١٩ – بَابُ مَوۡعِظَةِ الۡإِمَامِ النِّسَاءَ يَوۡمَ الۡعِيدِ
19. Bab imam menasihati para wanita pada hari id
٩٧٨ – حَدَّثَنِي إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ نَصۡرٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ جُرَيۡجٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي عَطَاءٌ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: سَمِعۡتُهُ يَقُولُ: قَامَ النَّبِيُّ ﷺ يَوۡمَ الۡفِطۡرِ فَصَلَّى، فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ، ثُمَّ خَطَبَ، فَلَمَّا فَرَغَ نَزَلَ فَأَتَى النِّسَاءَ، فَذَكَّرَهُنَّ، وَهُوَ يَتَوَكَّأُ عَلَى يَدِ بِلَالٍ، وَبِلَالٌ بَاسِطٌ ثَوۡبَهُ، يُلۡقِي فِيهِ النِّسَاءُ الصَّدَقَةَ. قُلۡتُ لِعَطَاءٍ: زَكَاةَ يَوۡمِ الۡفِطۡرِ؟ قَالَ: لَا، وَلٰكِنۡ صَدَقَةً يَتَصَدَّقۡنَ حِينَئِذٍ، تُلۡقِي فَتَخَهَا، وَيُلۡقِينَ. قُلۡتُ: أَتُرَى حَقًّا عَلَى الۡإِمَامِ ذٰلِكَ وَيُذَكِّرُهُنَّ؟ قَالَ: إِنَّهُ لَحَقٌّ عَلَيۡهِمۡ، وَمَا لَهُمۡ لَا يَفۡعَلُونَهُ؟ [طرفه في: ٩٥٨].
978. Ishaq bin Ibrahim bin Nashr telah menceritakan kepadaku, beliau berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Juraij menceritakan kepada kami, beliau berkata: ‘Atha` mengabarkan kepadaku, dari Jabir bin ‘Abdullah. ‘Atha` berkata: Aku mendengar Jabir mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri pada hari Idulfitri lalu salat. Beliau memulai dengan salat kemudian khotbah. Ketika selesai beliau turun datang ke tempat para wanita. Beliau mengingatkan mereka dalam keadaan beliau bertopang pada tangan Bilal. Bilal membentangkan kainnya sehingga para wanita bisa melemparkan sedekah ke kain tersebut. Aku bertanya kepada ‘Atha`: Apakah itu zakat fitrah? ‘Atha` menjawab: Tidak, tetapi itu adalah sedekah yang para wanita sedekahkan pada waktu itu sehingga ada yang melemparkan fatakh (cincin besar)nya dan ada yang melemparkan perhiasan lainnya. Aku bertanya lagi: Apakah menurutmu wajib bagi imam untuk melakukan hal itu dan mengingatkan para wanita? ‘Atha` menjawab: Sesungguhnya itu benar-benar wajib atas para imam dan mengapa mereka tidak melakukannya?
٩٧٩ – قَالَ ابۡنُ جُرَيۡجٍ: وَأَخۡبَرَنِي الۡحَسَنُ بۡنُ مُسۡلِمٍ، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: شَهِدۡتُ الۡفِطۡرَ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ وَأَبِي بَكۡرٍ وَعُمَرَ وَعُثۡمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ، يُصَلُّونَهَا قَبۡلَ الۡخُطۡبَةِ، ثُمَّ يُخۡطَبُ بَعۡدُ، خَرَجَ النَّبِيُّ ﷺ، كَأَنِّي أَنۡظُرُ إِلَيۡهِ حِينَ يُجۡلِسُ بِيَدِهِ، ثُمَّ أَقۡبَلَ يَشُقُّهُمۡ، حَتَّى جَاءَ النِّسَاءَ مَعَهُ بِلَالٌ، فَقَالَ: ﴿يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ إِذَا جَآءَكَ ٱلْمُؤْمِنَـٰتُ يُبَايِعْنَكَ﴾ الآية [الممتحنة: ١٢]، ثُمَّ قَالَ حِينَ فَرَغَ مِنۡهَا: (آنۡتُنَّ عَلَى ذٰلِكَ؟) قَالَتِ امۡرَأَةٌ وَاحِدَةٌ مِنۡهُنَّ، لَمۡ يُجِبۡهُ غَيۡرُهَا: نَعَمۡ. لَا يَدۡرِي حَسَنٌ مَنۡ هِيَ، قَالَ: (فَتَصَدَّقۡنَ). فَبَسَطَ بِلَالٌ ثَوۡبَهُ، ثُمَّ قَالَ: (هَلُمَّ، لَكُنَّ فِدَاءٌ أَبِي وَأُمِّي). فَيُلۡقِينَ الۡفَتَخَ وَالۡخَوَاتِيمَ فِي ثَوۡبِ بِلَالٍ. قَالَ عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: الۡفَتَخُ: الۡخَوَاتِيمُ الۡعِظَامُ كَانَتۡ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ. [طرفه في: ٩٨].
979. Ibnu Juraij berkata: Al-Hasan bin Muslim mengabarkan kepadaku dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Aku mengikuti Idulfitri bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsman radhiyallahu ‘anhum. Mereka salat sebelum khotbah kemudian khotbah setelah salat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika keluar, rasa-rasanya aku memandang kepada beliau ketika beliau memberi isyarat orang-orang untuk duduk. Kemudian beliau maju membelah (saf-saf) para lelaki sampai beliau mendatangi tempat para wanita bersama Bilal. Beliau bersabda, “Hai Nabi, apabila datang kepadamu perempuan-perempuan yang beriman untuk mengadakan janji setia…” (QS. Al-Mumtahanah: 12). Kemudian beliau bersabda setelah selesai membaca ayat tersebut, “Apakah kalian seperti yang disebutkan di ayat itu?” Satu orang wanita di antara mereka mengatakan, sedangkan yang lain tidak menjawab beliau: Ya. Al-Hasan tidak mengetahui siapa wanita tersebut. Beliau bersabda, “Kalau begitu, bersedekahlah!” Bilal membentangkan kainnya, kemudian Nabi bersabda, “Ayo (bersedekahlah)! Bapak dan ibuku sebagai tebusan untuk kalian.” Maka mereka pun melempar fatakh dan cincin-cincin mereka ke dalam kain Bilal. ‘Abdurrazzaq berkata: Fatakh adalah cincin-cincin besar yang biasa terdapat di masa jahiliah.