Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3058

١٧٩ – بَابُ قَوۡلِ النَّبِيِّ ﷺ لِلۡيَهُودِ: أَسۡلِمُوا تَسۡلَمُوا
179. Bab sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Yahudi, “Masuk Islamlah, niscaya kalian akan selamat”

قَالَهُ الۡمَقۡبُرِيُّ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ.
Al-Maqburi mengatakannya dari Abu Hurairah.

١٨٠ – بَابٌ إِذَا أَسۡلَمَ قَوۡمٌ فِي دَارِ الۡحَرۡبِ، وَلَهُمۡ مَالٌ وَأَرۡضُونَ، فَهِيَ لَهُمۡ
180. Bab apabila suatu kaum di negeri yang diperangi masuk Islam sementara mereka memiliki harta dan tanah, maka hal itu tetap milik mereka

٣٠٥٨ – حَدَّثَنَا مَحۡمُودٌ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ حُسَيۡنٍ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ عُثۡمَانَ بۡنِ عَفَّانَ، عَنۡ أَسُامَةَ بۡنِ زَيۡدٍ قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَيۡنَ تَنۡزِلُ غَدًا؟ فِي حَجَّتِهِ، قَالَ: (وَهَلۡ تَرَكَ لَنَا عَقِيلٌ مَنۡزِلًا؟) ثُمَّ قَالَ: (نَحۡنُ نَازِلُونَ غَدًا بِخَيۡفِ بَنِي كِنَانَةَ الۡمُحَصَّبِ، حَيۡثُ قَاسَمَتۡ قُرَيۡشٌ عَلَى الۡكُفۡرِ). وَذٰلِكَ أَنَّ بَنِي كِنَانَةَ حَالَفَتۡ قُرَيۡشًا عَلَى بَنِي هَاشِمٍ: أَنۡ لَا يُبَايِعُوهُمۡ وَلَا يُؤۡوُوهُمۡ. قَالَ الزُّهۡرِيُّ: وَالۡخَيۡفُ: الۡوَادِي.
3058. Mahmud telah menceritakan kepada kami: ‘Abdurrazzaq mengabarkan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari ‘Ali bin Husain, dari ‘Amr bin ‘Utsman bin ‘Affan, dari Usamah bin Zaid, beliau berkata: Aku bertanya: Wahai Rasulullah, di mana engkau singgah besok? Ketika hajinya. Beliau bersabda, “Apakah ‘Uqail menyisakan untuk kita suatu tempat singgah?” Kemudian beliau bersabda, “Kita besok akan singgah di khaif Bani Kinanah, yaitu Al-Muhashshab, tempat di mana Quraisy bersumpah untuk perbuatan kekafiran.” Yaitu bahwa Bani Kinanah mengambil sumpah Quraisy atas Bani Hasyim agar tidak berjual beli dengan mereka dan tidak melindungi mereka. Az-Zuhri berkata: khaif adalah lembah.