Cari Blog Ini

Ad-Dararil Mudhiyyah - Puasa yang Makruh dan Haram

وَيُكۡرَهُ صَوۡمُ الدَّهۡرِ وَإِفۡرَادُ يَوۡمِ الۡجُمُعَةِ وَيَوۡمِ السَّبۡتِ، وَيَحۡرُمُ صَوۡمُ الۡعِيدَيۡنِ وَأَيَّامِ التَّشۡرِيقِ وَاسۡتِقۡبَالِ رَمَضَانَ بِيَوۡمٍ أَوۡ يَوۡمَيۡنِ. 
Dimakruhkan puasa sepanjang tahun dan menyendirikan puasa hari Jumat dan hari Sabtu. Haram puasa dua hari raya, puasa hari-hari tasyrik, dan mendahului bulan Ramadan dengan puasa satu atau dua hari sebelumnya.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يُكۡرَهُ صَوۡمُ الدَّهۡرِ، فَلِحَدِيثِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا صَامَ مَنۡ صَامَ الۡأَبَدَ)[1] وَهُوَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا. وَأَخۡرَجَ أَحۡمَدُ، وَابۡنُ حِبَّان، وَابۡنُ خُزَيۡمَةَ، وَالۡبَيۡهَقِي، وَابۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ مِنۡ حَدِيثِ أَبِي مُوسَى، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ صَامَ الدَّهۡرَ ضُيِّقَتۡ عَلَيۡهِ جَهَنَّمُ هَٰكَذَا، وَقَبَضَ كَفَّهُ)[2]. وَلَفۡظُ ابۡنِ حِبَّان: (ضُيِّقَتۡ عَلَيۡهِ جَهَنَّمُ هَٰكَذَا، وَعَقَدَ تِسۡعِينَ) وَرِجَالُهُ رِجَالُ الصَّحِيحِ.
Perihal dibencinya puasa sepanjang tahun adalah berdasarkan hadis ‘Abdullah bin ‘Amr, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak mendapatkan pahala puasa bagi siapa saja yang berpuasa sepanjang masa.” Hadis ini terdapat di dalam dua kitab Shahih dan selain keduanya. Dikeluarkan oleh Ahmad, Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi, dan Ibnu Abu Syaibah dari hadis Abu Musa, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Siapa saja yang berpuasa sepanjang tahun, maka neraka jahanam akan disempitkan baginya seperti ini –beliau mengepalkan telapak tangannya-.” Lafal hadisnya Ibnu Hibban, “Neraka jahanam akan disempitkan baginya seperti ini –beliau memberi isyarat jari tangan bilangan sembilan puluh (melingkarkan jari telunjuk sehingga ujungnya menyentuh pangkal ibu jari)-.” Dan para perawinya adalah perawi kitab Shahih.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يُكۡرَهُ إِفۡرَادُ يَوۡمِ الۡجُمُعَةِ، فَلِحَدِيثِ جَابِرٍ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا: (أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ نَهَى عَنۡ صَوۡمِ يَوۡمِ الۡجُمُعَةِ)[3]. وَفِي رِوَايَةٍ: (أَنۡ يُفۡرَدَ بِصَوۡمٍ)[4]. وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ مِنۡ حَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ: (لَا تَصُومُوا يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ، إِلَّا وَقَبۡلَهُ يَوۡمٌ، أَوۡ بَعۡدَهُ)[5]. وَفِي لَفۡظٍ لِمُسۡلِمٍ: (وَلَا تَخُصُّوا لَيۡلَةَ الۡجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنۡ بَيۡنَ اللَّيَالِي، وَلَا تَخُصُّوا يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنۡ بَيۡنَ الۡأَيَّامِ، إِلَّا أَنۡ يَكُونَ فِي صَوۡمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمۡ)[6]. وَفِي الۡبَابِ أَحَادِيثُ.
Perihal dibencinya menyendirikan puasa hari Jumat adalah berdasarkan hadis Jabir di dalam dua kitab Shahih dan selain keduanya, “Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari puasa hari Jumat.” Dalam riwayat lain, “(Melarang) menyendirikan puasa hari Jumat.” Di dalam dua kitab Shahih dari hadis Abu Hurairah, “Janganlah kalian berpuasa di hari Jumat, kecuali berpuasa pula sehari sebelumnya atau sesudahnya.” Dalam lafal Muslim, “Janganlah kalian mengkhususkan malam Jumat dengan salat malam dan janganlah kalian mengkhususkan hari Jumat dengan puasa. Kecuali di hari Jumat itu bertepatan dengan kebiasaan kalian berpuasa.” Terdapat banyak hadis dalam masalah ini.
وَأَمَّا كَرَاهَةُ إِفۡرَادِ يَوۡمِ السَّبۡتِ بِالصَّوۡمِ، فَلِحَدِيثِ الصَّمَّاءِ بِنۡتِ بُسۡرٍ عِنۡدَ أَحۡمَدَ، وَأَبِي دَاوُدَ، وَالتِّرۡمِذِي، وَابۡنِ مَاجَهۡ، وَابۡنِ حِبَّان، وَالۡحَاكِمِ، وَالطَّبَرَانِي، وَالۡبَيۡهَقِي، وَصَحَّحَهُ ابۡنُ السَّكَنِ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (لَا تَصُومُوا يَوۡمَ السَّبۡتِ إِلَّا فِيمَا افۡتُرِضَ عَلَيۡكُمۡ؛ فَإِنۡ لَمۡ يَجِدۡ أَحَدُكُمۡ إِلَّا عُودَ عِنَبٍ، أَوۡ لِحَاءَ شَجَرٍ فَلۡيَمۡضُغۡهُ)[7].
Adapun dibencinya menyendirikan puasa di hari Sabtu adalah berdasarkan hadis Ash-Shamma` bintu Busr yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Ath-Thabarani, dan Al-Baihaqi. Hadis ini disahihkan oleh Ibnus Sakan. Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian berpuasa hari Sabtu kecuali puasa yang diwajibkan atas kalian. Apabila salah seorang kalian tidak mendapatkan apapun (untuk membatalkan puasa hari Sabtu) kecuali tangkai anggur atau kulit pohon, maka kunyahlah itu.”
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يَحۡرُمُ صَوۡمُ الۡعِيدَيۡنِ، فَلِحَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ (أَنَّهُ نَهَى عَنۡ صَوۡمِ يَوۡمِ الۡفِطۡرِ، وَيَوۡمِ النَّحۡرِ)[8] وَقَدۡ أَجۡمَعَ الۡمُسۡلِمُونَ عَلَى ذٰلِكَ.
Keharaman puasa dua hari raya adalah berdasarkan hadis Abu Sa’id di dalam dua kitab Shahih dan selain keduanya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Bahwa beliau melarang dari puasa hari raya Idulfitri dan hari nahar (iduladha).” Dan kaum muslimin telah sepakat terhadap hal itu.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يَحۡرُمُ صَوۡمُ أَيَّامِ التَّشۡرِيقِ، فَلِنَهۡيِهِ ﷺ عَنِ الصَّوۡمِ فِيهَا[9]، كَمَا ثَبَتَ ذٰلِكَ مِنۡ طَرِيقِ جَمَاعَةٍ مِنَ الصَّحَابَةِ؛ وَقَدۡ سَرَدۡتُ أَحَادِيثَهُمۡ فِي شَرۡحِ الۡمُنۡتَقَى.
Keharaman puasa hari-hari tasyrik berdasarkan larangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari puasa pada hari-hari tersebut. Sebagaimana riwayat larangan itu telah pasti dari jalan sekelompok sahabat dan aku telah rinci hadis-hadis mereka di dalam Syarh Al-Muntaqa.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يَحۡرُمُ اسۡتِقۡبَالُ رَمَضَانَ بِيَوۡمٍ أَوۡ يَوۡمَيۡنِ، فَلِحَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمۡ رَمَضَانَ بِصَوۡمِ يَوۡمٍ أَوۡ يَوۡمَيۡنِ، إِلَّا أَنۡ يَكُونَ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُهُ صَوۡمًا فَلۡيَصُمۡهُ)[10]. وَيُؤَيِّدُهُ حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ أَيۡضًا عِنۡدَ أَصۡحَابِ السُّنَنِ، وَصَحَّحَهُ ابۡنُ حِبَّان وَغَيۡرُهُ مَرۡفُوعًا بِلَفۡظِ: (إِذَا انۡتَصَفَ شَعۡبَانُ فَلَا تَصُومُوا)[11]. وَفِي الۡبَابِ أَحَادِيثُ؛ وَالۡخِلَافُ طَوِيلٌ مَبۡسُوطٌ فِي الۡمُطَوَّلَاتِ.
Keharaman mendahului bulan Ramadan dengan puasa satu atau dua hari sebelumnya berdasarkan hadis Abu Hurairah di dalam dua kitab Shahih dan selain keduanya. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan sekali-kali salah seorang kalian mendahului bulan Ramadan dengan puasa satu atau dua hari sebelumnya! Kecuali apabila seseorang yang rutin berpuasa, maka silakan berpuasa.” Hal ini diperkuat dengan hadis Abu Hurairah pula yang diriwayatkan oleh para penyusun kitab Sunan dan disahihkan oleh Ibnu Hibban dan selain beliau secara marfu’ dengan lafal, “Apabila sudah berlalu separuh bulan Syakban, janganlah kalian berpuasa.” Terdapat banyak hadis dalam masalah ini dan ada perselisihan yang panjang yang dipaparkan di dalam muthawwalat (kitab yang membahas hukum secara panjang lebar). 

[1] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٥٧، ٥٩، وَمُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثُ ١٨٦، ١٨٧. 
[2] أَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٥/١٤٦. 
[3] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٦٣، وَمُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ١٤٥، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٢/٣٩٢، ٤٥٨. 
[4] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٦٣، وَأَبُو دَاوُدَ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٥١، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٢/٣٩٤، ٤٠٧. 
[5] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٦٣. 
[6] أَخۡرَجَهُ مُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ١٤٨، وَأَبُو دَاوُدَ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٥٠، وَالتِّرۡمِذِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٤١. 
[7] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٥٢، وَابۡنُ مَاجَهۡ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٣٨، وَالدَّارِمِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٤٠، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٦/٣٦٨، ٣٦٩. 
[8] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٦٦، وَمُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ١٤١. 
[9] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٦٨، وَمُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ١٤٤، ١٤٥. 
[10] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٥، ١٤، وَمُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ٢١. 
[11] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ١٢.