Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6755 dan 6756

٢١ – بَابُ إِثۡمِ مَنۡ تَبَرَّأَ مِنۡ مَوَالِيهِ
21. Bab dosa bagi yang berlepas diri dari orang yang membebaskan dirinya

٦٧٥٥ – حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عِنۡ إِبۡرَاهِيمَ التَّيۡمِيِّ، عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: مَا عِنۡدَنَا كِتَابٌ نَقۡرَأُهُ إِلَّا كِتَابَ اللهِ غَيۡرَ هَٰذِهِ الصَّحِيفَةِ، قَالَ: فَأَخۡرَجَهَا، فَإِذَا فِيهَا أَشۡيَاءُ مِنَ الۡجِرَاحَاتِ وَأَسۡنَانِ الۡإِبِلِ، قَالَ: وَفِيهَا: (الۡمَدِينَةُ حَرَمٌ مَا بَيۡنَ عَيۡرٍ إِلَى ثَوۡرٍ، فَمَنۡ أَحۡدَثَ فِيهَا حَدَثًا، أَوۡ آوَى مُحۡدِثًا، فَعَلَيۡهِ لَعۡنَةُ اللهِ وَالۡمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجۡمَعِينَ، لَا يُقۡبَلُ مِنۡهُ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ صَرۡفٌ وَلَا عَدۡلٌ. وَمَنۡ وَالَى قَوۡمًا بِغَيۡرِ إِذۡنِ مَوَالِيهِ، فَعَلَيۡهِ لَعۡنَةُ اللهِ وَالۡمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجۡمَعِينَ، لَا يُقۡبَلُ مِنۡهُ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ صَرۡفٌ وَلَا عَدۡلٌ. وَذِمَّةُ الۡمُسۡلِمِينَ وَاحِدَةٌ، يَسۡعَى بِهَا أَدۡنَاهُمۡ، فَمَنۡ أَخۡفَرَ مُسۡلِمًا فَعَلَيۡهِ لَعۡنَةُ اللهِ وَالۡمَلَائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجۡمَعِينَ، لَا يُقۡبَلُ مِنۡهُ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ صَرۡفٌ وَلَا عَدۡلٌ). [طرفه في: ١١١].
6755. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Jarir menceritakan kepada kami, dari Al-A’masy, dari Ibrahim At-Taimi, dari ayahnya, beliau mengatakan: ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Kami tidak memiliki satu kitab pun yang kami baca kecuali Kitab Allah selain lembaran ini. Beliau mengatakan: Lalu beliau mengeluarkannya, ternyata di dalamnya terdapat beberapa perkara dari diat (denda) akibat melukai dan umur-umur unta. Beliau mengatakan: Dan di dalamnya juga tertulis, “Madinah adalah tanah haram antara ‘Air sampai Tsaur. Siapa saja yang mengada-adakan bidah dalam agama di Madinah atau melindungi orang yang mengada-ada, maka laknat Allah, malaikat, dan manusia seluruhnya atasnya dan tidak diterima darinya satu amalan wajib dan sunah pun pada hari kiamat. Dan siapa saja (bekas budak) yang menyandarkan maula pada suatu kaum dengan tanpa izin maula aslinya, maka laknat Allah, malaikat, dan manusia seluruhnya atasnya dan tidak diterima darinya satu amalan wajib dan sunah pun pada hari kiamat. Dan jaminan keamanan muslimin adalah satu, yang tetap berlaku walaupun dijamin oleh seorang muslim yang martabatnya paling rendah. Sehingga, siapa saja yang melanggar jaminan keamanan seorang muslim, maka laknat Allah, malaikat, dan manusia seluruhnya atasnya dan tidak diterima darinya satu amalan wajib dan sunah pun pada hari kiamat.”
٦٧٥٦ – حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيۡمٍ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ دِينَارٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: نَهَى النَّبِيُّ ﷺ عَنۡ بَيۡعِ الۡوَلَاءِ وَعَنۡ هِبَتِهِ. [طرفه في: ٢٥٢٥].
6756. Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, dari ‘Abdullah bin Dinar, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang menjual wala` (hak bagi orang yang memerdekakan budak untuk mewarisinya apabila tidak ada ahli waris yang disebabkan nasab) dan menghadiahkannya.