٢٢٩ – الۡأَقۡرَعُ بۡنُ حَابِسِ بۡنِ عِقَالِ بۡنِ مُحَمَّدِ بۡنِ سُفۡيَانَ التَّمِيمِيُّ الۡمَجَاشِعِيُّ الدَّارِمِيُّ
229. Al-Aqra’ bin Habis bin ‘Iqal bin Muhammad bin Sufyan At-Tamimi Al-Majasyi’i Ad-Darimi
تَقَدَّمَ بَاقِي نَسَبِهِ فِي تَرۡجَمَةِ أَعۡيَنَ. قَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ: وَفَدَ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ، وَشَهِدَ فَتۡحَ مَكَّةَ وَحُنَيۡنًا وَالطَّائِفَ، وَهُوَ مِنَ الۡمُؤَلَّفَةِ قُلُوبِهِمۡ، وَقَدۡ حَسُنَ إِسۡلَامُهُ.
Kelanjutan nasab beliau telah berlalu pada biografi A’yan. Ibnu Ishaq berkata: Beliau datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengikuti perang Fathu Makkah, Hunain, dan Tha`if. Beliau termasuk orang yang dilunakkan hatinya dan keislaman beliau baik.
وَقَالَ الزُّبَيۡرُ فِي النَّسَبِ: كَانَ الۡأَقۡرَعُ حَكَمًا فِي الۡجَاهِلِيَّةِ، وَفِيهِ يَقُولُ جَرِيرٌ، وَقِيلَ: غَيۡرُهُ لَمَّا تَنَافَرَ إِلَيۡهِ هُوَ وَالۡفُرَافِصَةُ أَوۡ خَالِدُ بۡنُ أَرۡطَاةَ:
يَا أَقۡرَعَ بۡنَ حَابِسٍ يَا أَقۡرَعُ إِنۡ تَصۡرَعِ الۡيَوۡمَ أَخَاكَ تُصۡرَعُ
Az-Zubair berkata dalam An-Nasab: Al-Aqra` dulunya adalah seorang hakim pada masa jahiliah. Dan dalam An-Nasab pula, Jarir atau selain beliau berkata: Ketika beliau dan Al-Furafishah atau Khalid bin Arthah saling membenci: Wahai Aqra’ bin Habis, wahai Aqra’, jika engkau hari ini membanting saudaramu, maka kelak engkau terbanting.
وَرَوَى ابۡنُ جَرِيرٍ وَابۡنُ أَبِي عَاصِمٍ وَالۡبَغَوِيُّ مِنۡ طَرِيقِ وُهَيۡبٍ عَنۡ مُوسَى بۡنِ عُقۡبَةَ عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ عَنِ الۡأَقۡرَعِ بۡنِ حَابِسٍ: أَنَّهُ نَادَى النَّبِيَّ ﷺ مِنۡ وَرَاءِ الۡحُجُرَاتِ: يَا مُحَمَّدُ، فَلَمۡ يُجِبۡهُ، فَقَالَ يَا مُحَمَّدُ: وَاللهِ إِنَّ حَمۡدِي لَزَيۡنٌ، وَإِنَّ ذَمِّي لَشَيۡنٌ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (ذٰلِكُمُ اللهُ).
Ibnu Jarir, Ibnu Abu ‘Ashim, dan Al-Baghawi meriwayatkan dari jalan Wuhaib dari Musa bin ‘Uqbah dari Abu Salamah bin ‘Abdurrahman dari Al-Aqra’ bin Habis: Bahwa beliau memanggil Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari belakang kamar-kamar: Wahai Muhammad. Namun beliau tidak menjawabnya. Al-Aqra’ menyeru lagi: Wahai Muhammad, demi Allah sesungguhnya pujianku terhadap seseorang berarti orang itu baik dan celaanku terhadapnya berarti ia tercela. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Yang sebenarnya memiliki sifat itu adalah Allah.”
قَالَ ابۡنُ مَنۡدَةَ: رُوِيَ عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ أَنَّ الۡأَقۡرَعَ بۡنَ حَابِسٍ نَادَى فَذَكَرَهُ مُرۡسَلًا، وَهُوَ الۡأَصَحُّ. وَكَذَا رَوَاهُ الرُّويَانِيُّ مِنۡ طَرِيقِ عَمۡرِو بۡنِ أَبِي سَلَمَةَ عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: نَادَى الۡأَقۡرَعُ فَذَكَرَهُ مُرۡسَلًا. وَأَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ عَلَى الۡوَجۡهَيۡنِ. وَوَقَعَ فِي رِوَايَةِ ابۡنِ جَرِيرٍ التَّصۡرِيحُ بِسِمَاعِ أَبِي سَلَمَةَ مِنَ الۡأَقۡرَعِ، فَهَٰذَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ تَأَخَّرَ.
Ibnu Mandah berkata: Diriwayatkan dari Abu Salamah bahwa Al-Aqra’ bin Habis memanggil, kemudian beliau menyebutkan kisah tersebut secara mursal. Dan ini lebih sahih. Demikian pula diriwayatkan oleh Ar-Ruyani dari jalan ‘Amr bin Abu Salamah dari ayahnya, beliau berkata: Al-Aqra’ memanggil. Lalu beliau menyebutkannya secara mursal. Ahmad mengeluarkannya secara dua sisi (maushul dan mursal). Di dalam riwayat Ibnu Jarir tidak ada kepastian Abu Salamah mendengar dari Al-Aqra’. Ini menunjukkan bahwa hadits ini mursal.
وَفِي الصَّحِيحَيۡنِ مِنۡ طَرِيقِ الزُّهۡرِيِّ عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: أَبۡصَرَ الۡأَقۡرَعُ بۡنُ حَابِسٍ رَسُولَ اللهِ ﷺ يُقَبِّلُ الۡحَسَنَ، الۡحَدِيث.
Di dalam dua kitab Ash-Shahih[1] dari jalan Az-Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah, beliau berkata: Al-Aqra’ melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencium Al-Hasan.
وَفِيهِمَا مِنۡ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ قَالَ: بَعَثَ عَلِيٌّ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ بِذُهَيبَةٍ مِنَ الۡيَمَنِ فَقَسَمَهَا بَيۡنَ أَرۡبَعَةٍ: أَحَدِهِمَا الۡأَقۡرَعِ بۡنِ حَابِسٍ.
Dan di dalam dua kitab Ash-Shahih[2], dari hadits Abu Sa’id Al-Khudri, beliau berkata: ‘Ali pernah mengirim sepotong emas dari Yaman kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau membaginya kepada empat orang: salah satunya Al-Aqra’ bin Habis.
وَفِي الۡبُخَارِيِّ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الزُّبَيۡرِ قَالَ: قَدِمَ رَكۡبٌ مِنۡ بَنِي تَمِيمٍ عَلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ فَقَالَ أَبُو بَكۡرٍ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَمِّرِ الۡقَعۡقَاعَ بۡنَ مَعۡبَدٍ. وَقَالَ عُمَرُ: بَلۡ أَمِّرِ الۡأَقۡرَعَ، الۡحَدِيث.
Dan dalam Shahih Al-Bukhari[3] dari ‘Abdullah bin Az-Zubair, beliau berkata: Serombongan pengendara dari Bani Tamim datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abu Bakr berkata: Wahai Rasulullah, tunjuklah Al-Qa’qa’ bin Ma’bad sebagai pemimpin. ‘Umar menimpali: Tunjuklah Al-Aqra’ saja sebagai pemimpin.
وَرَوَى ابۡنُ شَاهِينٍ مِنۡ طَرِيقِ الۡمَدَائِنِيِّ عَنۡ رِجَالِهِ قَالُوا: لَمَّا أَصَابَ عُيَيۡنَةُ بۡنُ حِصۡنٍ مِنۡ بَنِي الۡعَنۡبَرِ قَدِمَ وَفۡدُهُمۡ فَذَكَرَ الۡقِصَّةَ. وَفِيهَا فَكَلَّمَ الۡأَقۡرَعُ بۡنُ حَابِسٍ رَسُولَ اللهِ ﷺ فِي السَّبۡيِ وَكَانَ بِالۡمَدِينَةِ قَبۡلَ قُدُومِ السَّبۡيِ فَنَازَعَهُ عُيَيۡنَةُ بۡنُ حِصۡنٍ. وَفِي ذٰلِكَ يَقُولُ الۡفَرَزۡدَقُ يَفۡخَرُ بِعَمِّهِ الۡأَقۡرَعِ:
Ibnu Syahin meriwayatkan dari jalan Al-Madaini dari guru-gurunya, mereka berkata: Ketika ‘Uyainah bin Hishn menyerbu Bani Al-‘Anbar, datanglah utusan mereka, lalu beliau menyebutkan kisah itu. Pada kisah itu, Al-Aqra’ bin Habis berbicara kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masalah pembebasan tawanan. Peristiwa itu di Madinah sebelum datangnya para tawanan. Maka, ‘Uyainah bin Hishn bertengkar dengannya. Tentang peristiwa ini, Al-Farazdaq bersyair membanggakan pamannya, yaitu Al-Aqra’:
وَعِنۡدَ رَسُولِ اللهِ قَامَ ابۡنُ حَابِسٍ بِخطَّةِ أَسۡوَارٍ إِلَى الۡمَجۡدِ حَازِمِ
لَهُ أَطۡلَقُ الۡأَسۡرَى الَّتِي فِي قُيُودِهَا مُغَلَّلَةً أَعۡنَاقُهَا فِي الشَّكَائِمِ
وَرَوَى الۡبُخَارِيُّ فِي تَارِيخِهِ الصَّغِيرِ وَيَعۡقُوبُ بۡنُ سُفۡيَانَ بِإِسۡنَادٍ صَحِيحٍ مِنۡ طَرِيقِ مُحَمَّدِ بۡنِ سِيرِينَ عَنۡ عَبِيدَةَ بۡنِ عَمۡرٍو السَّلۡمَانِيِّ: أَنَّ عُيَيۡنَةَ وَالۡأَقۡرَعَ اسۡتَقۡطَعَا أَبَا بَكۡرٍ أَرۡضًا، فَقَالَ لَهُمَا عُمَرُ: إِنَّمَا كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَتَأَلَّفَكُمَا عَلَى الۡإِسۡلَامِ، فَأَمَّا الۡآنَ فَاجۡهَدَا جُهۡدَكُمَا، وَقَطَّعَ الۡكِتَابَ. قَالَ عَلِيُّ بۡنُ الۡمَدِينِيِّ فِي الۡعِلَلِ: هَٰذَا مُنۡقَطِعٌ لِأَنَّ عَبِيدَةَ لَمۡ يُدۡرِكۡ الۡقِصَّةَ، وَلَا رَوَى عَنۡ عُمَرَ أَنَّهُ سَمِعَهُ مِنۡهُ، قَالَ: وَلَا يُرۡوَى عَنۡ عُمَرَ بِأَحۡسَنَ مِنۡ هَٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
Al-Bukhari di dalam At-Tarikh Ash-Shaghir dan Ya’qub bin Sufyan meriwayatkan dengan sanad yang sahih dari jalan Muhammad bin Sirin dari ‘Abidah bin ‘Amr As-Salmani: Bahwa ‘Uyainah dan Al-Aqra’ meminta bagian tanah kepada Abu Bakr. Lalu ‘Umar berkata kepada keduanya: Dulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya melunakkan hati kalian berdua kepada Islam, adapun sekarang, maka berjuanglah kalian berdua dengan sungguh-sungguh. Kemudian ‘Umar menyobek surat pembagian tanah itu. ‘Ali ibnul Madini berkata di dalam Al-‘Ilal: Riwayat ini munqathi’ karena ‘Abidah tidak menjumpai kisah ini, beliau juga tidak meriwayatkan dari ‘Umar bahwa dia mendengar riwayat tersebut dari beliau. Beliau berkata: Dan tidak diriwayatkan dari ‘Umar dengan sanad yang lebih baik daripada ini.
وَرَوَاهُ سَيۡفُ بۡنُ عُمَرَ فِي الۡفُتُوحِ مُطَوَّلًا وَزَادَ: وَشَهِدَا مَعَ خَالِدِ بۡنِ الۡوَلِيدِ الۡيَمَامَةَ وَغَيۡرَهَا، ثُمَّ مَضَى الۡأَقۡرَعُ فَشَهِدَ مَعَ شُرَحۡبِيلِ بۡنِ حَسَنَةَ دُومَةَ الۡجَنۡدَلِ، وَشَهِدَ مَعَ خَالِدٍ حَرۡبَ أَهۡلِ الۡعِرَاقِ، وَفَتۡحَ الۡأَنۡبَرِ.
Saif bin ‘Umar meriwayatkannya di dalam Al-Futuh secara panjang lebar dan beliau menambah: Keduanya bersama Khalid bin Al-Walid mengikuti perang Yamamah dan selainnya. Al-Aqra’ pergi lalu beliau mengikuti perang Dumatul Jandal bersama Syurahbil bin Hasanah. Beliau juga ikut memerangi penduduk ‘Iraq dan penaklukan Al-Anbar bersama Khalid.
وَقَالَ ابۡنُ دُرَيدٍ: اسۡمُ الۡأَقۡرَعِ بۡنِ حَابِسٍ فِرَاسٌ، وَإِنَّمَا قِيلَ لَهُ الۡأَقۡرَعُ لِقَرَعٍ كَانَ بِرَأۡسِهِ، وَكَانَ شَرِيفًا فِي الۡجَاهِلِيَّةِ وَالۡإِسۡلَامِ. وَاسۡتَعۡمَلَهُ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَامِرٍ عَلَى جَيۡشٍ سَيَّرَهُ إِلَى خُرَاسَانَ، فَأُصِيبَ بِالۡجُوزۡجَانِ هُوَ وَالۡجَيۡشُ، وَذٰلِكَ فِي زَمَنِ عُثۡمَانَ. وَذَكَرَ ابۡنُ الۡكَلۡبِيِّ أَنَّهُ كَانَ مَجُوسِيًّا قَبۡلَ أَنۡ يُسۡلِمَ، وَقَرَأۡتُ بِخَطِّ الرَّضِي الشَّاطِبِيِّ: قُتِلَ الۡأَقۡرَعُ بۡنُ حَابِسٍ بِالۡيَرۡمُوكِ فِي عَشۡرَةٍ مِنۡ بَنِيهِ فَاللهُ أَعۡلَمُ.
Ibnu Duraid berkata: Nama asli Al-Aqra’ bin Habis adalah Firas. Beliau disebut Al-Aqra’ karena ada kebotakan di kepala beliau. Beliau adalah tokoh yang dimuliakan pada masa jahiliah dan Islam. ‘Abdullah bin ‘Amir menugaskannya dalam sebuah pasukan yang beliau kirim ke Khurasan. Al-Aqra’ dan pasukan itu diserang di Juzjan. Peristiwa itu terjadi di masa ‘Utsman. Ibnul Kalbi menyebutkan bahwa beliau dulunya seorang Majusi sebelum memeluk Islam. Dan aku membaca tulisan Ar-Radhi Asy-Syathibi: Al-Aqra’ bin Habis terbunuh di Yarmuk bersama sepuluh anaknya. Allahu a’lam.
[1] HR. Al-Bukhari nomor 5997 dan Muslim nomor 2318.
[3] HR. Al-Bukhari nomor 4367 dan 4847.