Cari Blog Ini

Al-Ishabah - 1643. Hudzaifah ibnul Yaman

١٦٤٣ – حُذَيۡفَةُ بۡنُ الۡيَمَانِ الۡعَبۡسِيُّ

1643. Hudzaifah ibnul Yaman Al-‘Absi

مِنۡ كِبَارِ الصَّحَابَةِ، يَأۡتِي نَسَبُهُ فِي تَرۡجُمَةِ أَبِيهِ حِسۡلٍ قَرِيبًا، كَانَ أَبُوهُ قَدۡ أَصَابَ دَمًا، فَهَرَبَ إِلَى الۡمَدِينَةِ، فَحَالَفَ بَنِي عَبۡدِ الۡأَشۡهَلِ، فَسَمَّاهُ قَوۡمُهُ الۡيَمَانَ، لِكَوۡنِهِ حَالَفَ الۡيَمَانِيَّةِ، وَتَزَوَّجَ وَالِدَةَ حُذَيۡفَةَ فَوُلِدَ بِالۡمَدِينَةِ، وَأَسۡلَمَ حُذَيۡفَةُ وَأَبُوهُ، وَأَرَادَ شُهُودَ بَدۡرٍ، فَصَدَّهُمَا الۡمُشۡرِكُونَ، وَشَهِدَ أُحُدًا فَاسۡتُشۡهِدَ الۡيَمَانُ بِهَا، وَرَوَى حَدِيثَ شُهُودٍ بِهَا الۡبُخَارِيُّ.
Beliau termasuk sahabat senior. Nasabnya akan datang pada biografi ayahnya, yaitu Hisl. Bapaknya dahulu pernah menumpahkan darah seseorang, lalu lari ke Madinah dan membuat perjanjian dengan Bani ‘Abdul Asyhal. Lalu kaumnya menamakannya Al-Yaman karena beliau membuat perjanjian dengan kaum Yaman. Dia menikahi ibunya Hudzaifah dan Hudzaifah dilahirkan di Madinah. Hudzaifah dan ayahnya masuk Islam. Keduanya ingin mengikuti perang Badr namun kaum musyrikin menghalang-halangi mereka berdua. Lalu keduanya mengikuti perang Uhud dan Al-Yaman mati syahid pada perang itu. Al-Bukhari meriwayatkan hadits tentang keikutsertaan mereka berdua dalam perang Uhud.
وَشَهِدَ حُذَيۡفَةُ الۡخَنۡدَقَ، وَلَهُ بِهَا ذِكۡرٌ حَسَنٌ، وَمَا بَعۡدَهَا، وَرَوَى حُذَيۡفَةُ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ الۡكَثِيرَ، وَعَنۡ عُمَرَ، رَوَى عَنۡهُ جَابِرٌ، وَجُنۡدَبٌ وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ يَزِيدَ وَأَبُو الطُّفَيۡلِ فِي آخِرِينَ، وَمِنَ التَّابِعِينَ ابۡنُهُ بِلَالٌ، وَرِبۡعِيُّ بۡنِ خِرَاشٍ، وَزَيۡدُ بۡنُ وَهۡبٍ وَزِرُّ بۡنُ حُبَيۡشٍ، وَأَبُو وَائِلٍ، وَغَيۡرُهُمۡ، قَالَ الۡعِجۡلِيُّ: اسۡتَعۡمَلَهُ عُمَرُ، عَلَى الۡمَدَائِنِ، فَلَمۡ يَزَلۡ بِهَا حَتَّى مَاتَ بَعۡدَ قَتۡلِ عُثۡمَانَ، وَبَعۡدَ بَيۡعَةِ عَلِيٍّ بِأَرۡبَعِينَ يَوۡمًا[1]. قُلۡتُ: وَذٰلِكَ فِي سَنَةِ سِتٍّ وَثَلَاثِينَ.
Hudzaifah mengikuti perang Khandaq -beliau memiliki cerita yang baik ketika itu- dan peperangan setelahnya. Hudzaifah meriwayatkan banyak hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dari ‘Umar. Yang meriwayatkan dari Hudzaifah adalah Jabir, Jundab, ‘Abdullah bin Yazid, dan Abuth Thufail dari kalangan sahabat terakhir. Sedangkan dari kalangan tabi’in adalah putra beliau, yaitu Bilal, Rib’i bin Khirasy, Zaid bin Wahb, Zirr bin Hubaisy, Abu Wa`il, dan selain mereka. Al-‘Ijli berkata: ‘Umar memberi tugas beliau ke kota Madain. Selanjutnya beliau terus menetap di situ sampai meninggal setelah terbunuhnya ‘Utsman dan setelah ‘Ali dibai’at jarak empat puluh hari. Aku katakan: Dan itu terjadi pada tahun 36 H.
وَرَوَى عَلِيُّ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيَّبِ، عَنۡ حُذَيۡفَةَ: خَيَّرَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ بَيۡنَ الۡهِجۡرَةِ وَالنُّصۡرَةِ، فَاخۡتَرۡتُ النُّصۡرَةَ.
‘Ali bin Zaid meriwayatkan dari Sa’id ibnul Musayyab dari Hudzaifah: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menawarkan kepadaku antara menjadi Muhajirin atau Anshar, maka aku memilih menjadi Anshar.
وَرَوَى مُسۡلِمٌ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ يَزِيدَ الۡخَطۡمِيِّ عَنۡ حُذَيۡفَةَ قَالَ: لَقَدۡ حَدَّثَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ بِمَا كَانَ وَمَا يَكُونُ، حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ[2].
Imam Muslim meriwayatkan dari ‘Abdullah bin Yazid Al-Khathmi dari Hudzaifah, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam benar-benar pernah menceritakan kepadaku berita yang telah terjadi dan yang akan terjadi sampai terjadinya hari kiamat.
وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ: أَنَّ أَبَا الدَّرۡدَاءِ قَالَ لِعَلۡقَمَةَ: أَلَيۡسَ فِيكُمۡ صَاحِبُ السِّرِّ الَّذِي لَا يَعۡلَمُهُ غَيۡرُهُ؟ يَعۡنِي حُذَيۡفَةَ، وَفِيهِمَا عَنۡ عُمَرَ: أَنَّهُ سَأَلَ حُذَيۡفَةَ عَنِ الۡفِتۡنَةِ.
Dalam dua kitab Ash-Shahih: Bahwa Abud Darda` berkata kepada ‘Alqamah: Bukankah di antara kalian ada orang yang menyimpan rahasia yang tidak diketahui oleh orang lain? Beliau maksudkan Hudzaifah. Dan dalam dua kitab Ash-Shahih, dari ‘Umar: Bahwa beliau bertanya kepada Hudzaifah tentang fitnah.
وَشَهِدَ حُذَيۡفَةُ فُتُوحَ الۡعِرَاقِ، وَلَهُ بِهَا آثَارٌ شَهِيرَةٌ.
Hudzaifah juga mengikuti perang-perang ekspansi ‘Iraq dan beliau memiliki sejarah yang masyhur dalam peristiwa itu. 

[1] انۡظُرۡ (جَامِعَ الۡمَسَانِدِ وَالسُّنَنِ)(٣/٣٩٣). 
[2] أَخۡرَجَهُ الۡبَيۡهَقِيُّ فِي (دَلَائِلِ النُّبُوَّةِ) (الۡحَدِيث: ٦/٣١٢).