Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1113

١٥ – بَابُ جَوَازِ الصَّوۡمِ وَالۡفِطۡرِ فِي شَهۡرِ رَمَضَانَ لِلۡمُسَافِرِ فِي غَيۡرِ مَعۡصِيَةٍ إِذَا كَانَ سَفَرُهُ مَرۡحَلَتَيۡنِ فَأَكۡثَرَ وَأَنَّ الۡأَفۡضَلَ لِمَنۡ أَطَاقَهُ بِلَا ضَرَرٍ أَنۡ يَصُومَ وَلِمَنۡ يَشُقُّ عَلَيۡهِ أَنۡ يُفۡطِرَ
15. Bab bolehnya puasa atau tidak puasa di bulan Ramadan bagi orang yang menempuh perjalanan selain maksiat apabila jarak perjalanannya dua marhalah atau lebih dan bahwa lebih utama bagi siapa saja yang mampu tanpa ada kesulitan untuk berpuasa dan lebih utama bagi siapa saja yang kepayahan untuk tidak berpuasa

٨٨ – (١١١٣) – حَدَّثَنِي يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ وَمُحَمَّدُ بۡنُ رُمۡحٍ. قَالَا: أَخۡبَرَنَا اللَّيۡثُ. (ح) وَحَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا لَيۡثٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُتۡبَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا؛ أَنَّهُ أَخۡبَرَهُ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ خَرَجَ عَامَ الۡفَتۡحِ فِي رَمَضَانَ، فَصَامَ حَتَّىٰ بَلَغَ الۡكَدِيدَ ثُمَّ أَفۡطَرَ، وَكَانَ صَحَابَةُ رَسُولِ اللهِ ﷺ يَتَّبِعُونَ الۡأَحۡدَثَ فَالۡأَحۡدَثَ مِنۡ أَمۡرِهِ.
88. (1113). Yahya bin Yahya dan Muhammad bin Rumh telah menceritakan kepadaku. Keduanya berkata: Al-Laits mengabarkan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Laits menceritakan kepada kami, dari Ibnu Syihab, dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Utbah, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma; Bahwa beliau mengabarkan kepadanya; Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar safar pada tahun Fathu Makkah di bulan Ramadan. Beliau berpuasa sampai tiba di Al-Kadid. Setelah itu beliau tidak berpuasa. Dan para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu mengikuti hukum yang terkini.
(...) – حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ وَأَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَعَمۡرٌو النَّاقِدُ وَإِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، مِثۡلَهُ.
قَالَ يَحۡيَىٰ: قَالَ سُفۡيَانُ: لَا أَدۡرِي مِنۡ قَوۡلِ مَنۡ هُوَ؟ يَعۡنِي: وَكَانَ يُؤۡخَذُ بِالۡآخِرِ مِنۡ قَوۡلِ رَسُولِ اللهِ ﷺ.
Yahya bin Yahya, Abu Bakr bin Abu Syaibah, ‘Amr An-Naqid, dan Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari Az-Zuhri, dengan sanad ini, semisal hadis tersebut.
Yahya berkata: Sufyan mengatakan: Aku tidak tahu dari ucapan siapa kalimat itu. Yakni: Dan dahulu yang dipegangi adalah ucapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang terakhir.
(...) – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
قَالَ الزُّهۡرِيُّ: وَكَانَ الۡفِطۡرُ آخِرَ الۡأَمۡرَيۡنِ، وَإِنَّمَا يُؤۡخَذُ مِنۡ أَمۡرِ رَسُولِ اللهِ ﷺ بِالۡآخِرِ فَالۡآخِرِ. قَالَ الزُّهۡرِيُّ: فَصَبَّحَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مَكَّةَ لِثَلَاثَ عَشۡرَةَ لَيۡلَةً خَلَتۡ مِنۡ رَمَضَانَ.
Muhammad bin Rafi’ telah menceritakan kepadaku: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri, dengan sanad ini.
Az-Zuhri berkata: Tidak berpuasa adalah yang paling akhir dari dua perkara dan yang dipegangi dari perkara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling akhir. Az-Zuhri berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Makkah pada pagi hari setelah tiga belas malam berlalu dari bulan Ramadan.
(...) – وَحَدَّثَنِي حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، مِثۡلَ حَدِيثِ اللَّيۡثِ.
قَالَ ابۡنُ شِهَابٍ: فَكَانُوا يَتَّبِعُونَ الۡأَحۡدَثَ فَالۡأَحۡدَثَ مِنۡ أَمۡرِهِ، وَيَرَوۡنَهُ النَّاسِخَ الۡمُحۡكَمَ.
Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab, dengan sanad ini, semisal hadis Al-Laits.
Ibnu Syihab berkata: Mereka mengikuti perintah Nabi yang paling terakhir. Mereka berpendapat bahwa hal itu (tidak berpuasa ketika safar) adalah yang menghapus hukum (sebelumnya) lagi jelas maknanya.
(...) – وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا جَرِيرٌ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ مُجَاهِدٍ، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: سَافَرَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي رَمَضَانَ فَصَامَ حَتَّىٰ بَلَغَ عُسۡفَانَ ثُمَّ دَعَا بِإِنَاءٍ فِيهِ شَرَابٌ فَشَرِبَهُ نَهَارًا لِيَرَاهُ النَّاسُ، ثُمَّ أَفۡطَرَ. حَتَّىٰ دَخَلَ مَكَّةَ.
قَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: فَصَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَفۡطَرَ، فَمَنۡ شَاءَ صَامَ، وَمَنۡ شَاءَ أَفۡطَرَ.
Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: Jarir mengabarkan kepada kami, dari Manshur, dari Mujahid, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan safar di bulan Ramadan. Beliau berpuasa sampai tiba di ‘Usfan kemudian beliau meminta didatangkan satu bejana berisi minuman dan beliau minum di siang hari agar orang-orang melihatnya. Setelah itu beliau tidak berpuasa sampai masuk Makkah.
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berpuasa dan tidak berpuasa. Jadi, siapa saja ingin, silakan berpuasa dan siapa saja ingin, silakan tidak berpuasa.
٨٩ – (...) – وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ عَبۡدِ الۡكَرِيمِ، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: لَا تَعِبۡ عَلَىٰ مَنۡ صَامَ، وَلَا عَلَىٰ مَنۡ أَفۡطَرَ، قَدۡ صَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي السَّفَرِ وَأَفۡطَرَ.
89. Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari ‘Abdul Karim, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata: Janganlah engkau mencela orang yang berpuasa dan orang yang tidak berpuasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berpuasa ketika safar dan pernah tidak berpuasa.