الۡحَدِيثُ السَّادِسُ وَالثَّمَانُونَ
٨٦ – عَنۡ ثَابِتٍ الۡبُنَانِي، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ:
إِنِّي لَا آلُو[1] أَنۡ أُصَلِّيَ بِكُمۡ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُصَلِّي بِنَا.
قَالَ ثَابِتٌ: فَكَانَ أَنَسٌ يَصۡنَعُ شَيۡئًا لَا أَرَاكُمۡ تَصۡنَعُونَهُ.
كَانَ إِذَا رَفَعَ رَأۡسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ، انۡتَصَبَ قَائِمًا، حَتَّى يَقُولَ الۡقَائِلُ: قَدۡ نَسِيَ وَإِذَا رَفَعَ رَأۡسَهُ مِنَ السَّجۡدَةِ مَكَثَ حَتَّى يَقُولَ الۡقَائِلُ: قَدۡ نَسِيَ[2].
86. Dari Tsabit Al-Bunani, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Sungguh aku tidak akan meringkas salat mengimami kalian sebagaimana Rasulullah dulu biasa salat mengimami kami. Tsabit berkata: Anas melakukan sesuatu yang aku tidak lihat kalian melakukannya. Beliau apabila mengangkat kepala dari rukuk, berdiri tegak sampai-sampai seseorang mengatakan: Beliau telah lupa. Dan apabila mengangkat kepala dari sujud, beliau tetap duduk sampai-sampai seseorang mengatakan: Beliau telah lupa.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:[3]
يَقُولُ (أَنَسٌ) رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: إِنِّي سَأَجۡتَهِدُ فَلَا أَقۡصُرُ أَنۡ أُصَلِّيَ بِكُمۡ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُصَلِّي بِنَا، لِتَقۡتَدُوا بِهِ، فَتُصَلُّوا مِثۡلَهُ.
قَالَ الرَّاوِي ثَابِتٌ الۡبُنَانِي: فَكَانَ (أَنَسٌ) يَصۡنَعُ شَيۡئًا مِنۡ تَمَامِ الصَّلَاةِ وَحُسۡنِهَا، لَا أَرَاكُمۡ تَصۡنَعُونَ مِثۡلَهُ.
كَانَ يُطِيلُ الۡقِيَامَ بَعۡدَ الرُّكُوعِ وَالۡجُلُوسَ بَعۡدَ السُّجُودِ.
فَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأۡسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ، انۡتَصَبَ قَائِمًا حَتَّى يَقُولَ الۡقَائِلُ –مِنۡ طُولِ قِيَامِهِ- قَدۡ نَسِيَ أَنَّهُ فِي الۡقِيَامِ الَّذِي بَيۡنَ الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ، وَإِذَا رَفَعَ رَأۡسَهُ مِنَ السَّجۡدَةِ مَكَثَ حَتَّى يَقُولَ الۡقَائِلُ –مِنۡ طُولِ جُلُوسِهِ-: قَدۡ نَسِيَ.
Makna secara umum:
Anas radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Aku akan bersungguh-sungguh, sehingga aku tidak meringkas salat mengimami kalian, sebagaimana dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat mengimami kami. Supaya kalian mencontohnya lalu kalian melakukan shalat seperti itu.
Periwayat hadits, yaitu Tsabit Al-Bunani, mengatakan: Anas melakukan sesuatu yang merupakan kesempurnaan dan kebagusan salat, yang mana aku tidak melihat kalian melakukan yang semisal itu. Beliau memanjangkan berdiri setelah rukuk dan duduk setelah sujud. Beliau apabila mengangkat kepala dari rukuk, beliau tegak berdiri, sampai-sampai seseorang mengatakan -karena lama berdirinya- bahwa beliau telah lupa dalam keadaan berdiri antara rukuk dan sujud. Dan apabila beliau mengangkat kepala dari sujud, beliau tetap duduk beberapa saat, sampai-sampai seseorang mengatakan –karena lamanya duduk- bahwa beliau telah lupa.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
فِيهِ دَلِيلٌ عَلَى مَشۡرُوعِيَّةِ تَطۡوِيلِ الۡقِيَامِ بَعۡدَ الرُّكُوعِ، وَتَطۡوِيلِ الۡجُلُوسِ بَعۡدَ السُّجُودِ، وَأَنَّهُ فِعۡلُ النَّبِيِّ ﷺ.
Faidah hadits ini:
Dalam hadits ini ada dalil disyariatkan memperlama berdiri setelah rukuk dan memperlama duduk setelah sujud. Dan bahwa yang demikian itu adalah perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
[1] (لَا آلُو) بِالۡمَدِّ فِي أَوَّلِهِ، وَضَمِّ اللَّامِ. أَيۡ لَا أَقۡصُرُ.
[2] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٨٠٠) فِي الۡأَذَانِ، (٨٢١)، وَمُسۡلِمٌ (٤٧٢) فِي الصَّلَاةِ بَابِ اعۡتِدَالِ أَرۡكَانِ الصَّلَاةِ وَتَخۡفِيفِهَا فِي تَمَامٍ، وَأَحۡمَدُ فِي (الۡمُسۡنَدِ) (٣/٢٢٦).
[3] تَنۡبِيهٌ: سَيَأۡتِي الۡكَلَامُ عَلَى الطُّمَأۡنِينَةِ فِي حَدِيثِ الۡمُسِيءِ فِي صَلَاتِهِ، إِنۡ شَاءَ اللهُ تَعَالَى.