Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1691 dan 1692

١٠٥ – بَابُ مَنۡ سَاقَ الۡبُدۡنَ مَعَهُ
105. Bab barang siapa yang menggiring unta-unta sembelihan haji bersamanya

١٦٩١ – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ سَالِمِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ: أَنَّ ابۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: تَمَتَّعَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي حَجَّةِ الۡوَدَاعِ بِالۡعُمۡرَةِ إِلَى الۡحَجِّ، وَأَهۡدَى، فَسَاقَ مَعَهُ الۡهَدۡيَ مِنۡ ذِي الۡحُلَيۡفَةِ، وَبَدَأَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَأَهَلَّ بِالۡعُمۡرَةِ، ثُمَّ أَهَلَّ بِالۡحَجِّ، فَتَمَتَّعَ النَّاسُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ بِالۡعُمۡرَةِ إِلَى الۡحَجِّ، فَكَانَ مِنَ النَّاسِ مَنۡ أَهۡدَى فَسَاقَ الۡهَدۡيَ، وَمِنۡهُمۡ مَنۡ لَمۡ يُهۡدِ، فَلَمَّا قَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ مَكَّةَ، قَالَ لِلنَّاسِ: (مَنۡ كَانَ مِنۡكُمۡ أَهۡدَى، فَإِنَّهُ لَا يَحِلُّ لِشَيۡءٍ حَرُمَ مِنۡهُ حَتَّى يَقۡضِيَ حَجَّهُ، وَمَنۡ لَمۡ يَكُنۡ مِنۡكُمۡ أَهۡدَى فَلۡيَطُفۡ بِالۡبَيۡتِ وَبِالصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، وَلۡيُقَصِّرۡ وَلۡيَحۡلِلۡ، ثُمَّ لِيُهِلَّ بِالۡحَجِّ، فَمَنۡ لَمۡ يَجِدۡ هَدۡيًا فَلۡيَصُمۡ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فِي الۡحَجِّ وَسَبۡعَةً إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهۡلِهِ). فَطَافَ حِينَ قَدِمَ مَكَّةَ، وَاسۡتَلَمَ الرُّكۡنَ أَوَّلَ شَيۡءٍ، ثُمَّ خَبَّ ثَلَاثَةَ أَطۡوَافٍ وَمَشَى أَرۡبَعًا، فَرَكَعَ حِينَ قَضَى طَوَافَهُ بِالۡبَيۡتِ عِنۡدَ الۡمَقَامِ رَكۡعَتَيۡنِ، ثُمَّ سَلَّمَ فَانۡصَرَفَ فَأَتَى الصَّفَا، فَطَافَ بِالصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ سَبۡعَةَ أَطۡوَافٍ، ثُمَّ لَمۡ يَحۡلِلۡ مِنۡ شَيۡءٍ حَرُمَ مِنۡهُ حَتَّى قَضَى حَجَّهُ، وَنَحَرَ هَدۡيَهُ يَوۡمَ النَّحۡرِ، وَأَفَاضَ فَطَافَ بِالۡبَيۡتِ، ثُمَّ حَلَّ مِنۡ كُلِّ شَيۡءٍ حَرُمَ مِنۡهُ، وَفَعَلَ مِثۡلَ مَا فَعَلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مَنۡ أَهۡدَى وَسَاقَ الۡهَدۡيَ مِنَ النَّاسِ.
1691. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami, dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab, dari Salim bin ‘Abdullah: Bahwa Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggabungkan umrah dengan haji pada haji wadak. Beliau hendak berhadyu (kurban haji) dan beliau menggiring hewan hadyu bersama beliau dari Dzul Hulaifah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai talbiah untuk umrah, kemudian talbiah untuk haji. Orang-orang pun menggabungkan umrah dengan haji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antara manusia ada yang menggiring hewan hadyu dan di antara mereka ada yang tidak berhadyu. Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Makkah, beliau bersabda kepada orang-orang, “Siapa saja di antara kalian yang berhadyu, maka tidak halal baginya larangan ihram sampai dia menyelesaikan haji. Dan siapa saja di antara kalian yang tidak berhadyu, maka ia tawaf di Kakbah dan sai antara Shafa dan Marwah, kemudian mencukur pendek rambut dan tahalul. Kemudian nanti ia berihlal untuk haji. Barang siapa tidak mendapatkan hadyu, maka ia puasa tiga hari ketika masa haji dan tujuh hari apabila sudah pulang ke keluarganya.” Lalu beliau tawaf ketika tiba di Makkah. Beliau menyentuh sudut (Hajar Aswad) pada awal kali, kemudian lari-lari kecil sebanyak tiga putaran dan berjalan biasa sebanyak empat putaran. Lalu beliau salat di dekat makam (tempat berdiri) Ibrahim ketika telah selesai tawaf di Kakbah sebanyak dua rakaat. Kemudian beliau salam, lalu berbalik mendatangi bukit Shafa. Beliau sai di Shafa dan Marwah sebanyak tujuh lintasan. Kemudian beliau tidak tahalul dari larangan ihram sampai beliau menyelesaikan hajinya. Beliau menyembelih hadyu pada hari nahar kemudian beliau bertolak dari Muzdalifah dan tawaf di Kakbah. Kemudian beliau tahalul dari segala larangan ihram. Orang-orang yang berhadyu dan menggiring hadyunya melakukan seperti perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
١٦٩٢ – وَعَنۡ عُرۡوَةَ: أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا أَخۡبَرَتۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ فِي تَمَتُّعِهِ بِالۡعُمۡرَةِ إِلَى الۡحَجِّ: فَتَمَتَّعَ النَّاسُ مَعَهُ، بِمِثۡلِ الَّذِي أَخۡبَرَنِي سَالِمٌ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ.
1692. Dari ‘Urwah: Bahwa ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengabarkan kepada beliau, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang penggabungan umrah dengan haji beliau: Orang-orang ikut menggabungkan umrah dengan haji bersama beliau, semisal yang Salim telah kabarkan kepadaku, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.