Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1116

٩٣ – (١١١٦) – حَدَّثَنَا هَدَّابُ بۡنُ خَالِدٍ: حَدَّثَنَا هَمَّامُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: حَدَّثَنَا قَتَادَةُ، عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: غَزَوۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ لِسِتَّ عَشۡرَةَ مَضَتۡ مِنۡ رَمَضَانَ، فَمِنَّا مَنۡ صَامَ وَمِنَّا مَنۡ أَفۡطَرَ. فَلَمۡ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ، وَلَا الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّائِمِ.
93. (1116). Haddab bin Khalid telah menceritakan kepada kami: Hammam bin Yahya menceritakan kepada kami: Qatadah menceritakan kepada kami, dari Abu Nadhrah, dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Kami pernah pergi berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada enam belas hari berlalu di bulan Ramadan. Di antara kami ada yang berpuasa dan di antara kami ada yang tidak berpuasa. Orang yang berpuasa tidak mencela orang yang tidak berpuasa dan orang yang tidak berpuasa tidak mencela orang yang berpuasa.
٩٤ – (...) – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ الۡمُقَدَّمِيُّ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ سَعِيدٍ، عَنِ التَّيۡمِيِّ. (ح) وَحَدَّثَنَاهُ مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا ابۡنُ مَهۡدِيٍّ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ. وَقَالَ ابۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ. وَقَالَ ابۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا سَالِمُ بۡنُ نُوحٍ: حَدَّثَنَا عُمَرُ – يَعۡنِي ابۡنَ عَامِرٍ -. (ح) وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بِشۡرٍ، عَنۡ سَعِيدٍ. كُلُّهُمۡ عَنۡ قَتَادَةَ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، نَحۡوَ حَدِيثِ هَمَّامٍ.
غَيۡرَ أَنَّ فِي حَدِيثِ التَّيۡمِيِّ وَعُمَرَ بۡنِ عَامِرٍ وَهِشَامٍ: لِثَمَانَ عَشۡرَةَ خَلَتۡ. وَفِي حَدِيثِ سَعِيدٍ: فِي ثِنۡتَيۡ عَشۡرَةَ. وَشُعۡبَةَ: لِسَبۡعَ عَشۡرَةَ أَوۡ تِسۡعَ عَشۡرَةَ.
94. Muhammad bin Abu Bakr Al-Muqaddami telah menceritakan kepada kami: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami, dari At-Taimi. (Dalam riwayat lain) Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakannya kepada kami: Ibnu Mahdi menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami. Ibnul Mutsanna berkata: Abu ‘Amir menceritakan kepada kami: Hisyam menceritakan kepada kami. Ibnul Mutsanna juga mengatakan: Salim bin Nuh menceritakan kepada kami: ‘Umar bin ‘Amir menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Bisyr menceritakan kepada kami, dari Sa’id. Mereka seluruhnya dari Qatadah, dengan sanad ini, semisal hadis Hammam.
Hanya saja di hadis At-Taimi, ‘Umar bin ‘Amir, dan Hisyam: pada delapan belas hari berlalu. Di dalam hadis Sa’id: pada dua belas hari. Dan hadis Syu’bah: pada tujuh belas atau sembilan belas.
٩٥ – (...) – حَدَّثَنَا نَصۡرُ بۡنُ عَلِيٍّ الۡجَهۡضَمِيُّ: حَدَّثَنَا بِشۡرٌ – يَعۡنِي ابۡنَ مُفَضَّلٍ – عَنۡ أَبِي مَسۡلَمَةَ، عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كُنَّا نُسَافِرُ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي رَمَضَانَ، فَمَا يُعَابُ عَلَى الصَّائِمِ صَوۡمُهُ، وَلَا عَلَى الۡمُفۡطِرِ إِفۡطَارُهُ.
95. Nashr bin ‘Ali Al-Jahdhami telah menceritakan kepada kami: Bisyr bin Mufadhdhal menceritakan kepada kami dari Abu Maslamah, dari Abu Nadhrah, dari Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Kami pernah melakukan safar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadan. Orang yang berpuasa tidak dicela atas puasanya dan orang yang tidak berpuasa tidak dicela atas ketidakpuasaannya.
٩٦ – (...) – حَدَّثَنِي عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡجُرَيۡرِيِّ، عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كُنَّا نَغۡزُو مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي رَمَضَانَ، فَمِنَّا الصَّائِمُ وَمِنَّا الۡمُفۡطِرُ، فَلَا يَجِدُ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ وَلَا الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّائِمِ، يَرَوۡنَ أَنَّ مَنۡ وَجَدَ قُوَّةً فَصَامَ فَإِنَّ ذٰلِكَ حَسَنٌ، وَيَرَوۡنَ أَنَّ مَنۡ وَجَدَ ضَعۡفًا فَأَفۡطَرَ، فَإِنَّ ذٰلِكَ حَسَنٌ.
96. ‘Amr An-Naqid telah menceritakan kepadaku: Isma’il bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dari Al-Jurairi, dari Abu Nadhrah, dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Kami pernah pergi berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadan. Di antara kami ada yang berpuasa dan di antara kami ada yang tidak berpuasa. Orang yang berpuasa tidak memarahi orang yang tidak berpuasa dan orang yang tidak berpuasa tidak memarahi orang yang berpuasa. Mereka berpendapat bahwa orang yang memiliki kekuatan, maka ia berpuasa dan bahwa itu baik. Dan mereka berpendapat bahwa orang yang mendapati kelemahan, maka ia tidak berpuasa dan bahwa itu baik.