yang menjelaskan jumlah, contoh: ضَرَبۡتُ الۡكَسُولَ ضَرۡبَتَيۡنِ (Aku memukul pemalas itu dua kali pukulan) dan ضَرَبۡتُهُ ثَلَاثَ ضَرۡبَاتٍ (Aku telah memukulnya sebanyak tiga kali).