Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4184 dan 4185

٤١٨٤ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ: أَنَّهُ أَهَلَّ وَقَالَ: إِنۡ حِيلَ بَيۡنِي وَبَيۡنَهُ، لَفَعَلۡتُ كَمَا فَعَلَ النَّبِيُّ ﷺ، حِينَ حَالَتۡ كُفَّارُ قُرَيۡشٍ بَيۡنَهُ، وَتَلَا: ﴿لَقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِي رَسُولِ اللهِ أُسۡوَةٌ حَسَنَةٌ﴾ [الأحزاب: ٢١]. [طرفه في: ١٦٣٩].
4184. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami, dari ‘Ubaidullah, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar: Bahwa beliau memulai ihram dan mengatakan: Jika aku terhalang-halangi dari Kakbah, tentu aku akan melakukan sebagaimana yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika kaum kafir Quraisy menghalang-halangi beliau dari Kakbah. Ibnu ‘Umar membaca, “Sungguh pada diri Rasulullah telah ada teladan yang baik bagi kalian.” (QS. Al-Ahzab: 21).
٤١٨٥ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ أَسۡمَاءَ: حَدَّثَنَا جُوَيۡرِيَةُ، عَنۡ نَافِعٍ: أَنَّ عُبَيۡدَ اللهِ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ وَسَالِمَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ أَخۡبَرَاهُ: أَنَّهُمَا كَلَّمَا عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ، ح. وَحَدَّثَنَا مُوسَى بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ: حَدَّثَنَا جُوَيۡرِيَةُ، عَنۡ نَافِعٍ: أَنَّ بَعۡضَ بَنِي عَبۡدِ اللهِ قَالَ لَهُ: لَوۡ أَقَمۡتَ الۡعَامَ، فَإِنِّي أَخَافُ أَنۡ لَا تَصِلَ إِلَى الۡبَيۡتِ، قَالَ: خَرَجۡنَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ فَحَالَ كُفَّارُ قُرَيۡشٍ دُونَ الۡبَيۡتِ، فَنَحَرَ النَّبِيُّ ﷺ هَدَايَاهُ، وَحَلَقَ وَقَصَّرَ أَصۡحَابُهُ. وَقَالَ: أُشۡهِدُكُمۡ أَنِّي أَوۡجَبۡتُ عُمۡرَةً، فَإِنۡ خُلِّيَ بَيۡنِي وَبَيۡنَ الۡبَيۡتِ طُفۡتُ، وَإِنۡ حِيلَ بَيۡنِي وَبَيۡنَ الۡبَيۡتِ صَنَعۡتُ كَمَا صَنَعَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَسَارَ سَاعَةً، ثُمَّ قَالَ: مَا أُرَى شَأۡنَهُمَا إِلَّا وَاحِدًا، أُشۡهِدُكُمۡ أَنِّي قَدۡ أَوۡجَبۡتُ حَجَّةً مَعَ عُمۡرَتِي، فَطَافَ طَوَافًا وَاحِدًا، وَسَعۡيًا وَاحِدًا، حَتَّى حَلَّ مِنۡهُمَا جَمِيعًا. [طرفه في: ١٦٣٩].
4185. ‘Abdullah bin Muhammad bin Asma` telah menceritakan kepada kami: Juwairiyah menceritakan kepada kami, dari Nafi’: Bahwa ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah dan Salim bin ‘Abdullah mengabarkan kepadanya: Bahwa keduanya berbicara kepada ‘Abdullah bin ‘Umar. (Dalam riwayat lain) Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami: Juwairiyah menceritakan kepada kami, dari Nafi’: Bahwa sebagian bani ‘Abdullah berkata kepada Ibnu ‘Umar: Seandainya engkau tidak pergi tahun ini, karena aku takut engkau tidak dapat sampai ke Kakbah. Ibnu ‘Umar mengatakan: Kami dahulu keluar (umrah) bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu orang-orang kafir Quraisy menghalangi sebelum Kakbah. Lalu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih hewan-hewan hadyu beliau dan para sahabat menggundul dan memendekkan rambut kepala. Ibnu ‘Umar mengatakan: Aku mempersaksikan kepada kalian bahwa aku mewajibkan umrah. Apabila tidak ada aral antara aku dengan Kakbah, maka aku akan tawaf. Namun, apabila aku terhalang-halangi dari Kakbah, aku akan berbuat sebagaimana yang diperbuat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau melakukan perjalanan sesaat, kemudian mengatakan: Tidaklah aku mengira pelaksanaan haji dan umrah kecuali satu. Aku mempersaksikan kepada kalian bahwa aku mewajibkan haji bersama umrahku. Beliau pun tawaf satu kali dan sai satu kali sampai beliau tahalul dari haji dan umrah sekaligus.