Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits ke-41

الۡحَدِيثُ الۡحَادِي وَالۡأَرۡبَعُونَ

٤١ – عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: كُنۡتُ أَغۡتَسِلُ أَنَا وَرَسُولُ اللهِ ﷺ مِنۡ إِنَاءٍ وَاحِدٍ، كِلَانَا جُنُبٌ[1] فَكَانَ يَأۡمُرُنِي فَأَتَّزِرُ فَيُبَاشِرُنِي وَأَنَا حَائِضٌ[2]، وَكَانَ يُخۡرِجُ رَأۡسَهُ إِلَيَّ وَهُوَ مُعۡتَكِفٌ فَأَغۡسِلُهُ وَأَنَا حَائِضٌ[3].
41. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata: Aku pernah mandi bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari satu bejana. Kami berdua dalam keadaan junub. Beliau pernah memerintahkan aku menyarungkan kain, kemudian beliau mencumbuiku dalam keadaan aku sedang haid. Dan beliau juga pernah mengeluarkan kepala beliau ke rumahku dalam keadaan beliau sedang i’tikaf, lalu aku mencuci kepala beliau dalam keadaan aku sedang haid.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي: اشۡتَمَلَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ عَلَى ثَلَاثِ مَسَائِلَ:
الۡأُولَى: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ وَزَوۡجَتَهُ، كَانَا يَغۡتَسِلَانِ مِنَ الۡجَنَابَةِ مِنۡ إِنَاءٍ وَاحِدٍ، لِأَنَّ الۡمَاءَ طَاهِرٌ لَا يَضُرُّهُ غُرَفُ الۡجُنُبِ مِنۡهُ، إِذَا كَانَ قَدۡ غَسَلَ يَدَيۡهِ قَبۡلَ إِدۡخَالِهِمَا فِي الۡإِنَاءِ.
وَالثَّانِيَةُ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَرَادَ أَنۡ يَشۡرَعَ لِأُمَّتِهِ فِي الۡقُرۡبِ مِنَ الۡحَائِضِ بَعۡدَ أَنۡ كَانَ الۡيَهُودُ لَا يُؤَاكِلُونَهَا، وَلَا يُضَاجِعُونَهَا.
فَكَانَ ﷺ يَأۡمُرُ عَائِشَةَ أَنۡ تَتَّزِرَ، فَيُبَاشِرُهَا بِمَا دُونَ الۡجِمَاعِ، وَهِيَ حَائِضٌ.
وَالثَّالِثَةُ: أَنَّ الۡحَائِضَ لَا تَدۡخُلُ الۡمَسۡجِدَ، لِئَلَّا تَلُوثَهُ.
وَلِهَٰذَا كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَخۡرُجُ إِلَيۡهَا فِي بَيۡتِهَا رَأۡسَهُ، وَهُوَ فِي الۡمَسۡجِدِ فَتَغۡسِلُهُ، مِمَّا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ قُرۡبَ الۡحَائِضِ، لَا مَانِعَ مِنۡهُ لِمِثۡلِ هَٰذِهِ الۡأَعۡمَالِ وَقَدۡ شَرَعَ تَوۡسِعَةً بَعۡدَ حَرَجِ الۡيَهُودِ.
Makna secara umum:
Hadits ini mengandung tiga perkara:
  1. Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan istri beliau pernah mandi junub bersama dari satu bejana. Karena air itu suci sehingga cidukan orang yang junub tidak memudharatkannya, apabila ia telah mencuci kedua tangannya sebelum memasukkan keduanya ke dalam bejana.
  2. Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menghendaki untuk mengajarkan umatnya untuk berkontak langsung dengan wanita haid. Sedangkan Yahudi tidak mengajak mereka makan dan tidak tidur bersama. Sehingga, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan ‘Aisyah untuk menyarungkan kain, lalu beliau mencumbuinya selain jima’ dalam keadaan ‘Aisyah sedang haid.
  3. Bahwa wanita haid tidak boleh masuk masjid agar tidak mengotorinya. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam waktu itu mengeluarkan kepala beliau ke rumah ‘Aisyah dan Nabi berada di dalam masjid. Lalu ‘Aisyah pun mencucinya. Ini menunjukkan bahwa kontak langsung dengan wanita haid tidak menghalangi perbuatan-perbuatan semacam ini. Sungguh beliau telah membawa ajaran yang lapang, berbeda dengan ajaran Yahudi yang sempit.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
١- جَوَازُ اغۡتِسَالُ الۡجُنُبَيۡنِ مِنۡ إِنَاءٍ وَاحِدٍ.
٢- جَوَازُ مُبَاشَرَةِ الۡحَائِضِ فِيمَا دُونَ الۡفَرۡجِ. وَأَنَّ بَدَنَهَا طَاهِرٌ لَمۡ تَحُلَّ فِيهِ نَجَاسَةٌ بِحَيۡضِهَا.
٣- اسۡتِحۡبَابُ لَبۡسِهَا الۡإِزَارَ وَقۡتَ الۡمُبَاشَرَةِ.
٤- اتِّخَاذُ الۡأَسۡبَابِ الۡمَانِعَةِ مِنَ الۡوُقُوعِ فِي الۡمُحَرَّمِ.
٥- مَنۡعُ دُخُولِ الۡحَائِضِ الۡمَسۡجِدَ.
٦- إِبَاحَةُ مُبَاشَرَتِهَا الۡأَشۡيَاءَ رَطۡبَةً أَوۡ يَابِسَةً، وَمِنۡ ذَلِكَ غَسۡلُ الشَّعۡرِ وَتَرۡجِيلُهُ.
٧- أَنَّ الۡمُعۡتَكِفَ إِذَا أَخۡرَجَ رَأۡسَهُ لَا يُعَدُّ خَارِجًا مِنۡهُ وَيُقَاسُ عَلَيۡهِ غَيۡرُهُ مِنَ الۡأَعۡضَاءِ، إِذَا لَمۡ يَخۡرُجۡ جَمِيعُ بَدَنِهِ.
Faidah hadits:
  1. Bolehnya suami istri yang junub mandi bersama dari satu bejana.
  2. Bolehnya mencumbui istri yang sedang haid selain berhubungan suami istri. Dan bahwa badannya suci dan najis haidnya tidak menyatu ke badannya.
  3. Disukainya istri yang haid menyarungkan kain ketika bercumbu.
  4. Menempuh sebab-sebab yang mencegah dari terjerumus ke dalam perkara yang haram.
  5. Dilarangnya wanita haid masuk masjid.
  6. Bolehnya kontak langsung dengan wanita haid baik dalam keadaan basah atau kering. Termasuk di antaranya adalah mencuci rambut dan menyisirnya.
  7. Bahwa orang yang i’tikaf ketika mengeluarkan kepalanya tidak terhitung keluar dari masjid. Dikiaskan dengan ini anggota badan selain kepala, apabila seluruh badan tidak sampai keluar.

[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٢٩٩) فِي الۡحَيۡضِ، وَمُسۡلِمٌ (٣٢١) فِي الۡحَيۡضِ، وَرَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ (٧٧) فِي الطَّهَارَةِ. 
[2] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٣٠٠) فِي الۡحَيۡضِ، وَمُسۡلِمٌ (٢٩٣) فِي الۡحَيۡضِ. 
[3] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٣٠١) فِي الۡحَيۡضِ، وَمُسۡلِمٌ (٢٩٧) (٨) فِي الۡحَيۡضِ.